Masjid Islamic Center Indramayu Kebanggaan Kota Mangga

Masjid Islamic Center Indramayu

Warga muslim di kota berjuluk mangga patut berbangga karena baru-baru ini telah didirikan pusat peradaban Islam, yaitu Masjid Islamic Center Indramayu. Tentunya ini menjadi sebuah kabar baik yang mana hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan kualitas sarana ibadah di sana.

Mengenal Lebih Dekat dengan Masjid Islamic Center Indramayu

Masjid Syekh Abdul Mannan atau yang lebih terkenal dengan nama Islamic Center Indramayu berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta No. 1 Pekandangan, Indramayu, Jawa Barat. Ia merupakan salah satu tempat ibadah umat muslim termegah di provinsi tersebut.

Pembangunan dari salah satu masjid terbesar di Indonesia ini sudah dimulai pada 2005 dan diresmikan sejak Ramadhan tahun 2018 lalu oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan di akhir masa tugasnya. Konon katanya, biaya pembangunannya mencapai Rp. 195.000.000.000,-.

Arsitek dari Masjid tersebut adalah Agus Salam Fujianto. Semua desainnya diadopsi dari bangunan-bangunan megah hasil studi banding dari berbagai negara seperti halnya Singapura, Malaysia, Mesir, Turki dan juga Arab Saudi, tidak heran jika ada jam masjid digital yang menghiasainya.

Latar Belakang Belakang Pembangunan Islamic Center Indramayu

Pada awalnya, berdirinya Masjid Islamic Center ini dilatar belakangi oleh munculnya banyak keinginan tokoh masyarakat untuk memiliki pusat peradaban dan kajian Islam tersendiri yang lengkap serta luas di kota tersebut.

Atas dasar pikiran itulah, pemerintah setempat melakukan pengajuan pemindahan aset yang awalnya merupakan milik Yayasan Amal Bakti Pancasila untuk pembangunan Islamic Center tersebut, dari mulai awal hingga sampai tuntas.

Harapannya dengan keberadaan pusat kajian Islam itu, visi dari kabupaten yakni Indramayu Religius, Maju, Mandiri dan Sejahtera dapat terwujud secara sistematis dan bukan hanya sebatas dalam angan-angan saja.

Lihat juga: masjid tertua di Indonesia

Luas Bangunan dan Daya Tampung Jamaah Islamic Center Indramayu

Masjid Islamic Center Indramayu memiliki lahan seluas 12 hektar secara keseluruhan. Namun, hingga kini tanah yang digunakan masih sebatas 6,2 hektar dan sisanya rencananya akan digunakan untuk pembangunan Taman Kanak-Kanak, tempat manasik haji dan pengembangan kajian agama.

Masjid yang terkenal akan kemegahannya tersebut memilki lantai satu dengan luas 860 meter persegi dan dapat menampung hingga 1.250 jamaah. Untuk tempat lantai duanya, luasnya yakni 737 meter persegi dengan kapasitas orang sebanyak 1.000 jamaah.

Masjid ini juga mempunyai kluster yang bisa menampung orang dengan jumlah hingga mencapai 2.500. Pelataran penghubungnya mempunyai luas sebesar 1.000 meter persegi dan diklaim mampu mewadahi kapasitas kendraan 1.500 jamaah.

Mengenal Syekh Abdul Mannan, Sosok Dibalik Nama Islamic Center Indramayu

Mungkin sebagian dari Anda masih bertanya-tanya, tentang siapa sebenarnya sosok Syekh Abdul Mannan dan mengapa namanya bisa dijadikan menjadi nama dari Masjid Islamic Center Indramayu yang megah itu.

Syekh Abdul Mannan sejatinya merupakan ulama besar yang berasal dari daerah Indramayu dan beliau hidup sekitar tahun 1800-an. Tentunya, sosoknya bukanlah sembarangan orang, melainkan pada waktu itu kealimannya sangat tinggi dan dihargai oleh masyarakat di sana.

Walaupun begitu, sosok dari ulama besar satu ini memang belum banyak diketahui oleh masyarakat karena minimnya informasi serta dokumentasi.

Masjid Islamic Center Indramayu

Keunikan-keunikan dan Desain Mewah Islamic Center Indramayu

Selain penampakannya yang luas dan mewah, masjid yang menjadi kebanggaan warga Indramayu ini juga memiliki keunikan tersendiri, baik itu dari segi desain maupun ornamen-ornamennya. Tentunya, hal tersebut merupakan suatu keindahan dan harus diapresiasi supaya ibadah nyaman serta tenang. Berikut ulasan lengkapnya:

  1. Terdapat 4 Menara

Salah satu hal yang menjadikan Masjid Syekh Abdul Mannan ini unik serta tiada duanya yakni karena keberadaan 4 buah menara yang berada di halamannya. Masing-masing mempunyai tinggi kurang lebih 100 meter sehingga dapat disebut sebagai pencakar langit.

