Doa Antara Adzan dan Iqomah dan 13 Keutamaannya

Sebelum sholat wajib berjamaah dimulai, terdapat sebuah waktu yang paling mustajab untuk mendekatkan diri serta memohon ampunan kepada Allah. Saat itu pula umat Muslim dianjurkan membaca doa antara adzan dan iqomah.

Bacaan Doa Di antara Adzan dan Iqomah

Berdoa dan berdzikir setelah adzan berkumandang merupakan salah satu anjuran atau sunnah Rasul. Berikut adalah contoh rangkaian doa yang bisa Anda panjatkan selagi menunggu waktu iqamah:

Doa Antara Adzan dan Iqomah

Setelah doa di atas selesai, maka dapat dilanjutkan dengan membaca ayat kursi. Bacaan ini menjadi sebuah pelengkap dzikir yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan. Berikut adalah isi dari surat tersebut :

Doa Antara Adzan dan Iqomah

Apabila masih ada sisa waktu menjelang iqamah, maka dapat ditambahkan doa khusus lainnya. Jika rutin dan istiqomah melakukan aktivitas ini, niscaya semua keinginan Anda akan cepat terkabul.

Keutamaan Dari Membaca Doa Antara Adzan dan Iqomah

Waktu antara adzan dan iqomah merupakan saat yang paling mustajab untuk memanjatkan doa. Oleh karena itu, seharusnya umat muslim bisa memanfaatkan momen berharga nan barokah ini sebagai ladang mencari pahala. Berikut adalah beberapa keutamaan dari aktivitas tersebut:

  1. Doa Tidak Akan Tertolak

Waktu antara adzan dan iqomah adalah saat yang barokah atau penuh kebaikan. Pada momen tersebut, Alah mencurahkan seluruh kasih sayang dan ampunan kepada hambaNya. Jadi, segala macam doa niscaya akan dikabulkan seketika itu juga.

Dalam hadits riwayat Ahmad, dikatakan bahwa doa waktu adzan dan iqomah tidak akan tertolak. Oleh karena itu, Nabi selalu menganjurkan umatnya untuk selalu berdoa dan berdiam diri selagi menunggu sholat dimulai.

  1. Memiliki Banyak Kebaikan

Pada suatu saat, Sa’ad Ad Daud ingin menanyakan sesuatu kepada Syaikh Rahimahullah selepas beliau menunaikan sholat sunnah dua rakaat di masjid. Akan tetapi, waktu itu Ibnu Baz justru menjawab sembari mengingatkannya agar berdoa di antara adzan dan iqomah.

Hal tersebut menandakan bahwa doa tersebut penuh akan kebaikan dan tidak boleh disia-siakan. Oleh karena itu, Syaikh Rahimahullah menganjurkan Sa’ad untuk menunda bertanya dan segera berdoa.

  1. Lebih Utama dari Amalan yang Dipanjatan di Tempat Lain

Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa kebanyakan orang justru lalai dan meninggalkan momen berdoa di antara adzan dan iqomah. Padahal menyibukkan diri dengan berdzikir itu hakikatnya lebih afdhol di dalam rangkaian ibadah.

Doa pada waktu tersebut lebih utama daripada yang dipanjatkan ditempat lain. Maka dari itu, sebagai umat Muslim beriman, alangkah baiknya jika selalu berusaha untuk memanfaatkan momen penuh berkah satu ini.

  1. Merupakan Salah Satu Bentuk Syukur Umat

Berdoa ketika menunggu jam waktu sholat merupakan salah satu wujud syukur karena telah diberi kesempatan untuk bisa bertemu kembali denganNya. Pada saat itu, Allah kemudian membalas ketaatan dari hamba yang beriman dengan cara mengabulkan semua permintaanNya.

Orang-orang yang menunda-nunda dan lalai menunaikan sholat akan kehilangan momen mustajab ini. Alhasil, ia akan termasuk ke dalam golongan manusia kurang bersyukur nan rugi.

  1. Menjauhkan Seseorang dari Kemalasan

Keutamaan lain dari doa ini adalah dapat menjauhkan diri dari rasa malas. Sebab dengan datang sebelum iqamah pada jam sholat, berarti bahwa orang tersebut memiliki waktu untuk berdzikir serta mengingat Allah.

Pada waktu di antara adzan dan iqomah, seseorang juga dapat memanjatkan doa khusus dengan cara memohon kepada Allah agar senantiasa dihindarkan dari nafsu yang menuntun pada kemalasan saat bekerja atau beribadah.

