9 Masjid Tertua di Indonesia Ini Menjadi Wisata Religi Terfavorit

Saat ini banyak masyarakat Indonesia bermayoritas memeluk agama Islam. Oleh karena itu membuat sebagian orang datang ke tempat-tempat ibadah dengan tujuan untuk berdoa atau berwisata. Tidak heran jika masjid tertua di Indonesia kerap didatangi sebagai tujuan wisata religi.

Beberapa Masjid Tertua di Indonesia Paling Mashyur

Dalam perkembangannya, agama Islam masuk ke Nusantara pada abad ke sebelas melalui jalur pedagang dari India. Salah satu bukti peninggalannya yakni berupa bangunan kebanggan umat muslim yang banyak didirikan dan tersebar di seluruh pelosok negeri. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Masjid Palopo

Merupakan bangunan tua yang dibangun oleh raja daerah Luwu pada tahun 1604. Nama rajanya adalah Sultan Abdullah Martin Roe. Keberadaannya membuat masjid ini termasuk dalam salah satu masjid tertua di Indonesia. Letaknya sendiri berada pada area tengah kota Palopo dan tidak jauh dari istana.

Bangunan ini sudah menjadi bukti bahwa agama Islam sudah berkembang pesat pada kehidupan masyarakat. Untuk itu ketika Anda berniat berwisata religi ke masjid Palopo sebaiknya mentaati semua peraturan atau kententuan yang sudah ada. Lalu juga ikut menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

  1. Masjid Wapauwe

Kemudian masjid tertua di Indonesia ini terletak pada provinsi Maluku dan sudah didirikan sejak tahun 1414. Keberadaannya dijadikan sebagai pusat penyebaran agama Islam saat jaman dahulu. Lalu yang menjadikan tempat ini menjadi unik adalah memiliki Alqur’an berumur paling tua senusantara.

Ketika Anda hendak mengunjungi masjid Wapauwe untuk beribadah. Sebaiknya datang sejam terlebih dulu dari jam sholat. Ini dilakukan agar bisa mendatkan shaf sholat paling depan. Tak hanya itu saja juga dapat berkeliling untuk melihat koleksi mushaf Alqur-an yang ditulis oleh Imam Muhamad Arikupessy.

  1. Masjid Ampel

Salah satu tempat beribadah ini menjadi favorit warga Surabaya untuk melakukan wisata religi. Bangunan tua tersebut didirikan pada tahun 1421 oleh Sunan Ampel.

Luas bangunannya sekitar 120 x 180 meter dan terdiri dari 16 tiang utama yang dibuat dengan kayu jati sehingga menjadi sangat kokoh hingga saat ini. Di dalam bangunan tua ini terdapat Jam digital masjid yang terpasang di berbagai sudut.

Hal tersebut berguna agar para jamaah bisa mengetahui waktu sholat dan melakukan kegiatan beribadah dengan tepat waktu. Selain itu juga bisa digunakan sebagai pengingat egiatan berikutnya seperti berdzikir bersama.

  1. Masjid Menara Kudus

Sebutan lain untuk bangunannya yakni bernama masjid Al Aqsa. Biasanya orang-orang juga menyebutnya dengan panggilan Al Manar. Kerangka bangunan ini dibuat oleh Sunan Kudus pada tahun 1549. Materialnya sendiri dibuat dengan batu khusus berupa permata yang didatangkan l dari Palestina.

Poin yang menjadi pembeda masjid menara kudus dengan bangunan lainnya adalah dari desain menara. Karena bentuknya dibuat mirip seperti model candi. Selain itu juga disebabkan oleh sejarahnya, yakni terdapat perpaduan budaya antara agama Islam dan Hindu di masa lampau.

  1. Masjid Agung Demak

Sejarah Masjid Agung Demak

Bangunan Masjid Agung Demak ini juga menjadi salah satu destinasi wisata religi terfavorit oleh para wisatawan. Karena di dalamnya terdapat makam-makam bersejarah untuk raja Kesultanan yang memimpin saat itu beserta dengan pengikut atau abdi dalemnya. Dalam pembangunannya, didirikan oleh Raden Patah pada 1474.

Salah satu masjid tertua di Indonesia ini berlokasi di daerah Demak provinsi Jawa Tengah. Lalu tidak hanya itu saja djuga dipercaya oleh wisatawan local hingga mancanegara, bahwa bangunan tua tersebut menjadi tempat berkumpulnya para wali yang menyebarkan agama Islam dan berjumlah sekitar 9 orang.

