Masjid Raya Sumatera Barat dengan Berbagai Keunikannya

Masjid Raya Sumatera Barat

Ada beberapa keunikan Masjid Raya Sumatera Barat. Tak mengherankan jika ia menjadi salah satu tujuan wisata religi para pelancong tanah air maupun mancanegara. Bahkan, setiap tahun jumlah pengunjung semakin banyak.

Bagaiaman Keadaan jika Berada di Masjid Raya Sumatera Barat ini?

Beralamatkan di Jl. Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat 25173. Sikap takjub pasti akan menghinggapi jika sampai di sana.

Namun, ketika berkunjung ke masjid Raya ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya yaitu faktor cuaca. Usahakan untuk datang saat langit cerah karena pemandangan akan begitu indah dan menawan.

Selain itu, jangan lupa membawa kamera kesayangan. Anda pun dapat memanfaatkan gadget jika memiliki kamera yang mumpuni. Usai beribadah Anda bisa berfoto dengan latar belakang masjid raya khas Sumatera Barat.

Tak hanya itu, pastikan Anda mematuhi segala peraturan yang berlaku di masjid tersebut. Hal ini demi mendapatkan kenyamanan saat berkunjung ke masjid termegah di Sumatera Barat. Jika ada pertanyaan, Anda bisa tanyakan pada takmir.

Keunikan Masjid Raya Sumatera Barat

Bicara tentang tempat beribadah, Sumatera Barat terkenal dengan masjidnya yang megah dan menakjubkan. Setiap hari sarana beribadah tersebut ramai dikunjungi oleh orang dari berbagai daerah. Berikut adalah keunikannya:

  1. Tahan Gempa

Arsitek masjid tersebut menyatakan bahwa bangunan dirancang kuat menghadapi gempa hingga kekuatan magnitude 10. Keunggulan ini tidak banyak dimiliki tempat peribadatan lainnya. Jika ingin merasakan masjid tahan gempa yang megah, silakan datang ke Sumatera Barat.

  1. Mengusung Budaya Lokal

Memasuki jam sholat, masjid khas kota Padang tersebut relatif penuh. Itu dikarenakan banyak orang merasa nyaman saat melakukan sholat berjamaah. Apalagi tempat beribadah tersebut mengusung budaya lokal. Hal ini terlihat dengan jelas pada desain arsitekturnya yang terlihat keren.

Bagian atapnya mengadopsi unsur tradisional dan arsitek membuatnya terlihat seperti rumah gadang. Ia menyampurkan budaya lokal dengan islam sebab di dindingnya terdapat ukiran kaligrafi yang indah dan menawan. Adanya percampuran nilai ini membuat masjid terlihat sangat anggun.

Lihat juga: masjid terbesar di Indonesia

  1. Interior Megah

Jika diamati sekilas dari luar, mungkin tempat ibadah ini terlihat tradisional. Namun bangunan akan sangat berbeda saat Anda memasuki bagian dalamnya. Bagian atas masjid sungguh menawan. Begitu terang dan gemerlap, terlebih lagi pada bagian mihrab akan nampak warna keemasan.

Mihrab dihiasi tulisan asmaul husna keemasan sehingga makin menambah megahnya tempat ibadah tersebut. Saat jam waktu sholat, secara otomatis banyak orang yang datang untuk beribadah sembari mengagumi keindahan masjid bagian luar dan dalam.

  1. Begitu Luas

Masjid yang terletak di Sumatera Barat ini tidak hanya terkenal akan desain megahnya. Namun, ia juga dikenal dengan kemegahannya sehingga mampu menampung sekitar 20.000 jamaah. Pihak pengelola mengatakan bahwa tempat tersebut dibangun di atas tanah seluas 40.343 meter.

Tak sulit menemukan masjid megah ini karena ia berlokasi di pusat kota. Tempat ibadah tersebut terbagi menjadi 3 lantai. Jika memiliki banyak waktu, kunjungi ketiganya agar bisa melihat dari dekat keindahan dan luasnya sarana peribadatan tersebut.

  1. Tanpa Kubah

Ada lagi keunikan yang takkan dilihat pada masjid-masjid lainnya yaitu masjid tanpa kubah. Hal ini dikarenakan arsitek menggantinya dengan atap meneyerupai rumah gadang, tempat tinggal tradisional masyarakat Minangkabau.

