Takmir Masjid dan Berbagai Agenda Islaminya

takmir masjid

Setiap masjid pasti memiliki seorang “Takmir masjid”, sebab merekalah yang mengelola tempat beribadah orang muslim. Selain mengatur keuangan juga memiliki agenda cukup padat serta beberapa rutinitas para panitia, mulai dari pagi hingga malam hari.

Pengertian Takmir Masjid

Takmir ialah orang mengawasi serta mengurus segala keperluan yang ada di masjid. Profesi ini memiliki jobdesk cukup banyak karena diharuskan melayani jamaah. Intinya, segala hal mengenai acara keagamaan di tempat ibadah tersebut akan dipegang olehnya.

Mendekati jam waktu sholat takmir akan lebih padat sebab mereka harus mempersiapkan segalanya dengan baik. Pengurus harus memastikan bahwa segala tempat khususnya ruang sholat dalam keadaan bersih terawat. Selain itu, sarana pun diharuskan suci dari segala najis.

Sebelum waktu sholat, takmir pun harus memastikan air untuk wudhu mencukupi. Bahkan, mereka pun melakukan pengecekan terkait sound agar adzan dapat dikumandangkan dengan baik. Betapa padatnya agenda para pengurus masjid.

Sebagai contoh, Masjid Raya Pondok Indah (MRPI) juga mempunyai fasilitas beragam. Mulai dari perpustakaan hingga koperasi simpan pinjam. Banyaknya agenda tersebut berbanding lurus dengan tugas para pengurus atau seorang takmir.

Ragam Agenda Takmir Masjid Secara Umum

Takmir masjid memiliki agenda cukup bervariasi. Ada yang dijadwalkan rutin atau setiap hari. Namun, terdapat beberapa jadwal pengajian di waktu-waktu khusus. Berikut ini akan disuguhkan kegiatan jamaahnya:

  1. Rutinitas Harian

Sama seperti masjid lainnya, semua masjid dibuka setiap hari. Anda bisa melaksanakan sholat 5 waktu dengan nyaman di sini. Suara adzannya begitu merdu sehingga para jamaah akan lebih tergerak untuk datang dan beribadah secara berjamaah.

Tak hanya sholat 5 waktu, Anda pun bisa mengikuti kajian Shubuh. Ini dilakukan secara rutin tiap harinya. Ceramah yang dilaksanakan pada pagi hari tersebut akan memberikan bekal agama pada jamaah masjid. Kegiatan tersebut merupakan rutinitas harian para takmir.

  1. Hari khusus

Selain ramai saat jam sholat, masjid dengan arsitektur indah ini mendapati banyak kunjungan di hari-hari tertentu. Hal itu dikarenakan adanya layanan khusus seperti bimbingan jamaah yang akan berangkat haji dan umroh. Adanya pelayanan ini begitu memudahkan banyak orang.

Selain itu, di area masjid yang modern biasanya terdapat agenda belajar bahasa asing yakni Arab dan Inggris. Bahkan, ada kursus atau pelatihan untuk Anda yang ingin mendalami tafsir serta terjemahan Al Qur’an. Agenda khusus ini hanya dilakukan saat tertentu saja.

  1. Layanan Spesial

Ada lagi agenda menarik yang mungkin dibutuhkan yakni Kuliah pagi. Ini merupakan kursus kilat untuk memperoleh pengetahuan mendalam mengenai bagaimana cara mengurus orang sakit maupun jenasah hingga memandikannya.

Adanya kursus tentang pengurusan jenazah ini penting dan tidak semua masjid memiliki program tersebut. Selain itu, terdapat layanan pembinaan khusus bagi orang yang ingin menjadi mualaf. Layanan pengislaman seseorang ini membuktikan bahwa pihak masjid sangat terbuka dengan para pemula.

  1. Penyewaan Tempat

Tak hanya memberikan fasilitas kuliah, pihak masjid pun terkadang juga memiliki jasa penyewaan gedung. Tak tanggung-tanggung tempat yang disewakan cukup luas. Anda bisa menggunakannya untuk acara agama atau event penting seperti akad nikah dan resepsi.

Gedung dapat disewakan dari pagi hingga siang atau sore hingga malam. Mengenai waktu dan biaya sewa bisa ditanyakan langsung pada takmir masjid. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena harganya cukup terjangkau dibandingkan tempat lain. Para takmir siap menjawab segala pertanyaan terkait hal itu.

