Latar Belakang Masjid Al-Irsyad Arsitektur Yang Elegan dan Futuristik

Masjid Al Irsyad Bandung – Nilai seni dan fisologi tinggi dimiliki oleh masjid ini, begitu juga desain yang unik tampil elegan dan terkesan futuristic merupakan gambaran dari masjid satu ini. Warga bandung dan sekitarnya menjadikan masjid ini kebanggaan yang mana mancanegara sudah mengenalnya karna fenomenalnya. Nama dari masjid ini adalah Masjid Al-Irsyad.

Masjid Al-Irsyad

Nah pada kesempatan ini mari kita akan bahas Latar Belakang Masjid Al-Irsyad Badung. Sesuai dengan judul yakni Latar Belakang Masjid Al-Irsyad Arsitektur Yang Elegan dan Futuristik. Maka simak dengan baik dan benar.

Latar Belakang Masjid Al-Irsyad

Masjid ini berdiri di lahan yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bandung Barat, Padalarang, Kota Baru Parahayang. Pada tahun 2009 masjid ini dibangun dan selesai pada 27 Agustus 2010 ( 17 Romadhon 1431H ) yang mana masjid ini juga berdiri secara resmi. Banyak warga sekitar bandung barat dan warga yang melintas di Kawasan masjid ini merasa terpukau dengan bangunannya yang menarik.

Dari jalan raya tidak jauh masjid ini bangunannya terlihat menjulang. Hadirnya bangunan masjid ini memberikan sebuah perbedaan dari masjid lainnya, berbagai penghargaan sudah pernah diraih  masjid Al-Irsyad ini. Penghargaan tersebut berupa sebagai salah satu masjid dari 5 besar “ Building of The Year 2010 “. Dipilihnya masjid al-irsyad ini pada tahun 2010 oleh National Frame Building Association.

Seperti yang kita lihat masjid ini berbentuk seperti bangunan kubah yang ada di arab Saudi.  Garis-garis hitam di seluruh bangunan masjid yang bisa kita lihat dari luar masjid merupakan dari konsep masjid ini. masjid ini juga pernah menjadi perhelatan akbar dimana masjid ini sebagai kategori arsitektur religius dan 15.000 orang arsitektur terlibat dalamp perhelatan ini.

Hal yang membanggakan lainnya dari masjid ini merupakan salah satu tempat peribadatan di luar gereja. Selain itu masjid ini juga mendapatkan sebuah perngahragaan sebagai masjid yang memiliki konsep ramah lingkungan. Penghargaan yang diberikan oleh Builing Construction Information ( BCI ) Asia dengan pengharagaan yaitu FuturArt Greem Leadership Award 2011.

PT Belaputra Intiland merupakan pengembang yang mana membangun masjid ini di Kawasan kota baru Perahayang, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: masjid Trans Studio Bandung

Masjid Al-Irsyad

Arsitektur Masjid Al-Irsyad

Artsiektur dari masjid ini sudah tidak asing lagi yaitu Ridwan Kamil. Masjid yang desiannya mirip dengan Kakbah dengan warna dasar abu-abu. Mengagumkan lagi tatanan batu bata yang solid dengan bentuk lubah atau celah. Dana yang digunakan untuk membangun masjid ini adalah Rp. 7 Milliar masjid yang desain masjid yang unik dan memanfaatkan sinar matahari.

Bagian masjid yang tidak berdiding ketika senja sinar nya akan masuk dan pemandangan alam akan terlihat saat mengarah ke kiblat masjid. Tulisan kaligrafi arab menghiasi masjid ini dengan jenis tulisan Khat Kufi. Tulisan tersebut “ Laailaha Ilallah Muhammad Rasulullah “ yakni dua kalimat tauhid  yang artinya “ Tiada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah “.

Kalimat tersebut merupakan sebuah desain 3 Dimensi raksasa dengan susunan batu bata dari tiga sisi bangunan. Masjid ini ada 3 jenis warna yaiitu abu-abu, putih dan hitam dan luas 1.871 meter persegi. Dengan 3 warna tersebut mata enak memandang dan menjadikan masjid tampil modern, cantik dan tetap elegan.

Ketika sholat 1.500 jamaah dapat ditampung oleh masjid ini. ketika memasuki masjid ini anda tidak akan melihat tiang dibagian tengah masjid. Dimana tiang tersebut berguna untuk menopang atap masjid. Tetapi digantikan dengan empat tiang dibagian sisi dinging. Sehingga mata bagian dalam masjid terlihat luas.

Demikian artikel tentang Latar Belakang Masjid Al-Irsyad Arsitektur Yang Elegan dan Futuristik semoga memberikan sebuah gambaran dan penasaran anda untuk berkunjung ke masjid al-irsyad ini. Lokasi masjid al-irsyad sangatlah mudah untuk ditemukan karna tidak jauh dari jalan raya. Sekian dan terima kasih

error: Content is protected !!