Ini Penjelasan Mengenai Pegawai Masjid di Desa Beserta Fungsinya

Pegawai Masjid di Desa

Pegawai masjid di desa biasa disebut sebagai takmir masjid. Pastinya sebagian masyarakat sudah paham mengenai hal itu. Untuk lebih rincinya takmir masjid adalah sebuah organisasi dalam kepengurusan masjid seperti acara ataupun perbaikan masjid itu sendiri.

Tugas takmir masjid sebenarnya tidak hanya sesimple itu. Namun masih ada beberapa struktur atau susunan bagan organisasi dan tentunya tiap strukturnya memiliki fungsi tersendiri agar memperingan tugas ketua takmir masjid. Berikut adalah beberapa tugas atau kewajiban takmir masjid:

1. Mengawasi Kondisi Masjid

Pegawai masjid di desa atau biasa disebut sebagai takmir masjid ini memiliki fungsi dan salah satunya mengawasi kondisi masjid. Hal ini adalah salah satu tanggung jawab dari sang takmir masjid beserta bawahannya.

Maka dari itu pengurus masjid ini dituntut untuk teliti dalam kebutuhan masjid. Kepekaan sangat dibutuhkan dalam tanggung jawab kondisi masjid ini. Mengapa? Pasalnya, jika kepekaan kurang dalam mengawasi kondisi maka masjid akan kurang terurus.

2. Memperhatikan Masalah Pembangunan Masjid

Ketika ada cat mengelupas, ataupun butuh bangunan tambahan untuk alasan tertentu juga adalah tugas takmir masjid ini. Oleh karena itu masjid perlu dilakukan pembenahan dan itu adalah tugas takmir masjid untuk menyewa tukang.

Selain itu membeli peralatan tambahan juga tugas takmir masjid. Tidak hanya sebagai pembenahan masjid secara fisiknya saja, namun meramaikan masjid adalah tugas takmir juga. Sehingga takmir harus memikirkan berbagai cara agar masjid tidak pernah sepi. Seperti menggiring masyarakat untuk ke masjid ataupun cara lainnya dengan baik.

3. Membuat Jadwal Sholat Masjid

Mengawasi jam sholat fardhu maupun shalat jumat merupakan tugas sebagai takmir masjid. Seperti menulis ulang jam sholat fardhu dan jumat sesuai dengan tuntunan agama islam ataupun membuat jadwal imam masjid.

Tujuannya adalah agar jadwal lebih terstruktur dan berjalan dengan baik. Meskipun sekarang sudah ada kemudahan dalam membuat jam waktu sholat, sebagai pengurus masjid tetap harus memperhatikannya dan menyusunnya dengan baik.

4. Menyiapkan Takjil Saat Puasa

Bulan puasa adalah bulan berkah bagi umat muslim diseluruh dunia karena dimana pahala akan dilipat gandakan. Banyak orang muslim berlomba-lomba melakukan kebaikan.

Pada kesempatan ini seorang pegawai masjid di desa bisa memanfaatkan momen ini untuk berbuat kebaikan. Misalnya dengan memberi segelas minuman atau takjil pada orang yang berpuasa puasa saat maghrib datang.

Untuk bisa mendapatkan atau menyediakan takjil, para pegawai masjid yang ada di desa bisa berkoordinasi dengan ketua RT setempat atau menggunakan uang kas masjid.

Baca juga: fungsi panitia pembangunan masjid

5. Bertanggung Jawab Atas Masjid

Perihal mengurus suatu hal pasti sudah diajarkan untuk bertanggung jawab dalam hal itu baik dalam pelaksanaannya ataupun kepada Tuhan. Tidak terkecuali para pegawai masjid yang ada di desa, mereka ini juga bertanggung jawab dalam mengurus masjid. Mengapa? Pasalnya hal ini memang menjadi sebuah tugas atau amanah.

Sebenarnya dalam hal ini pengurus masjid tidak bertanggung jawab pada masjid saja, melainkan untuk masyarakat juga. Semisal jika ada masyarakat kesusahan dalam urusan ekonomi seperti utang menumpuk juga takmir harus memperhatikannya. Maka dari itu takmir masjid jug membantu mengurangi beban jamaahnya dengan uang kas masjid tersebut.

Itulah tugas pegawai masjid di desa dengan penjelasan simple. Sebenarnya tugas ini tidak hanya diemban oleh takmir masjid saja, melainkan juga tanggung jawab semua pengguna masjid.

Oleh karenanya, agar masjid lebih terurus dan menjadi tempat enak untuk beribadah dengan tenang tanpa gangguan, sudah semestinya sebagai umat muslim saling menjaga. Usahakan untuk memperhatikan tempat beribadah bersama agar kedekatan dengan Tuhan bisa semakin terjaga.

error: Content is protected !!