5 Gambar Masjid Tampak Depan Paling Unik Di Indonesia

Gambar Masjid Tampak Depan

Masjid disebut sebagai tempat yang paling nyaman untuk beribadah bagi umat muslim. Biasanya masjid ini dibuat cukup luas agar dapat menampung banyak jamaah. Tak hanya itu saja, sebagian besar masjid juga didesain semenarik mungkin dengan gambar masjid tampak depan yang dibuat begitu unik. Ini dilakukan untuk membuat jamaah terpukau dan mengunjungi masjid. Penasaran? berikut adalah informasi selengkapnya:

1. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Semarang

Gambar Masjid Tampak Depan

MAJT termasuk masjid termegah di Provinsi Jawa Tengah. Letak dari MAJT berada di Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. Salah satu keunikan dari MAJT adalah terdapat payung besar yang serupa dengan payung di Masjid Nabawi. Payung tersebut biasanya akan terbuka ketika hari besar islam dan hari Jumat.

Masjid Agung Jawa Tengah mampu menampung 10 ribu jamaah sehingga tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat jika ingin sholat idul fitri di sini. Selain untuk beribadah, MAJT juga dapat digunakan sebagai sarana untuk rekreasi, belajar, dan lain-lain. Berdirinya MAJT  diresmikan langsung Bapak SBY yang menjadi pemimpin bangsa ini tahun 2006 silam.

2. Masjid Al Irsyad

Gambar Masjid Tampak Depan

Masjid ini beralamatkan di Kota Bandung, Jawa Barat. Uniknya, Masjid Al Irsyad dibuat tanpa kubah melainkan atap biasa bentuk kubus.  Di bagian dinding terdapat kaligrafi yang berbentuk 3 dimensi dengan lafadz yang membentuk 2 kalimat syahadat. Dengan keunikan yang dimilikinya, pantas jika masjid ini menerima penghargaan sebagai bangunan terindah tingkat dunia oleh NFBA.

Tak banyak yang mengetahui bahwa masjid ini sangat filosofis. Ya, masjid ini memiliki lanskap berupa garis melingkar mengelilingi masjidnya. Lanskap tersebut mengimplementasikan tawaf ketika ketika umrah atau haji.

3. Masjid Raya Sumatera Barat, Padang

Gambar Masjid Tampak Depan

Masjid cantik ini berada di daerah Padang Utara dan merupakan hasil dari arsitektur Rizal Muslimin yang telah memenangkan sayembara desain masjid. Rizal telah mengalahkan kurang lebih 323 arsitek yang berasal dari banyak negara. Keindahan dari masjid ini sudah terlihat dari gambar masjid tampak depan yang memang didesain seperti rumah adat Minang.

Di atas tanah seluas kurang lebih 4.430 meter persegi, masjid unik di Padang ini dibangun. Begitu luasnya masjid ini, sehingga dapat digunakan ibadah bagi 5.ooo jamaah. Masjid Raya Sumatera Barat dibangun mulai tahun 2007-2014. Lamanya pembangunan masjid dikarenakan sempat terjadi gempa yang mengguncang Kota Padang waktu itu, sehingga pembangunannya terhambat.

4. Masjid Cheng Ho

Gambar Masjid Tampak Depan

Surabaya merupakan kota yang memiliki masjid menyerupai klenteng. Banyak yang mengira bahwa Cheng Ho bukan merupakan masjid karena bentuknya begitu unik. Masjid ini dibangun dengan memadukan budaya Tiongkok dan Arab sebagai salah satu akulturasi budaya dan rasa toleransi.

Masjid yang dibangun pada tahun 2001 ini merupakan salah satu rasa syukur dan penghormatan dari seluruh orang islam nusantara khususnya orang Surabaya kepada Laksamana Bahariawan, orang dari negara RRC yang menjadi mualaf pada kala itu.

5. Masjid Agung Natuna

Gambar Masjid Tampak Depan

Siapa yang merasa asing dengan Taj Mahal yang ada di India. Hampir semua orang pasti mengetahuinya karena termasuk ke dalam salah satu keajaiban dunia. Sekarang, tidak perlu pergi jauh-jauh ke India untuk melihat Taj Mahal karena di Indonesia sendiri terdapat kembarannya Taj Mahal yaitu Masjid Agung Natuna.

Kelima gambar masjid tampak depan dengan bangunan unik tersebut sudah terbukti mampu memukau para jamaah sehingga kerap kali dijadikan sebagai tempat beribadah. Jika memiliki waktu luang dan budget yang lebih tidak ada salahnya mengunjungi beberapa masjid tersebut sebagai salah satu alternatif wisata religi.


Artikel ini ditulis oleh Tim Penulis Jam Masjid Digital Running Text Sintesa Digitronic yang di ambil dari berbagai sumber. Semoga memberi manfaat.

error: Content is protected !!