Sahabat Nabi Yang Diperintahkan Adzan Pertama Kali Adalah Bilal Bin Rabah, Ini Ulasannya

Sahabat Nabi Yang Diperintahkan Adzan Pertama Kali Adalah

Sahabat nabi yang di perintahkan adzan pertama kali adalah Bilal bin Rabah, budak berkulit hitam yang dibebaskan dari majikannya, Umayyah. Bilal adalah salah satu nama paling termasyhur dalam sejarah Islam.

Seorang budak Negro yang berasal dari Habasha, Bilal adalah kisah nyata tentang penghormatan Islam terhadap kesetaraan manusia, anti-rasisme dan kesetaraan sosial. Berikut adalah biografi singkat mengenai Bilal bin Rabah.

1. Silsilah dan Kehidupan Awal

Ayah Bilal adalah seorang Arab dan ibunya adalah seorang Abyssinian (Ethiopia Modern). Nama ayahnya adalah Ribah dan nama ibunya adalah Hamama. Menurut sejarawan Islam yang berbeda, Bilal memiliki kulit coklat tua dengan tubuh tinggi ramping dan rambut tebal.

Dia memiliki seorang saudara Muslim bernama Khalid dan seorang saudara perempuan bernama Aqra. Menurut beberapa ulama, Bilal lahir 53 tahun sebelum Hijrah (570 M) namun menurut sebagian lainnya, ia lahir sekitar 43 tahun sebelum Hijriah (580 M).

Bilal adalah milik dari kepala Suku Banu Jumah. Sebelum masuk Islam, suku Jumah dianggap ahli seni ramal tapak tangan. Orang tua Bilal adalah budak dan budak memiliki status terendah di masyarakat karena mereka harus mematuhi semua perintah yang diberikan oleh tuannya. Bilal lahir sebagai budak dan majikannya adalah Umayyah ibn Khalaf yang merupakan kepala Bani Jumah.

2. Penerimaan Bilal Terhadap Islam

Bahkan sebelum wahyu Islam, Bilal memiliki kebencian alami terhadap adat istiadat dan praktik orang kafir. Dirinya menganggap bahwa berhala yang notabene patung tidak bisa memberikan apa-apa.

Daftar Isi

error: Content is protected !!