  1. Menghindarkan Diri dari Godaan Syetan

Ketika jam masjid telah menunjukkan waktu adzan, maka segeralah duduk tenang dan mendengarkannya. Kemudian, bacalah dzikir serta ayat kursi agar senantiasa dihindarkan Allah dari godaan syetan.

Setelah selesai memanjatkan doa tersebut, maka segeralah berdiri untuk menunaikan sholat sunnah rawatib sebagai pelengkap ibadah agar lebih afdhol.

  1. Termasuk dalam Golongan Orang Sholeh

Pada zaman nabi dahulu, setelah Bilal mengumandangkan adzan orang-orang muslimin di Madinah segera berkumpul dan berdzikir di dalam masjid. Mereka kemudian khusyuk berdoa sambil menunggu waktu iqomah tiba.

Kebiasaan berdoa di antara jeda adzan dan iqomah merupakan salah kebiasaan orang sholeh sejak zaman dahulu. Jadi, apabila seseorang rajin mengamalkannya, maka ia juga termasuk ke dalam golongan yang dirahmati oleh Allah.

Baca juga: doa keluar masuk masjid

  1. Mendapatkan Kebaikan Menunggu Waktu Sholat

Doa setelah adzan merupakan sebuah amalan kebaikan yang mulia ketika menunggu jam menunjukkan waktu mulai sholat. Penantian tersebut tidaklah berakhir dengan sia-sia, melainkan dapat mendatangkan banyak keberkahan.

Menunggu waktu sholat dengan berdoa dan berdzikir di masjid juga dapat menjauhkan manusia dari perbuatan duniawi sia-sia yang menuntun kepada keburukan.

  1. Mendapatkan Ketenangan Hati

Meluangkan waktu untuk berdzikir dan berdoa sebelum waktu iqamah tiba, dapat mendatangkan ketenangan hati di benak seseorang. Kebiasaan tersebut juga bisa menjadi sarana renungan diri di hadapan Allah yang menyejukkan kalbu.

Oleh karena itu, apabila adzan telah berkumandang maka segera tinggalkan berbagai aktivitas dan bersiaplah untuk pergi ke masjid sebelum waktu iqomah tiba. Dengan begitu, Anda memiliki waktu untuk sejenak menenangkan hati di hadapan Allah.

  1. Menjadi Lebih Dekat dengan Allah

Orang-orang yang menyempatkan diri untuk datang lebih awal dan berdoa saat jeda adzan dan iqomah, memiliki kesempatan untuk lebih dekat dengan Allah. Ia memiliki frekuensi lebih banyak untuk bisa berkomunikasi dengan penciptanya.

Orang yang dekat dengan Allah juga akan memiliki banyak keberuntungan seperti keberkahan hidup dan dijauhkan dari godaan syetan.

  1. Mendapatkan Pahal Berlipat Ganda

Menyempatkan diri untuk berdoa di antara adzan dan iqomah, tentunya akan menjadikan rangkaian ibadah lebih afdhol dan lengkap. Hal tersebut tak hanya membuat kewajiban Anda tuntas, tetapi juga bonus amalan-amalan sunnah ikut tercapai.

Ketika ibadah lebih lengkap, pastinya akan membuat pahala dari seseroang menjadi berlipat ganda. Hal ini tentunya juga akan menjadikan orang tersebut lebih dicintai oleh Allah.

  1. Mendapat Keutamaan Sholat Tepat Waktu

Apabila seseorang sempat untuk mendengarkan adzan dan membaca doa hingga menjelang iqomah, berarti ia telah datang ke masjid lebih awal. Hal tersebut, pastinya akan membuat orang itu tidak terlambat menunaikan sholat berjamaah.

Kebiasaan untuk membaca doa ini, menuntun seseorang untuk disiplin dan tepat waktu dalam beribadah. Nantinya, hal tersebut akan berbuah manis serta mendatangkan berbagai keberkahan pahala berlipat ganda.

Baca juga: agenda takmir masjid

  1. Termasuk dalam Golongan Umat Rasulullah

Salah satu ulasan  menyebutkan, orang yang rajin membaca doa di antara jeda adzan dan iqomah termasuk ke dalam golongan pengikut sunnah Rasul. Hal tersebut juga memiliki arti bahwa ia adalah kelompok hamba-hamba sholeh.

Oleh karena itu, apabila Anda ingin masuk dalam golongan orang sholeh dan mendapat syafaat dari Rasul, maka laksanakanlah amalan sunnah dengan membaca doa di antara adzan dan waktu iqomah.

Itulah kira-kira berbagai macam keutaman dari membaca doa antara adzan dan iqomah. Semoga pembaca sekalian dapat mengamalkannnya dengan baik serta termasuk ke dalam golongan orang-orang beriman.