6 Tips Cara Mewarnai Masjid dengan Crayon Agar Lebih Menarik Untuk Anak-Anak

Cara Mewarnai Masjid dengan Crayon

Mewarnai identik dengan kegiatan yang sering dilakukan anak-anak. Tidak jarang pada bulan Ramadhan seperti saat ini banyak diadakan lomba atau tugas baik itu mewarnai atau menggambar masjid sekaligus. Buat para orang tua yang sedang menemani tumbuh kembang anak, berikut ini ada  6 tips cara mewarnai masjid dengan crayon agar hasilnya lebih menarik:

1. Mewarnai Gambar Masjid yang Berpola Besar dan Sederhana

Salah satu yang perlu diperhatikan dalam menghasilkan karya yang menarik saat mewarnai gambar masjid adalah dengan memilih gambar dengan pola yang besar. Maksudnya pola gambar masjid yang berupa kerangka garis antar garis tidak terlalu sempit. Hal ini dikarenakan ujung crayon adalah tumpul sehingga perlu pola gambar yang memiliki ruang yang cukup untuk mewarna.

Cara Mewarnai Masjid dengan Crayon 7

Misalnya mewarnai gambar pada ukuran kertas F4  atau A4. Maka nanti anak-anak akan jauh lebih mudah dalam memberikan warna disetiap bagian masjid, seperti pada kubah atau tiangnya. Selain itu usahakan juga menyiapkan gambar dengan pola sederhana namun terkesan sebuah masjid.

2. Menambahkan Latar Belakang Warna Langit Biru

Tips cara mewarnai masjid dengan crayon berikutnya adalah dengan menambahkan latar belakang masjid berupa langit biru. Penambahan latar belakang ini mampu membuat hasil gambaran terlihat lebih nyata. Atau bisa juga dengan latar belakang langit sore dengan warna jingga. Contoh:

3. Mewarnai Dinding Masjid dengan Warna Terang

Adapun bagian masjid yang menonjol ada pada dinding, kubah dan tiang. Maka bisa memberikan warna dinding masjid dengan warna-warna yang terang. Namun tetap memilih paduan warna yang cocok dengan ketiga komponen lainnya.

Cara-Mewarnai-Masjid-dengan-Crayon-11

Paduan warna yang bisa digunakan misalnya biru-hijau-ungu atau warna-warna senada lainya. Pemilihan warna cerah juga bisa membuat anak semakin menyukai hasil akhir dari gambar tersebut. Maka tugas orang tua mengarahkan kreativitas dalam memilih warna yang cocok.

4. Melakukan Degradasi Warna Pada Kubah Utama

Inspirasi cara mewarnai masjid dengan crayon yang berikutnya adalah dengan gradasi warna. Memberikan 2 warna yang hampir menyatu atau gradasi warna bisa membuat hasil karya lebih menarik. Misalnya dengan memberikan kuning dan oranye pada bagian kubah utamanya.

Kemudian warna orange dengan merah sebagai pola gradasi warna untuk kubah kanan dan kirinya. Atau bisa juga dengan warna kuning dan hijau untuk kubah utama dan kubah kecilnya dengan warna biru dan ungu. Degradasi ini bisa disesuaikan tergantung warna kesukaan maupun warna yang cocok.

Contoh gambar:

Cara Mewarnai Masjid dengan Crayon

5. Menambah Gambar Lain di sisi Kanan atau Kiri Masjid

Jika dirasa setelah memberikan warna pada seluruh bagian masjid namun masih nampak ada yang belum lengkap. Maka bisa menambahkan coretan lain di bagian kanan atau kiri gambar. Misalnya dengan menambahkan gambar pohon atau bunga. Kemudian gambar anak kecil hingga gambar bedug yang khas dengan pasangan gambar masjid. contoh:

Cara Mewarnai Masjid dengan Crayon

6. Selain Crayon Tambahkan Bagian Pinggir Warna dengan Spidol

Setelah memberikan berbagai warna yang cocok maka usahakan mempertegas bagian pinggir gambar dengan spidol. Pasalnya sering warna-warna saling bertabrakan, memberikan tambahan dengan spidol bisa membuat sekat antar gambar lebih jelas. Selain itu spidol juga bisa dipergunakan untuk bagian yang sulit terjangkau oleh crayon.

Cara Mewarnai Masjid dengan Crayon

Demikian beberapa tips cara mewarnai masjid dengan crayon agar hasil lebih menarik. Tips ini cocok untuk melatih anak mewarnai masjid. Selain untuk mengenalkan masjid dengan anak-anak, kegiatan mewarna bersama semacam ini mampu mendekatkan hubungan orang tua dengan anak.

Lihat juga: jam masjid digital dengan aneka desain

error: Content is protected !!