  1. Kajian Masjid

Jam digital masjid umumnya memperlihatkan waktu sholat. Ada agenda lain yang tak kalah pentingnya yakni kajian. Selain dilakukan sebagai rutinitas, ceramah pun diadakan pada waktu tertentu seperti Minggu pagi.

Adanya kajian tersebut akan memperdalam ilmu jamaah terkait islam beserta hukumnya. Jika tidak dapat menghadiri kajian di hari Minggu, Anda bisa hadir di lain waktu yakni Senin dan Selasa pagi. Dibuatkannya program mengaji bersama ini akan membuat masyarakat makin giat beribadah.

  1. Kegiatan Sosial

Tidak hanya terkenal dengan agenda pengajian rutinnya, masjid ini kerap melakukan layanan sosial. Salah satunya adalah pemberian fasilitas pengecekan kesehatan bagi kaum dhuafa. Adanya pelayanan ini tentu meringankan sedikit beban mereka.

Selain itu, terdapat pula program pembinaan bagi para fakir miskin. Harapan diadakannya proker ini adalah mereka bisa lebih sejahtera. Agenda lainnya yang dilakukan takmir adalah pengelolaan zakat dan shodaqoh.

  1. Kegiatan Usaha

Takmir Masjid pun menyediakan kegiatan usaha yang diperuntukkan untuk masyarakat. Ada berbagai macam antara lain: koperasi karyawan, klinik herbal, penyewaan gedung dan BMT Usaha Mulya. Adanya fasilitas tersebut memudahkan berbagai kalangan.

Masjid ini memberikan paket lengkap. Selain bisa beribadah tenang serta nyaman, jamaah pun dapat menikmati sarana dan prasarana plus kegiatan usaha yang bermanfaat. Takmir dapat memberikan penjelasan terkait kegiatan tersebut.

Jadwal Agenda Takmir Masjid

Para takmir masjid mengamati dengan jelas bahwa tempat tersebut telah dikunjungi sebelum adzan berakhir. Adanya fenomena ini dikarenakan banyak jamaah yang menggunakannya untuk memohon doa pada Sang Pencipta.

Doa antara adzan dan iqomah termasuk makbul sehingga permohonan akan dikabulkan pun lebih besar dibandingkan dengan berdoa di waktu lainnya. Apalagi jika ini dilakukan di tempat suci seperti masjid. Tak heran jika takmir telah mempersiapkan ruang sholat jauh sebelum adzan dikumandangkan.

Agenda takmir masjid bisa berbeda-beda. Hal ini tergantung pada jadwal yang disepakati bersama. Meskipun tidak ada kegiatan khusus, setiap hari selalu saja ada orang datang berkunjung untuk melaksanakan sholat 5 waktu.

Apalagi mendekati waktu adzan dan iqomah, para jamaah akan berbondong-bondong memadati masjid tersebut. Saat bulan Ramadhan, kegiatan di tempat itu seperti tak pernah sepi. Bahkan, di tengah malam sebagian orang melakukan i’tikaf. Keutamaan puasa membuat mereka berlomba mencari pahala.

Baca juga: contoh proposal pembangunan masjid

Cara Menghubungi Takmir

Pertanyaan terkait operasional jam masjid tiap agenda di atas dapat ditanyakan langsung pada pihak pengurus. Takmir nantinya akan memberitahukan mengenai detail acara pada Anda. Cara menghubunginya pun mudah. Pengunjung tidak perlu keluar rumah sejengkal pun. Praktis, bukan?

Terkadang masjid juga memiliki website pribadi. Ada berbagai cara komunikasi mulai dari email hingga telepon langsung. Jika ingin segera mendapatkan jawaban, sebaiknya pilih opsi via nomor admin yang tertera. Takmir masjid akan sedia melayani meskipun dari jarak jauh.

Adanya fasilitas menghubungi admin pada website tersebut mempermudah pengunjung yang tidak bisa menanyakan langsung pada takmir. Untuk kemudahan dan kenyaman bersama, diharapkan untuk menghubungi saat jam kerja berlangsung.

Jika admin belum memberikan respon, bersabarlah dan coba lagi beberapa waktu. Hal ini sangat wajar. Apalagi pekerjaan yang dilakukan takmir masjid di sana sangat banyak serta padat. Oleh karena itu, ulangi lagi jika Anda belum mendapatkan jawaban.

Itulah beberapa hal yang harus diketahui mengenai agenda para takmir masjid. Namun, tidak semua tempat ibadah memberlakukannya.