5 Contoh Kop Surat DKM Masjid Untuk Dijadikan Referensi

Kop surat adalah bagian penting dalam surat resmi. Fungsinya yang bersifat menjelaskan lembaga pengirim surat secara singkat dan padat akan membantu penerima dalam mengetahui pengirim. Hal ini juga berlaku dalam kop surat pada DKM di Masjid.

kop surat DKM Masjid

DKM atau Dewan Kemakmuran Masjid sendiri dapat diibaratkan sebagai Jamaah yang bertugas dalam pengelolaan aktivitas Masjid. Organisasi ini akan menjadi sangat penting dalam pengelolaan kegiatan Masjid.  Lalu bagaimana contoh kop surat DKM Masjid? Samakah seperti kop pada surat resmi umumnya? Berikut 5 rekomendasi kop surat masjid yang bisa dijadikan referensi:

1. Masjid Jami’ Darussalam Kelurahan Cibodas

kop surat DKM Masjid

Contoh kop surat DKM Masjid yang bisa dijadikan referensi dalam pembuatan kop surat resmi untuk kegiatan Masjid adalah Kop surat dari Masjid Jami’ Darussalam Cibodas. Mengusung dominasi tema hijau sebagai warna font dan juga logo masjid disebelah kiri.

Kop surat ini juga telah menyertakan keterangan alamat lengkap pada bagian bawah sebelum line pembatas antara kop surat dan juga badan surat. Berikut adalah contohnya :

Masjid Jami’ Darussalam RW. 05

Kelurahan Cibodas Baru – Kecamatan Cibodas

Sekretariat : Jalan Pelabuhan Ratu IV No. 41 RW. 15 Kelurahan Cibodas, Kecamatan Cibodas Kota Tangerang 15138

Telp : 0812 08541 352 Bank Mandiri No. Rek : 155.00.1021953.5 an Syaiful Hidayat Email : darussalamrw15@gmail.com

2. Kop Surat DKM Al-Barokah Cikandang

kop surat DKM Masjid

Kop surat selanjutnya adalah kop surat milik DKM Al-Barokah Cikarang. Menggunakan tone warna hitam sebagai warna font. Sedangkan pada penyertaan keterangan alamat pada kop dapat dibilang tidak sepadat kop surat Masjid Jami’ Darussalam Cibodas. Sebagai batas kepala surat dengan badan surat, dua garis lurus disusun sejajar horizontal dengan ukuran berbeda.

Dewan Kemakmuran Masjid

(DKM Al-Barokah)

Alamat : Kp Cikandang RT.02 RW. 06 Cileunyi Kulon Kec. Cileunyi Kab. Bandung

3. Kop Surat Al-Hidayah Bedahan Sawangan Depok

kop surat DKM Masjid

Font simple warna hitam adalah warna dasar yang dipilih pada kop surat ini. Selain itu pada bagian kiri juga akan disertakan desain logo Masjid yang tampak cantik dan tertulis ‘Hidayah’ pada bagian tengah Masjid.

Sedangkan untuk penulisan alamat, pada kop surat ini juga terbilang cukup padat dan lengkap. Bahkan akan ditemukan alamat email sebagai penyerta keterangan pada bagian kanan bawah di kop pada surat sebelum menyentuh garis batas.

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM)

Al-Hidayah Bedahan

Kecamatan Sawangan Depok

Sekretariat : Jln. Masjid Al-Hidayat RT.04/03 Bedahan Sawangan

e-mail : dkmalhidayahbedahan@gmail.com Blog :rw03bedahan.wordpress.com

4. Kop Surat An-Nur Lovina Village Desa Kemlaka Gede

kop surat DKM Masjid

Apabila ketiga kop surat di atas menggunakan logo Masjid, maka berbeda dengan kop satu ini. Mengusung warna hitam supaya selaras dengan isi pada badan surat, kop milik An-Nur Lovina Village tidak menyertakan logo pada kop. Sedangkan penyertaan alamat hanya berisi Desa, Kecamatan serta Kabupaten.

Dewan Kemakmuran Musholla (DKM)

An-Nur Lovina Village

Desa Kemlakagede Kecamatan Tengah Tani Kabupaten Cirebon

Baca juga: susunan acara peresmian masjid

5. Kop Surat Masjid Jami’ Nurul Fajri

kop surat DKM Masjid

Rekomendasi terakhir yang menjadi contoh kop surat DKM Masjid yaitu kop surat milik Masjid Jami’ Nurul Fajri. Kop surat ini menuliskan nama Masjid secara jelas menggunakan ukuran font lebih mendominasi.

Selain itu kop ini juga didominasi dengan warna hijau baik pada font maupun pada logo di sebelah kiri. Sedangkan untuk penyertaan alamat, kop ini tertera dengan lengkap meskipun tanpa alamat email bahkan website.

Masjid Jami’ Nurul Fajri

Sekretariat : Jl. Masjid Nurul Fajri RT.006 / 03 Kel. Pondok Jaya

Kec. Pondok Aren Kota Tangerang Selatan Telp : (021) 73448306 – 087886205567 – (021) 95778265

Berikut tadi adalah 5 contoh kop surat DKM Masjid yang dapat dijadikan referensi. Dalam pembuatan kop surat memanglah harus diperhatikan betul susunan mulai dari nama masjid, alamat dan logo yang disematkan. Kop surat akan berfungsi sebagai ‘penerjemah’ Jati diri Masjid bagi penerima surat.


Artikel ini ditulis oleh Tim Penulis Jam Digital Masjid  Running Text Sintesa Digitronic yang di ambil dari berbagai sumber. Semoga memberi inspirasi.

error: Content is protected !!