Meskipun tanpa kubah, namun masjid tersebut tak kehilangan unsur religinya. Terbukti, Masjid Raya Sumatera Barat tersebut ramai baik hari biasa maupun weekend. Bahkan, ada pula pelancong nonmuslim yang sengaja datang hanya untuk mengamati keindahannya dari dekat.

  1. Masjid Seribu Pintu Angin

Tempat ini pun mendapat sebutan masjid seribu pintu angin. Anda mungkin bisa menebak mengapa diberi nama seperti itu. Alasannya karena banyaknya pintu yang ada pada bangunan riligius tersebut. Saking banyaknya, akhirnya sarana peribadatan tersebut memperoleh julukan tersebut.

  1. Tujuan Destinasi Wisata

Keindahan dan keunikan tempat suci tersebut membuatnya dikenal banyak orang. Sarana peribadatan ini baru dibuka pada tahun 2019. Namun, sejak itu ia menjadi populer hingga sering dijadikan destinasi utama saat ke Sumatera Barat.

Alhasil, saat jam masjid menunjukkan waktu sholat, bangunan tersebut pun ramai dikunjungi dari berbagai daerah baik lokal maupun pelancong yang sholat sekaligus mengagumi keunikan tempat ibadah tersebut dari dekat. Jika datang ke sini, jangan lupa mengabadikannya lewat foto.

  1. Tempat Beribadah yang Khusyuk

Masjid ini tak hanya indah dan megah. Saat memasuki ruang sholat, Anda seolah tidak sedang berada di tempat tersebut. Hal itu dikarenakan ia memberikan efek ketenangan yang luar biasa. Tak heran jika banyak orang menyempatkan duduk sejenak berdoa usai sholat.

Suasana tenang tersebut mengundang banyak jamaah untuk berdoa di antara waktu adzan dan iqomah. Tak hanya itu saja, usai sholat pun area sekitar masjid cukup ramai karena dipadati pengunjung yang datang dengan berbagai keperluan.

  1. Halaman Berdesain Indah

Pelataran masjid ini terdiri dari rerumputan hijau yang indah. Tak seperti halaman pada umumnya, tempat ibadah tersebut didesain dengan unik. Ia dibuat selang-seling sehingga dari kejauhan nampak unik dan menarik.

Tak heran jika banyak orang mengabadikan momen berlatar belakang bangunan masjid di sini. Pemandangan hijaunya rerumputan ini nampak indah saat disatukan dengan tempat peribadatan berdesain tradisional tersebut.

  1. Teras yang Melandai

Teras masjid itu sangat unik sekaligus elegan. Bentuknya melandai ke jalan. Selain itu, bentuknya tidak rata karena agak melengkung di beberapa sisinya. Rancangan keren ini jadi daya pikat masyarakat yang datang berkunjung.

Teras tersebut merupakan perpaduan antara unsur tradisional dengan islam. Adanya bagian bangunan melandai ini dimanfaatkan baik oleh para wisatawan. Mereka berfoto bersama keluarga untuk kenang-kenangan pernah berada di masjid yang termegah di Sumatera Barat itu.

Lihat juga:

  1. Menara Bulan Sabit

Dari kejauhan, masjid tersebut nampak megah dan indah. Apalagi di sampingnya terdapat menara yang menjulang tinggi. Keberadaannya membuat banyak mata merasa takjub. Terlebih lagi, ia dibangun tak jauh dari lokasi bangunan utama.

Masjid ini terkenal akan menara berbentuk bulan sabit. Puncak menaranya berwarna gold hingga nampak elegan serta rupawan. Saat berada di masjid, jangan lupa mengabadikan keindahannya.

  1. Indah di Segala Waktu

Pesona keindahan masjid raya ini bisa disaksikan setiap waktu selama jam operasional buka. Di pagi hari suasana cukup sejuk. Jika menginginkan pemandangan yang indah, datanglah saat langit cerah. Dijamin, foto berlatarbelakang tempat ibadah megah tersebut.

Selain itu, foto saat senja menyapa juga dinilai menghasilkan foto mengagumkan. Perpaduan warna lembayung dengan bangunan masjid nan kokoh memberikan pemandangan alam yang takkan terlupakan.

Itulah beberapa hal yang unik dari Masjid Raya Suamtera Barat. Jika berkunjung ke Padang, jangan lupa singgah sebentar ke tempat hits ini ya…!!