Masjid 99 Kubah Makassar dengan Sejuta Keindahannya

Masjid 99 Kubah Makassar

Masjid 99 Kubah Makassar merupakan salah satu tempat ibadah megah di Indonesia bagian timur. Menawarkan suguhan pemandangan dan keindahan arsitektur menawan. Maka, tidak heran jika banyak orang yang melakukan ibadah di sana.

Mengenal Masjid 99 Kubah Makassar

Seperti diketahui bersama bahwa Sulawesi selatan merupakan salah satu tempat dengan kawasan wisata. Tidak hanya jejeran pemandangan pesisir yang cantik berpulau eksotis saja, namun di salah satu wilayah Pantai Losari terdapat sebuah ikon baru yaitu Masjid 99 Kubah Makassar.

Bukan hanya keindahan lokasi saja yang menjadi daya tarik utama. Melainkan jika dilihat dari desain arsitektur masjidnya. Suguhan pemandangan indah akan tertangkap apabila langsung melihat, pasalnya terdapat kubah-kubah dengan jumlah banyak dan tertata rapi di atasnya.

Hal tersebut menjadikannya terlihat megah, elegan dan cantik apalagi jika saat sore saat matahari akan tenggelam. Sebagai salah satu tempat untuk tujuan ibadah umat muslim. Fungsi dari pembangunannya agar bisa dijadikan sebuah destinasi wisata religi yang ada di Makassar.

Masjid 99 Kubah Makassar

Hal Menarik dari Masjid 99 Kubah Makassar

Setelah mengetahui gambaran dari penampakan masjid 99 kubah di Makassar. Pasti akan menambah kenikmatan suguhan pemandangan jika telah masuk  waktu adzan dan iqomah, terutama ketika sore hari menjelang Magrib.

Lokasi didirikannya masjid sendiri cukup berbeda dengan lainnya. Masjid 99 Kubah berdiri di atas proyek reklamasi kawasan Pantai Losari. Dengan begitu, akan memberikan daya tarik lebih bagi pemandangan yang ada untuk para wisatawan.

Masjid 99 Kubah Makassar

Fakta Unik dari  Masjid 99 Kubah Makassar

Bab selanjutnya ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai fakta atau hal unik dari Masjid 99 Kubah. Tentunya menarik untuk dibahas mulai desainer, perencanaan sampai sisi lainnya. Inilah daftar beserta deskripsi yang dimaksud:

  • Desain Unik

Hal menarik pertama untuk dibahas adalah dilihat dari sisi keunikan desainnya. Hal dimaksud adalah penggunaan kubah yang banyak dan beragam diatasnya. Mulai dari ukuran terkecil sampai besar ada serta tersusun dengan rapi juga cantik baik ketika ada di dalam maupun di luar Masjid itu.

Jika dilihat secara sekilas akan tampak mirip dengan salah satu Landmark dari Rajasthan di India. Namun hal tersebut berada di Indoensia atau lebih tepatnya di Makassar Sulawesi Selatan. Masjid 99 kubah sendiri dirancang oleh orang top di Jawa Barat yaitu Ridwan Kamil.

Memang dilihat dari track record seorang Ridwan Kamil biasa membuat rancangan beberapa masjid. Namun memiliki ciri khas unik dan berbeda dari lainnya seperti Al Irsyad di Padalarang Bandung Barat. Keunikan tersebut berasal dari selalu menekankan dobrakan atas pakem tempat ibadah.

  • Target Perencanaan

Poin berikutnya adalah masalah terkait perencanaan pembangunan Masjid 99 Kubah. Secara data yang ada maka harus sudah bia digunakan pada bulan Ramadhan Tahun 2019 kemarin. Setelah proses pembuatan mencapai 70 persen di Desember 2018.

Perencanaan tersebut ditergetkan memang bisa digunakan menambah kemeriahan bulan Ramadhan. Tujuannya untuk umat muslim dapat lebih mantap dalam menjalani ibadah. Benar saja menurut catatan hal tersebut telah tercapai.

Bagian paling rumit sendiri rampung pada pertengahan tahun 2019 di atap masjid. Selain itu salah satu ikon baru kota Makassar tersebut didesain untuk dapat menampung beberapa ribu jamaah. Hal tersebut merupakan perencanaan yang baik dan terbilang menarik.

