Sejarah dan Latar Belakang Pembangunan Masjid Trans Studio Bandung

masjid trans studio bandung

Hai sahabat muslim di seluruh Indonesia, semoga kita selalu diberikan Kesehatan dan rahmat Allah SWT. Kali ini kita akan membahas rumah allah yang begitu indah, yaitu Masjid Trans Studio Bandung. Apakah sahabat semua nya sudah tau tentang Masjid Trans Studio Bandung ini…? Atau malah sudah pernah berkunjung di Masjid yang begitu indah ini. Jika sahabat semua belum tau, mari kita simak artikel ini.

Latar Belakang

Di zaman yang begitu modern ini umat muslim saat ini mempu melakasanakan dalam masalah ekonomi. Apalagi sering kali kalangan Ibu-ibu /muslim ah yang berkunjung ke mall menjadi tolak ukur bahwa mereka masih mampu berpakaian Syar’i dan tetap Fashionable. Pak Chairul Tanjung memberikan sebuah Inisiatif guna untuk membangun sarana peribadatan.

Peribadataan tersebut bertujuan untuk memperhatikan masalah dalam beribadah dikawasan perbelanjaan, yakni pengunjung masyarakat menengah keatas. Maka mengapa ada masjid yang dibangun di dalam pusat perbelajaan. Bapak Chairul tanjung membangun masjid ini didesikasikan kepada Ibunda beliau, yang dimana anaknya sudah sukses berbisnis.

Bisnis yang dilaksanakan oleh Pak Chairul tanjung seperti Perhotelan, Televisi Swasta, pusat perbelanjaan dan lainnya. Ketika itu ibunda tidak merasa anaknya sukses dalam berbisnis jika kesuksesaan itu tidak ada masjid yang anaknya bangun. Sekitar 2 tahun waktu yang dibutuhkan untuk membangun masjid ini.

Pada bulan November tahun 2014 lalu masjid ini mulai digunakan pengunjung Trans Studio. Untuk sholat di masjid Trans Studio ini awalnya hanya ada 4 waktu jam sholat saja yakni Dzuhur, Azhar, Magrib dan Isya, namun beberapa tahun kemudian yaitu bulan April tahun 2015 mulailah masjid ini membuka 5 waktu shalat yakni Subuh, Dzuhur, Azhar, Magrib dan Isya.

Lihat juga: masjid kubah emas Dian Al Mahri

Arsitektur Masjid

Biaya yang digunakan untuk membangin masjid ini yaitu sekitar 60 Miliar dan belum termasuk tanah. Nama masjid ini diresmikan dengan tema yakni Masjid Nabawi, dengan nama “ Masjid Agung Trans Studio Bandung “ karena semua pilah yang ada di masjid ini sama persis dengan yang ada di Masjid Nabawi Madinah. Apalagi dengan ditambah adanya penggalan dari ayat suci Alqur’an dan juga tulisan kaligrafi yakni asma allah, menyita perhatian pengunjung pusat perbelajaan tersebut.

Dan uniknya lagi satu kubah di antara lima kubah lainnya dilapisi dengan emas, dan kemudian di timpa dengan bahan yang lainnya untuk memberikan sebuah kesan asli pada emas tersebut.  Berbagai suasana yang ada di masjid Nabawi pun ada di Masjid Trans Studio ini seperti Ornamen pada jendela didominasi dengan warna emas dan bercorak belang hitam putih.

Jumlah jamaah yang dapat ditampung masjid ini adalah sekitar 2.500 jamaah, yakni dari lantai utama hingga lantai dua. Di ruangan bawah ada ruangan Ballroom yang sering digunakan untuk acara seperti Walimah Urusy, Rapat dan masih banyak perayaan yang lainnya.

Lihat juga: masjid islamic center Samarinda termegah

Tamu Yang Mengisi Kajian Di Masjid Trans Studio

Begitu banyak tamu istimewa yang sudah berkunjung di Masjid ini. Tamu istimewa tersebut adalah Imam Beasr Masjidil Harom yakni Syekh Adil Alkalbani dan Muadzin dari Masjidil Harom, dan juga tamu asal palestina pernah mengisis salah satu kajian. Tamu yang lainnya ialah seperti Aa Gym, Mamah Dedeh, Syekh Ali Jeber dan Ustadz Wijayanto. Dan juga tokoh masyarakat Jawa Barat Periode 2009-2019 yakni Ridwan Kamil dan juga istri.

Gubernur Jawa Barat 2009-2019 Ahmad Heryawan dan juga istri. Selain itu ada juga yakni Indadari, Ummi Pipik Dia Irawati, dan juga Peggy Melati Sukma.

Nah sahabat sekalian artikel yang membahas tentang Masjid Trans Studio. Semoga artikel dapat bermanfaat dengan baik dan memberikan sebuah Inspirasi untuk kita semua dalam selalu Betawaqal kepada Allah SWT. Ammiinnn.