Fakta Masjid Cheng Ho Malang yang Jarang Orang Ketahui

Masjid Cheng Ho Malang
kumparan.com

Masjid Cheng Ho Malang merupakan salah satu ikon terbaru Kota Malang. Lalu, masjid yang mulai dibangun tahun 2013 itu, Masjid Cheng Ho kini menjadi salah satu tempat menarik yang patut dikunjungi pelancong dari luar kota, nanti pasca pandemi Covid-19 di Indonesia telah sepenuhnya selesai. Selain itu ada, beberapa fakta-fakta mengenai Masjid Cheng Ho Malang. Mari simak artikel berikut ini!

1. Memiliki Kesamaan dengan Masjid Cheng Ho di beberapa Kota

Fakta tentang Masjid Cheng Ho  yang pertama adalah, Masjid Cheng Ho Malang memiliki kesamaan bentuk arsitektur yang serupa dengan Masjid  beberapa kota di antaranya adalah Masjid Cheng Ho Palembang Sumatera Selatan, Masjid Cheng Ho Semarang Jawa Tengah, Masjid Cheng Ho Purbalingga dan Masjid Cheng Ho kalimantan Timur. Sebab, beberapa Masjid Cheng Ho yang telah disebutkan di atas,  memiliki arsitektur Cina yang kurang lebih sama.

2. Sempat Terkendala Anggaran Renovasi

Menurut cerita salah satu pengurus Masjid  Cheng Ho Malang Nur Shodiq, pada saat proses renovasi, masjid ini sempat terkendala anggaran pembangunan Masjid. Sebab, ia dan teman-temannya hanya mempunyai anggaran 3 juta rupiah ditambah sumbangan seorang donatur sebesar 7 juta rupiah. Tetapi, tidak mencukupi sampai akhirnya terkatung-katung selama 2 tahun. Sampai akhirnya ada donatur besar yang datang dari salah satu Universitas di Malang sebesar 48 juta rupiah.

Setelah sebelumnya, pengurus masjid berusaha berdoa dan membaca Surat Yasin untuk memuluskan hajat untuk merenovasi masjid, setelah jam waktu sholat selesai. Pembangunan Masjid Cheng Ho di Malang sendiri selesai pada tahun 2018 lalu dan diresmikan oleh perwakilan yayasan Masjid Cheng Ho Pasuruan dan Surabaya Jawa Timur serta Walikota Malang M. Anton. yang sekaligus meresmikan Islamic Center Kota Malang.

3. Masjid Cheng Ho Dikritik Sejarawan

Keberadaan Masjid Cheng Ho di Malang mendapatkan kritik tajam dari sejarawan di Kota Malang. Sebab, bentuk arsitektur masjid sama persis dengan Masjid Cheng Ho yang ada di kota-kota lainnya di Indonesia seperti yang telah dijelaskan dalam ulasan nomor satu. Menurutnya, seharusnya Masjid Cheng Ho di Malang dapat mengadopsi arsitektur bercorak Jawa Timuran seperti atap masjid dengan konsep tumpang yang dapat dipadukan dengan ornamen khas Madura dan Cina.

4. Asal Usul Nama Masjid Cheng Ho Malang

Asal usul Masjid Cheng Ho  di Kota Malang sempat dijelaskan oleh pengurus Masjid Cheng Ho yaitu, Nur Shodiq. Menurutnya, ide pembangunan Masjid Cheng Ho pertama kali diprakarsai oleh  seorang penyumbang yang bernama Supriyono itu, spontan mengusulkan ide untuk membangun Masjid Cheng Ho di daerah tersebut. Alasannya adalah, karena letak masjid yang dekat dengan lokasi pantai Goa Cina di Malang.

Lantas, usulan itu segera dirundingkan dengan masyarakat setempat. Lalu, setelah masyarakat menyetujuinya. Kemudian, pengurus masjid resmi mengganti nama Al Mushoddiqun menjadi nama Masjid Cheng Ho Malang.

5. Konflik Pengurus Masjid Melawan

Selain kisah sedih kekurangan dana pembangunan masjid. Ternyata Masjid Cheng Ho juga menjadi saksi bisu perseteruan antara pihak masjid dengan pihak Perum Perhutani. Penyebabnya adalah tempat area parkir masjid yang terlalu luas membuat pihak Perum Perhutani merasa terganggu. Tetapi keberadaan tempat parkir tersebut, akhirnya menjawab keraguan Perhutani tentang fungsi area parkir yang kini digunakan untuk bus luar kota.

Demikian pembahasan tentang 5 fakta tentang Masjid Cheng Ho Malang yang telah dihimpun dari berbagai sumber. Semoga dapat menambah khazanah pengetahuan tentang Masjid Cheng Ho yang ada di Malang Jawa Timur.

error: Content is protected !!