  • Keindahan Kubah Masjid Dengan Jumlah Banyak

Hal menarik berikutnya adalah terletak pada jumlah kubah masjid yang banyak dan berjajar rapi. Daya tarik tersebut dimiliki oleh ikon baru kota Makassar, sekilas nampak seperti Candi. Selain itu juga terkadang terlihat mirip landmark Rajasthan.

Kembali pada daya tarik utama yang mana sesuai dengan namanya yaitu pemandangan cantik susunan kubah. Secara jumlah terhitung sekitar puluhan juga ukuran bervariasi. Penggunaan warna juga indah berkonsep terang seperti kuning, jingga dan merah.

Kemudian terdapat juga tambahan hal menarik lainnya dari masjid 99 Kubah Makassar. Terletak Pelataran Suci layaknya yang ada di Masjidil Haram di Mekah. Direncanakan area tersebut dapat menampung jamaah atau umat islam sampai berjumlah 10 ribu orang.

  • Menjadi Ikon Baru Sulawesi Selatan

Masjid 99 Kubah juga telah menjadi ikon baru untuk kota Makassar di Sulawesi Selatan. Hal tersebut ditegaskan dengan lokasi dibangunnya yang ada di area reklamasi Pantai Losari. Perlu diketahui sebelumnya bahwa ukuran tempat ibadah itu terbilang besar.

Tentunya menjadikan pemandangan baru yang dapat menarik perhatian dan melengkapi indahnya Pantai Losari. Biaya untuk kemegahan serta kecantikan tersebut tak tanggung-tanggung menelan Rp 176 miliar. Maka pasti hasilnya setelah jadi terlihat mengagumkan.

Berdasarkan rencana, diharapkan dengan dibangunnya Masjid 99 Kubah tersebut dapat membawa banyak dampak. Terutama dengan munculnya tren wisata religi diberbagai daerah. Bukan hanya memberikan manfaat untuk kekhusukan beribadah saja, namun juga mendatangkan jamaah.

Masjid 99 Kubah Makassar

  • Fasilitas Masjid 99 Kubah

Nama Masjid 99 Kubah yang tengah populer tersebut tentu akan menarik minat banyak kunjungan. Entah untuk tujuan religi maupun berwisata sambil menikmati pemandangan Pantai Losari. Namun hal tersebut telah diatasi dengan adanya beragam fasilitas.

Beberapa poin bagus tentang area yang direncanakan termasuk Pelataran Suci Jamaah. Hal tersebut dapat menjadi tempat nyaman terutama bagi berbagai kunjungan. Suasana baru pun juga akan dirasakan langsung pengunjung ketika sudah masuk jam sholat.

Ketika jam digital masjid menunjukkan waktu solat dan jamaah perlu menjalankannya. Maka perasaan berbeda bisa timbul dengan pelaksanaan ditempat bagus tersebut. Selain itu dapat pula difungsikan untuk tempat menampung banyak jamaah saat ada kegiatan.

Baca juga:

Dampak Hadirnya Masjid 99 Kubah

Setelah pembangunan Masjid 99 Kubah selesai dilaksanakan dan dibuka untuk umum. Maka pasti akan muncul dampak dari hadirnya tempat ibadah yang menjadi ikon baru Sumatra Selatan tersebut. Beberapa di antaranya akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini:

  • Makassar Semakin Menarik

Dampak pertama yang akan muncul dengan dibangunnya Masjid 99 Kubah adalah membuat Makassar semakin menarik. Hal tersebut karena ikon baru dimaksud benar-benar unik dan berbeda. Tentunya dapat menjadikan daya tarik kunjungan lebih tinggi.

Terutama pelancong yang memiliki tujuan mengunjungi wisata religi. Entah dari dalam negeri maupun luar pasti akan menjadi penasaran dan tertarik. Mirip seperti bangunan Taj Mahal di India dengan kunjungan berbagai orang asing di seluruh dunia.

  • Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Dampak baik berikutnya dari adanya Masjid 99 Kubah adalah terjadinya peningkatan ekonomi masyarkat. Hal tersebut sejalan dengan meningkatnya kunjungan akibat kepopuleran ikon baru. Terdapat berbagai jalan untuk mendapatkan keuntungan lain misalkan membangun usaha.

Masjid 99 Kubah Makssar merupakan salah satu bangunan yang terbilang unik dan megah, cocok jika dijadikan ikon baru Sulawesi Selatan serta menarik dikunjungi.

error: Content is protected !!