5 Fakta Sejarah Masjid Agung Banten ini Wajib Diketahui

Sejarah Masjid Agung Banten

Masyarakat Banten pasti tidak asing bila mendengar nama Masjid Agung Banten. Ada Banyak fakta sejarah masjid Agung Banten yang mungkin belum diketahui khalayak ramai. Masjid Agung Banten berlokasi di Kota Banten Lama, persisnya di Kecamatan Kasemen, 10 km di sebelah utara Kota Serang, Banten.

Kota Banten memang cukup dikenal karena banyaknya tempat wisata budaya dan religi yang bisa didatangi. Biasanya turis atau pelancong datang karena penasaran terhadap tempat wisata unik di Banten.

Profil Masjid Agung Banten

Nama MasjidMasjid Agung Banten
AlamatJL. Raya Banten Lama, Desa.Banten, Kec. Kasemen Kota. Serang, Banten
Tahun Dibangun1566
Luas Tanah20.000 m2
Luas Bangunan1.368 m2
Daya Tampung Jamaah2.000 Jamaah
Buka24 Jam

Masjid Agung adalah salah satu lokasi yang kerap menjadi tujuan wisata di Banten. Berikut 5 fakta Masjid Agung Banten yang wajib diketahui:

1. Masjid Tertua di Indonesia

Sejarah Masjid Agung Banten

Masjid ini dapat dikatakan sebagai masjid paling tua peninggalan kerajaan islam di Indonesia yang tercatat dalam sejarah Indonesia. Dibangun sejak zaman pemerintahan putra Sunan Gunung Jati, yaitu Sultan Maulana Hasanuddin, masjid ini kini dijadikan situs bersejarah di kesultanan Banten. Sultan Maulana Hasanuddin mulai mendirikan tempat pada ini tahun 966 Hijriah atau 1566 Masehi.

Daftar Isi

error: Content is protected !!