5 Fakta Sejarah Masjid Agung Banten ini Wajib Diketahui

Sejarah Masjid Agung Banten

Masyarakat Banten pasti tidak asing bila mendengar nama Masjid Agung Banten. Ada Banyak fakta sejarah masjid Agung Banten yang mungkin belum diketahui khalayak ramai. Masjid Agung Banten berlokasi di Kota Banten Lama, persisnya di Kecamatan Kasemen, 10 km di sebelah utara Kota Serang, Banten.

Kota Banten memang cukup dikenal karena banyaknya tempat wisata budaya dan religi yang bisa didatangi. Biasanya turis atau pelancong datang karena penasaran terhadap tempat wisata unik di Banten. Masjid Agung adalah salah satu lokasi yang kerap menjadi tujuan wisata di Banten. Berikut 5 fakta Masjid Agung Banten yang wajib diketahui:

1. Masjid Tertua di Indonesia

Sejarah Masjid Agung Banten

Masjid ini dapat dikatakan sebagai masjid paling tua yang tercatat dalam sejarah Indonesia. Dibangun sejak zaman pemerintahan putra Sunan Gunung Jati, yaitu Sultan Maulana Hasanuddin, masjid ini kini dijadikan situs bersejarah di kesultanan Banten. Sultan Maulana Hasanuddin mulai mendirikan tempat pada ini tahun 966 Hijriah atau 1566 Masehi.

Ide mendirikan masjid ini tercetus sebab pendirinya ingin membuat pondasi kuat pada penyebaran agama Islam di Kota Banten. Pada zaman itu, kebanyakan penduduk Banten beragama Hindu. Jadi, mulailah dibuat sebuah masjid yang dijadikan cikal bakal pesatnya perkembangan budaya Islam di Banten.

Sejarah Masjid Agung Banten

2. Gaya Arsitektur

Gaya arsitektur masuk ke dalam fakta sejarah masjid Agung Banten yang harus diketahui orang-orang. Hal ini karena masjid Agung Banten mempunyai bentuk fisik yang sangat berbeda. Terbilang unik disebabkan arsitektur bangunan ini mempunyai paduan sentuhan dari tiga kebudayaan yang berbeda, yaitu budaya Tiongkok, Jawa dan Eropa.

Contoh sentuhan khas Tiongkok yang diwujudkan ketika membangung masjid ini yaitu bentuk atapnya. Bentuk bagian atap masjid ini dibuat bertumpuk-tumpuk sedemikian rupa hingga berbentuk seperti pagoda Tiongkok. Di bagian utara bangunan, ada pula tempat khusus yang dibuat untuk menjadi pelengkap.

Sejarah Masjid Agung Banten

3. Adanya Menara Mercusuar

Masjid dengan luas bangunan 1,3 hektar dan mempunyai tembok raksasa seluas 2 hektar ini menyimpan banyak sekali fakta menarik. Fakta unik sejarah masjid Agung Banten ini diantaranya bentuk bagian atas bangunan yang tidak menyerupai masjid kebanyakan.

Masjid ini memang mempunyai bagian atas seperti kubah, namun yang disorot kali ini adalah bagian atas yang lebih menyerupai mercusuar. Masjid ini mempunyai sebuah Menara super tinggi yang memiliki total 83 anak tangga dan hanya bisa dilewati oleh satu orang saking sempitnya.

Sejarah Masjid Agung Banten

4. Filosofi

Pada saat pembangunannya, masjid ini tidak sembarang bangun. Banyak filosofi sarat arti diselipkan pada proses pembuatannya. Salah satunya adalah total pintu masjid yang berjumlah 6 pintu. Hal ini melambangkan rukun iman. Tiang masjid yang memiliki total 24 buah juga memiliki filosofi tersendiri, yaitu melambangkan waktu dalam satu hari dengan waktu 24 jam.

Lihat juga: produsen jam masjid digital

5. Menjadi Tempat Wisata Religi

Masjid dengan banyak sejarah ini membuat masjid Agung Banten sebagai salah satu tempat wisata religi terkenal di Banten. Beragam pengunjung dari beragam daerah di Indonesia mampir ke Banten dan mendatangi masjid ini. Akses menuju lokasi juga cukup mudah, hanya 10 km dari Kota Serang dan dapat ditempuh dengan kendaraan.

Itulah 5 fakta menarik terkait sejarah masjid Agung Banten yang wajib diketahui jika ingin berkunjung ke tempat ini. Apabila berkunjung ke Banten, Masjid Agung Banten ini wajib dipertimbangkan sebagai salah satu lokasi untuk dikunjungi. Selain wisata religi, tentunya banyak tujuan wisata menarik lain bisa dipertimbangkan sekaligus mengunjungi lokasi ini

error: Content is protected !!