Mengenal Masjid Raya Pondok Indah Lebih Dekat

Masjid Raya Pondok Indah

Masjid Raya Pondok Indah ialah salah satu tempat beribadah terkenal yang ada di Indonesia. Tempat peribadatan ini terlihat unik sebab hasil perpaduan antara unsur tradisonal dengan modern. Banyak jamaah yang shalat di sini merasa kagum akan keindahan desain bangunannya.

Mengenal Masjid Raya Pondok Indah

Masjid Raya Pondok Indah (MRPI) ini mulai dibangun pada tahun 1990. Berkat kerja keras semua pihak, ia dapat diselesaikan pada 1992. Pembuatan MRPI diprakarsai oleh Pendiri Yayasan Raya Pondok Indah dan mendapatkan dukungan dari Yayasan Pondok Indah serta PT Metropolitan.

Dahulu, MRPI hanya dikelola oleh 5 pengurus saja. Namun, seiring berjalannya waktu masjid pun diurus 30 orang. Adanya penambahan orang dari waktu ke waktu tersebut disesuaikan dengan jobdesk. Apalagi sekarang ada banyak kegiatan yang harus diampu pihak takmir.

Saat jam shalat, masjid ini dipenuhi oleh jamaah yang melaksanakan ibadah. Orang-orang datang dari berbagai tempat, tak hanya dari penduduk sekitar. Banyaknya masyarakat tersebut dikarenakan mereka merasa nyaman saat ibadah di tempat tersebut.

Lokasi bangunan serta tanah kawasan tersebut sangat luas, apalagi dapat memuat banyak orang hingga 2.500. Alhasil, MRPI pun tercipta sangat besar hingga dapat membuat para jamaah nyaman saat beribadah. Bahkan, biaya dalam pembuatannya tak tanggung-tanggung yakni sebesar 12 milyar.

Lihat juga: masjid terbesar di Indonesia

Fasilitas di Masjid Raya Pondok Indah

Masjid Raya Pondok Indah yang sangat terkenal di Jakarta itu, tidak hanya digunakan untuk ibadah shalat saja. Berbagai fasilitas pun bisa dipakai di tempat keren tersebut. Berikut akan dijabarkan satu per satu tiap bagiannya:

  1. Gedung Serbaguna

Salah satu fasilitas yang bisa digunakan di Masjid Raya Pondok Indah ialah gedung serbaguna. Tempat ini sangat luas sehingga dapat dipakai untuk berbagai event mulai dari acara keagamaan hingga akad nikad. Luasnya ruangan membuatnya sangat dimininati oleh banyak orang.

Masjid Raya Pondok Indah

Tak heran jika seseorang harus memesan jauh-jauh hari. Selain dapat digunakan untuk acara agama, gedung serbaguna ini bisa dipakai untuk resepsi pernikahan. Mengenai jadwal dan biaya sewa, silakan langsung menghubungi pihak takmir masjid. Khusus Jumat, akad boleh dilakukan pada pagi hari saja.

  1. Taman Pendidikan Al Qu’an

Selain ramai di jam waktu shalat, masjid raya ini pun sering dikunjungi oleh anak-anak. Tujuannya ialah untuk melakukan berbagai aktivitas keagamaan seperti membaca Al Qur’an dan belajar calistung. Pengurus MRPI berusaha sepenuh hati menyediakan kegiataan yang berguna bagi semua kalangan.

Selain itu, anak-anak pun dapat belajar Bahasa Arab dan Moslem Children Class. Ini merupakan kegiatan positif yang berpotensi mengajak anak muda untuk gemar mempelajari bab perihal agama. Diharapkan mereka menjadi orang berpengetahuan lebih tentang islam agar bisa selamat dunia akhirat.

  1. Klinik Kesehatan

Selain datang saat waktu adzan dan iqomah untuk shalat, Anda pun bisa mencoba fasilitas yang ada di masjid ini yakni klinik kesehaan serta herbal. Di sini terdapat berbagai pelayanan berkualitas khusus untuk para pelanggan setianya. Harganya sangat bervarisi tergantung layanan pilihan konsumen.

Pelayanan-pelayanan tersebut antara lain konsultasi dokter, akupuntur, ruqyah serta refleksi. Anda pun bisa melakukan treatment kecantikan seperti candle ear dan totok wajah. MRPI begitu memanjakan masyarakat. Selain memuat banyak jamaah, fasilitas lain pun cukup menarik untuk dicoba.

  1. Perpustakaan

Masjid Raya Pondok Indah memiliki ruang perpusatakaan. Anda yang gemar membaca terutama buku-buku agama bisa memanfaatkan fasilitas ini. Adanya ruang itu sangat menguntungkan para jamaah, terutama pecinta bacaan wawasan keagamaan.

