5 Inspirasi Model Tempat Wudhu Masjid Unik dan Kekinian

Model Tempat Wudhu

Keberadaan masjid memang tidak bisa dipisahkan dengan tempat wudhu. Tempat untuk mensucikan diri ketika jam sholat telah tiba sebelum melakukan ibadah sholat. Memperhitungkan itu semua tidak jarang membuat banyak orang kebingungan untuk mencari model tempat wudhu masjid dengan desain senada.

Seiring perkembangan zaman kini banyak arsitek yang merancang model-model tempat wudhu unik dan kekinian bisa dijadikan referensi. Beberapa model tempat wudhu tersebut diantaranya seperti berikut:

1. Minimalis

Model Tempat Wudhu

Jika masjid dibangun dengan konsep minimalis ada baiknya apabila tempat wudhunya juga mengadopsi model serupa yaitu minimalis modern. Model tempat wudhu masjid minimalis modern seperti ini identik dengan ukuran yang tidak begitu besar dan luas.

Biasanya para arsitek akan menggunakan permainan dinding dengan menggunakan model 3 agar terkesan lebih unik dan menarik. Penggunaan material keramik di area dinding juga sangat tepat dilakukan karena hal tersebut dapat menambah kesan klasik di area tempat wudhu.

2. Modern

Model Tempat Wudhu

Tempat wudhu berkonsep modern kini juga tengah naik daun dan menjadi favorit sebagian besar orang. Model seperti ini sangat cocok dipadukan dengan masjid yang megah dan memiliki lahan cukup luas untuk dijadikan tempat wudhu.

Konsep tempat wudhu modern ini biasanya identik dengan desain simpel namun lebih menonjolkan permainan cahaya lampu. Konsep modern ini juga menonjolkan penggunaan keramik bertekstur di area lantai dan dinding. Umumnya keramik tersebut menggunakan tone netral seperti warna cream. Alasannya karena keramik berwarna cream terlihat sangat cantik dan elegan.

3. Outdoor

Model Tempat Wudhu

Bosan dengan model tempat wudhu yang di dalam ruangan? Jika mengalami hal seperti itu tidak ada salahnya apabila membuat tempat wudhu dengan model outdoor. Desain tempat wudhu seperti ini bisa diaplikasikan jika area di sekitar masjid memiliki lahan cukup luas dan jaraknya tidak terlalu jauh.

Tidak jarang arsitek menggunakan permainan model tugu besar sebagai tempat untuk melekatkan pancuran. Penggunaan tugu besar tersebut secara tidak langsung digunakan sebagai simbol area tempat wudhu. Biasanya tempat wudhu model outdoor ini menggunakan keramik dengan tone bebatuan untuk menambah nilai artistik sehingga terlihat lebih unik dan menarik.

4. Rustic

Model Tempat Wudhu

Rustic bisa menjadi salah satu inspirasi jika bosan dengan model tempat wudhu yang terkesan monoton dan biasa saja. Kesan alami yang melekat pada konsep rustic ini bisa membuat suasana tempat wudhu terasa lebih menarik dan kekinian.

Tempat wudhu model rustic ini memiliki ciri-ciri khusus yaitu menggunakan lantai bisa berupa keramik dengan tone kayu. Selain itu juga bisa menggunakan material batuan sebagai lantai atau ornamen dinding untuk menghadirkan kesan alami. Pertimbangan lainnya penggunaan batu di area lantai supaya tidak terlalu licin.

Baca juga: bagian masjid dan fungsinya

5. Lorong

Model Tempat Wudhu

Kesulitan mencari model tempat wudhu karena keterbatasan lahan di area masjid? Maka tempat wudhu model lorong bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Hal itu karena model tempat wudhu seperti ini tidak membutuhkan lahan cukup luas dengan model memanjang seperti lorong untuk menuju ke dalam masjid.

Konsep tempat wudhu model lorong ini akan terlihat lebih hidup dan menarik dengan menambahkan ornamen berbau alam contohnya seperti kerikil atau rumput sintetis. Penempatan batu-batu kecil atau kerikil di area kucuran air tersebut tidak hanya sebagai aksesoris saja. Melainkan memiliki fungsi utama untuk mencegah percikan air tidak berhamburan kemana-mana.

Demikian sekilas informasi mengenai beberapa model tempat wudhu dengan berbagai konsep. Semoga ulasan singkat seputar model tempat wudhu masjid di atas dapat menjadi sumber referensi. Terutama bagi arsitektur atau orang-orang yang sedang bingung mencari inspirasi. Apabila bingung, maka konsultasikan pada arsitektur yang sudah ahli.

error: Content is protected !!