Begini Filosofi Warna Granit Dinding Masjid, Ternyata Ada Alasannya

Warna Granit Dinding Masjid,

Warna granit dinding masjid saat ini semakin beragam. Dengan bulan Ramadhan yang telah memasuki pertengahan minggu, masjid menjadi salah satu tempat yang banyak didatangi. Ada nuansa berbeda ketika beribadah langsung di tempat peribadatan. Walau semakin banyak orang mengunjungi masjid, namun protokol kesehatan tetap diberlakukan sesuai ketetapan pemerintah.

Masjid sebagai tempat ibadah umat Islam menyimpan sejuta cerita. Hal itu nampak dari keindahan masjid yang menampakkan ciri khas masing-masing. Saat ini semakin banyak masjid yang menampilkan gaya seninya sendiri, salah satunya dengan pemilihan warna granit pada dinding. Dinding merupakan hal yang paling terlihat mata ketika memasuki masjid. Berikut daftar warna yang cocok untuk masjid:

1. Warna Coklat Muda

Warna Granit Dinding Masjid,

Coklat muda adalah pilihan yang banyak digunakan sebagai warna dinding masjid. Selain mudah ditemukan juga nampak indah dan tidak neko-neko. Coklat sendiri memiliki makna akan keandalan. Warnanya yang nampak organik juga melambangkan kehangatan, kejujuran, membumi, namun tahan lama.

2. Warna Putih

Warna Granit Dinding Masjid,

Putih sangat sesuai digunakan sebagai warna granit dinding masjid. Putih melambangkan suci, sama seperti bendera Indonesia. Selain itu putih juga bermakna murni, kebersihan dan kesederhanaan. Dalam bangunan minimalis warna putih sering digunakan untuk menampilkan kesan sederhana namun tetap sesuai fungsinya. Filosofi tersebut juga menggambarkan sebagaimana mestinya manusia bersikap.

3. Warna Abu Kecoklatan

Warna Granit Dinding Masjid,

Abu kecoklatan membuat penampilan masjid terlihat lebih unik. Gradasi dua warna yang melambangkan kenetralan dan kehangatan ini membuat masjid nampak lebih membumi. Kesannya akrab dengan kehidupan sehari-hari dan juga teduh. Sesuai dengan maknanya, masjid merupakan tempat bagi umat Islam untuk meneduhkan hati.

4. Warna Abu-abu

Warna Granit Dinding Masjid,

Abu-abu melambangkan kenetralan. Filosofi yang satu ini sangat pas digunakan dalam dunia yang penuh penghakiman sehingga sulit untuk jernih melihat situasi sebagaimana adanya. Warna yang tidak mencolok mata ini cukup sering digunakan di masjid, tidak jarang juga dipadukan dengan warna netral lainnya.

5. Warna Biru

Warna Granit Dinding Masjid,

Biru mungkin bukan pilihan yang sering digunakan pada masjid, karena kesan yang timbul dari warna ini biasanya mengingatkan orang pada langit serta lautan. Namun nyatanya ada masjid yang menggunakan biru pada dinding granitnya dan nampak estetik. Biru memiliki makna yang sarat akan ketenangan, memberi kedamaian, serta dapat dipercaya. Biru juga memberi efek menenangkan di mata.

6. Warna Hijau

Warna Granit Dinding Masjid,

Hijau juga warna yang identik dengan umat muslim, sehingga banyak digunakan sebagai warna granit dinding masjid. Hijau sendiri bermakna alami, bernuansa lingkungan yang bertumbuh. Filosofi ini menggambarkan manusia sebagai makhluk yang senantiasa berkembang dalam berbagai aspek kehidupannya.

7. Warna Krim

Warna Granit Dinding Masjid,

Warna krim yang sering disebut juga dengan krem sebenarnya merupakan kuning pastel. Nuansa yang relatif netral ini cukup mudah ditemukan sebagai warna granit dinding masjid. Meski netral namun tetap tampak elegan dengan menggunakan batu granit sebagai dasarnya.

Lihat juga: warna cat masjid yang bagus

8. Warna Hitam

Warna Granit Dinding Masjid,

Hitam identik dengan kesan misterius, dingin, bahkan mengerikan seperti halnya iblis. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Hitam memiliki makna yang bagus terkait ketegasan, eksklusif, sederhana namun tidak dapat diremehkan. Warna hitam granit sangat cantik digunakan pada masjid. Hitamnya pun tersedia dalam berbagai gradasi sehingga dapat disesuaikan dengan desain masjidnya.

Tidak ada warna khusus yang diharuskan untuk dinding masjid. Meski demikian, warna menjadi salah satu hal yang menimbulkan efek tertentu pada kondisi psikologis seseorang baik disadari maupun tidak. Warna granit dinding masjid biasanya berusaha memberikan efek menenangkan, kemurnian, serta sederhana dan membumi sehingga jamaah merasa lebih tenang dan hangat.


Artikel ini ditulis oleh Tim Penulis Jam Masjid Digital Running Text Sintesa Digitronic yang di ambil dari berbagai sumber. Semoga memberi inspirasi.

error: Content is protected !!