Terdapat pelayanan untuk peminjaman buku perpustakaan. Mengenai waktu operasionalnya, silakan langsung tanyakan pada takmir apakah sama dengan saat masjid dibuka atau tidak. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan informasi yang akurat dan terpecaya.

  1. Koperasi Berbasis Syariah

Selain menyediakan tempat baca buku agama berkualitas, MRPI pun menyediakan koperasi. Ini merupakan tempat usaha yang memberlakukan sistem simpan pinjam sesuai syariat islam. Di sini juga terdapat tabungan untuk transaksi syariah. Ada berbagai manfaat jika mendaftar menjadi anggota.

Manfaat-manfaat tersebut antara lain: mendapatkan bagi hasil disertai nilai cukup besar, terhindar dari riba dan bisa menggunakan saldo sebagai jaminan. Jika tertarik menjadi anggota, jangan ragu menghubungi pihak masjid saat jam operasional.

  1. Kuliah Manajemen Kematian

Ada lagi fasilitas yang tidak ditemukan di masjid lainnya yakni Kuliah Manajemen Kematian. Pelatihan ini ditujukan bagi Anda jamaah dengan keingintahuan tinggi tentang bagaimana mengurus jenazah. Kursus dilakukan dari mendasar sehingga harapannya seseorang tidak merasa kebingungan di kemudian hari.

Materinya sangat beragam antara lain manajemen sakit, sakaratul maut, saat meninggal dan pasca kematian. Dengan demikian, harapannya usai melakukan kuliah, Anda tidak akan panik saat memandikan jenazah orang yang dicintai atau dikenal.

Lihat juga: indahnya masjid Namira bernuansa Mekah

Kegiatan Keagamaan di Masjid Pondok Indah

Jika melihat masjid Pondok Indah, ada banyak sekali kegiatan keagamaan yang ada di sini. Anda bisa menemukan berbagai jadwal dakwah oleh para kyai atau da’i. Agenda pengajian akan padat saat memasuki bulan Ramadhan.

Pengajian pun diadakan di hari-hari besar keagamaan seperti Nuzulul Qur’an dan Isra’ Mi’raj. Bisa dikatakan masjid besar ini tak pernah absen setiap harinya terutama di acara-acara penting dalam kalender islam.

Kegiatan keagamaan di masjid itu tidak hanya seputar mengaji Qur’an atau belajar bahasa Arab. Banyak orang yang meluangkan datang lebih awal untuk melantunkan doa antara adzan dan iqomah. Ini dipercayai sebagai salah satu waktu mustajab agar permintaan lebih cepat dikabulkan Allah SWT.

Ramainya masyarakat yang datang ke Masjid Pondok Indah ini menandakan bahwa keberadaan tempat tersebut memberikan dampak positif. Semakin banyak jamaah mengunjungi untuk beribadah, makin kuat pula kekuatan doa orang mukmin.

Lihat juga: megahnya masjid Kubah Emas Depok

Layanan di Masjid Raya Pondok

Masjid ini mempunyai agenda cukup padat. Betapa tidak, selain terdapat kajian hari Jumat, ia pun memberikan kajian shubuh. Bahkan, ada pula pengajian pagi khusus hari Minggu, Senin serta Selasa. Itu merupakan jadwal rutin yang bisa berubah sesuai keadaan.

Mengenai jam masjid ini dibuka, dapat ditanyakan langsung pada pihak takmir. Untuk cara praktisnya cek pada website dan hubungi bagian “Kontak”. Namun, bisa dipastikan ia dibuka pada 5 waktu shalat setiap harinya. Jika ada perubahan jadwal, tentu ada alasan tersendiri.

Kebermanfaatan masjid ini pun tak lepas untuk orang-orang di sekelilingnya yang membutuhkan. Uang infaq dan shodaqoh selalu disampaikan kepada fakir miskin serta anak yatim. Bahkan, terdapat fasilitas free kesehatan bagi kaum dhuafa.

Masjid Raya Pondok Indah memiliki berbagai layanan terkini dan bermanfaat. Tersedia pula layanan pengislaman khusus untuk para mualaf. Mereka bahkan diberikan layanan pembinaan hingga mahir dalam menjalani ibadah agama. Dengan begitu, orang-orang pun merasa terbantu.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai Masjid Raya Pondok Indah yang sangat terkenal. Bisa dikatakan, layanan dan fasilitasnya sangat lengkap. Tak heran jika jamaah selalu padat mengunjunginya.