  1. Masjid Sultan Suriansyah

Kemudian masjid tertua di Indonesia selanjutnya adalah bangunan yang dibangun oleh raja Banjar Pertama di tahun 1526. Desain dari bangunannya sendiri seperti model tradisional khas masyarakat Kalimantan Selatan. Terutama bagian menarik pada atap yakni berbentuk saling menindih atau tumpang tindih.

Biasanya waktu adzan dan iqomah lebih lama satu jam dengan waktu Indonesia bagian Barat. Karena kota Banjarmasin merupakan daerah yang masuk dalam WIT. Ketika Anda hendak melakukan sholat di masjid Sultan Suriansyah, sebaiknya mengecek jam terlebih dahulu untuk menyamakan waktunya.

  1. Masjid Al Hilal Katangka

Merupakan ikon kebanggan dari masyarakat Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Juga termasuk dalam salah satu masjid tertua di Indonesia. Bangunan tua ini dibuat oleh Raja Gowa XIV pada tahun 1603. Proses pembangunannya dilakukan selama masa pemerintahan berlangsung saat itu.

Nama Katangka sebetulnya berasal dari jenis pohon khas Gowa yang banyak tumbuh di sekitar lokasi masjid. Dahulu kala, bangunan ini merupakan tempat beribadah khusus bagi para raja dan para pengikutnya. Sedangkan letak awalnya berada pada komplek makam Sultan Hasanuddin sebelah utara.

Lihat juga: masjid indramayu dengan 3 kubah

  1. Masjid Mantingan

Lalu bangunan tua selanjutnya yakni berlokasi di Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Jepara. Masjidnya sendiri didirikan oleh Kesultanan Demak yang sedang menjadi pusat pemerintahan kala itu. Sedangkan dari segi pembangunan, didirikan pada tahun 1559.

Di dalam bangunannya terdapat makam para Sultan. Biasanya para wisatawan ramai datang ke sana saat sehari sebelum perayaan hari jadi Kota Jepara. Karena momennya dianggap sakral oleh banyak orang.

Ketika berkunjung sebaiknya disesuaikan dengan Jam masjid agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Karena setiap hari para jamaah yang berdatangan semakin banyak.

  1. Masjid Saka Tunggal

Bangunan tua yang terletak di desa Cikakak, kecamatan Wangon, Banyumas, Jawa Tengah ini didirikan oleh Kyai Mustoleh di tahun 1288. Beliau termasuk dalam pendiri masjid dan menulis berbagai buku bersejarah. Nama bangunannya terinspirasi dari tiang utama ketika pondasi pertamanya dibangun.

Tidak hanya itu saja, masjid saka tunggal ini pada awal masa pembangunan memang hanya memakai 1 tiang sebagai penyangga bangunan. Makna filosofisnya adalah menunjukkan bahwa tuhan yang wajib disembah oleh umat Islam hanyalah Allah SWT yang merupakan Dzat Maha Esa.

Lihat juga: masjid terbesar di dunia

Masjid Lainnya yang Menjadi Favorit Wisatawan

Selain mengunjungi bangunan tertua untuk melakukan kegiatan wisata religi, biasanya para peziarah juga mendatangi tempat seperti Masjid 99 kubah Makassar. Karena bentuk dari bangunannya lebih unik, menawan dan terletak di pinggir laut.

Lokasi dari masjid ini terletak di Kota Sulawesi Selatan dan telah menjadi ikon atau daya tarik untuk menarik wisatawan local hingga mancanegara. Desainya sendiri dibuat dengan dominan warna merah dan emas. Selain itu bentuk kubahnya pun dibuat secara bertingkat

Para peziarah dapat beribadah disini dengan tenang karena lokasinya tidak berada di tengah kota atau pusat keramaian. Selain itu juga bisa dijadikan untuk wisata foto dengan selfie bersama keluarga maupun teman terdekat di bagian depan bangunan masjid 99 kubah Makassar.

9 pilihan Masjid tertua di Indonesia adalah masjid Palopo, Wapauwe, Ampel, Menara Kudus, Agung Demak, Sultan Suriansyah, Mantingan, Saka Tunggal dan masjid Al Hilal Katangka.

error: Content is protected !!