Adapun fungsi dari menara tersebut yakni agar ketika adzan dikumandangkan, suaranya bisa sampai ke tempat yang sangat jauh sekalipun. Hal ini merupakan salah satu contoh ikhtiar dakwah layaknya pada zaman dahulu kala dengan panggilan waktu adzan dan iqomah.

  1. Bangunan Masjid Dihiasi oleh 3 Kubah

Di samping terdapat jam waktu shalat, keberadaan menaranya yang menjulang tinggi, Islamic Center ini juga dianggap menarik karena memmiliki tiga kubah besar yang dipasang di atas masjid. Hal tersebut sangat mewah dan akan menakjubkan ketika dipandang oleh siapa saja.

Kubah yang paling besar dipasang tepat di tengah-tengah bagian masjid. Sementara dua lainnya yang lebih kecil ditempatkan di samping kanan dan kiri mengapitnya. Konon katanya, hal ini juga mengandung filosofi tersendiri.

  1. Memadukan Arsitektur Modern dan Kuno

Masjid yang kemunculannya masih baru ini, dibangun dengan menggunakan perpaduan desain modern serta kuno. Itu murni inovasi dari arsitekturnya sendiri tanpa melibatkan atau berkolaborasi dengan arsitek terkenal dari Luar Negeri lengkap dengan jam masjid.

Kesan kuno yang terdapat pada masjid ini terlihat pada adanya menara-menara tinggi di sekitar halamannya. Sementara itu, desain modernnya dapat Anda lihat pada hiasan ornamen maupun sentuhan finishing cat masjid.

  1. Terdapat Banyak Hiasan Air Mancur di Sekitar Masjid

Air mancur menjadi salah satu ciri khas dari masjid yang satu ini. Jika Anda berkunjung ke sana, ketika mulai memasuki gerbang utamanya pasti akan terlihat banyak pancuran air berdesain indah menyambut para pengunjung.

Keberadaan air mancur yang jumlahnya terbilang banyak di sekitar halaman masjid itu. Selain akan menambah kesan mewah, juga memberikan kesan sejuk pagi jamaah ketika musim panas telah tiba (terlebih di siang hari).

  1. Indahnya Pemandangan Islamic Center di Malam Hari dengan Hiasan Lampu

Anda dijamin pasti akan merasa takjub ketika mengunjungi Masjid Islamic Center ini saat malam hari. Keindahan pesona lampu LED yang terpasang di sana menimbulkan suasan syahdu dan tentram untuk melaksanakan ibadah.

Di samping itu, di bagian bangunan masjid juga dipasangi lampu megah dengan bentuk unik dan ukuran besar. Dengan begitu, ibadah Anda bisa berjalan lancar untuk pergi beribadah pada jam shalat dan juga tetap nyaman walaupun di keadaan malam gelap sekalipun.

Lihat juga: megahnya masjid Agung Jawa Tengah

  1. Ornamen Masjid Mengusung Karakter Khas Timur Tengah

Selain mamadukan desain kuno dan modern, beberapa ornamen masjid ini juga terinspirasi dari bangunan-bangunan di negara-negara Timur Tengah. Hal tersebut bisa Anda perhatikan dari berbagai ornamen yang terpasang di sana.

Lihat saja hiasan ornamen-ornamen dinding serta tiangnya, sebagian hal tersebut terinspirasi dari Masjid Nabawi yang ada di Madinah. Walaupun begitu, bangunan Islamic Center ini tidak sama dengan tempat ibadah manapun dan ia mempunyai ciri khas tersendiri.

  1. Aula Masjid Berada di Bawah Tanah

Keunikan terakhir yang melekat pada masjid ini yaitu keberadaan aulanya. Aula tersebut di bangun di bawah tanah untuk kepentingan seminar, pertemuan keagamaan, pelaksanaan akad nikah, ataupun kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya.

Penempatan posisi aula yang dibangun di bawah tanah itu sebenarnya terinspirasi dari desain Masjid Agung Semarang. Di samping itu, ini juga bisa meminimalisir adanya kebisingan akibat lalu-lalang kendaraan di sana.

Itulah sekilas pembahasan mengenai Islamic Center Indramayu yang dapat disampaikan kepada Anda. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk para pembaca sekalian.