Warna Cat Masjid yang Bagus, Membuat Ibadah Semakin Nyaman

Warna Cat Masjid yang Bagus

Masjid merupakan tempat ibadah umat muslim yang tentunya sudah tidak asing lagi. Ada banyak masjid yang bertebaran mengingat jumlah penduduk muslim yang banyak. Sebagai orang yang akan beribadah, tampilan masjid tak kalah penting karena bisa menarik dimasuki. Warna cat masjid yang bagus adalah salah satu penunjang menariknya sebuah masjid.

Tidak hanya mempercantik, cat warna pada masjid juga bisa membuat kesan tersendiri. Ada warna yang memberi kesan teduh, ada juga yang memberi kesan bersemangat. Jadi tidak heran jika banyak orang akan mengagumi masjid jika warnanya juga menarik. Berikut warna cat yang cocok untuk masjid:

1. Warna Putih yang Dominan

Warna Cat Masjid yang Bagus

Sudah umum jika warna putih menjadi pilihan untuk sebuah masjid. Arti putih sendiri adalah kebersihan dan kesucian, jadi banyak yang memilih warna ini. Selain itu, warna putih bisa dikombinasikan dengan berbagai aksesoris yang memiliki warna lain. Tidak perlu bingung memadukan warna jika masjid dicat dominan putih.

Warna putih sendiri memiliki banyak jenis, ada putih mengkilap, putih salju, dan yang lainnya. Tergantung pemilihan warna putih seperti apa yang diinginkan. Semua jenis warna putih ini akan memberikan kesan luas pada bangunan masjid.

2. Pilih Warna Hijau yang Sejuk

Warna Cat Masjid yang Bagus

Warna hijau banyak dipilih untuk menyempurnakan warna masjid karena bisa menimbulkan kesan asri dan sejuk. Biasanya, warna masjid yang dominan hijau bisa membuat betah berada di dalamnya. Seakan-akan berada di antara pohon jika dikelilingi dinding yang hijau. Warna hijau bisa menjadi pilihan tepat jika kebingungan mencari warna untuk masjid.

3. Abu-Abu untuk Masjid Modern

Warna Cat Masjid yang Bagus

Jika memilih konsep modern, abu-abu cocok menjadi pilihan utama. Selain itu, warna abu-abu biasanya melambangkan kesan industrialis pada bangunan. Bagi orang yang menyukai konsep simpel, warna ini adalah warna yang tepat. Pemilihan warna abu-abu bukan tanpa alasan, kesan kekinian juga akan timbul sehingga banyak orang yang akan tertarik memasukinya.

Bisa dibilang, warna abu-abu adalah warna cat masjid yang bagus dan sangat tepat untuk digunakan. Sekarang, banyak yang menggunakan warna ini karena berbagai kelebihan tersebut. Abu-abu adalah warna yang terbilang netral, karena tidak gelap dan tidak terlalu putih. Jadi sangat cocok untuk digunakan pada dinding masjid.

4. Kuning

Warna Cat Masjid yang Bagus

Warna kuning sebenarnya termasuk dalam warna cerah yang bisa menarik perhatian. Memang terkesan mencolok, tapi tidak ada salahnya untuk digunakan dalam pewarnaan masjid. Banyak masjid yang telah menggunakan warna ini sebagai yang dominan. Warna kuning juga bisa dikombinasikan dengan berbagai warna yang menarik seperti cokelat dan hijau.

Berbagai pilihan tersedia jika menyangkut warna kuning, ada kuning muda, kuning pekat, kuning lemon, atau ada juga kuning emas. Semua pilihan warna ini juga bisa dikombinasikan menyesuaikan keinginan. Tentu penggunaan warna kuning ini bisa sangat menarik karena masjid akan terlihat lebih cantik.

Baca juga: warna masjid minimalis

5. Kombinasi Hitam Putih atau Monokrom

Warna Cat Masjid yang Bagus

Warna kombinasi paling tepat untuk sebuah masjid adalah monokrom atau perpaduan hitam dan putih. Warna ini akan membuat masjid terlihat elegan dan berkelas. Kesan bersih yang dipadukan dengan hitam pekat bisa membuat nyaman dan betah beribadah. Jika menggunakan kombinasi warna ini, akan mudah untuk menambah benda dengan berbagai warna.

6. Biru

Warna Cat Masjid yang Bagus

Pernahkah mendengar atau mengetahui Masjid Sultan Ahmad yang ada di Turki? Masjid yang terkenal dengan sebutan Masjid biru ini tampil dengan dominasi ornamen berwarna biru. Mulai dari ubin hingga desain interior lainnya.

Terinspirasi dari Masjid Sultan Ahmed tersebut kini biru banyak dipilih untuk musholla atau masjid. Alasan lain warna ini menjadi pilihan untuk tempat ibadah karena tone biru memberikan kesan sejuk dan tenteram sehingga dapat menambah kekhusyukan ketika beribadah.

7. Ungu

Warna Cat Masjid yang Bagus

Bingung memilih warna yang bagus untuk desain interior masjid? Ungu bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, secara psikologis warna ungu dapat memberikan kesan dingin. Sama halnya dengan hijau dan biru, kesan dingin pada ruangan masjid bisa menambah kekhusyukan dan konsentrasi seseorang ketika beribadah. Padukan dengan oramen di dalamnya dengan warna ungu juga agar selaras seperti jam masjid digital running text dengan background warna ungu.

Bukan hanya itu saja, warna ungu tersebut juga dapat menambah nilai desain interior sehingga tampak lebih megah dan elegan. Umumnya untuk menambah kesan mewah, banyak arsitek yang memadukan warna ungu tersebut dengan gold atau perpaduan ungu muda dan ungu tua.

8. Merah Muda

Warna Cat Masjid yang Bagus

Terinspirasi dari Masjid Taj-ul di India yang terkenal dengan desain interior megahnya berdominasi warna merah muda. Kini warna tersebut banyak dipilih oleh arsitektur untuk mewarnai masjid-masjid besar di beberapa daerah seperti Masjid Nasir Al Mulk Iran, Masjid Putra Malaysia, Masjid Dimaukom Filipina dan Masjid Raya An-Nur Indonesia.

Warna merah muda memang sangat lekat dengan kesan feminin. Meskipun demikian warna merah muda ini cukup bagus dan menarik jika diaplikasikan untuk desain interior masjid. Pasalnya, kesan gembira yang melekat pada warna merah muda ini secara psikologis dapat mempengaruhi mood atau perasaan seseorang ketika beribadah.

Daftar di atas merupakan beberapa warna cat masjid yang bagus untuk digunakan. Sebenarnya warna apa pun bagus asal dengan penerapan yang tepat. Namun, tidak ada salahnya mencoba warna-warna di atas untuk menampilkan berbagai kesan. Jangan lupa memilih produk cat yang tepat sebelum mengecat masjid agar tampilan lebih menarik.

error: Content is protected !!