Keunikan Arsitektur Masjid Kota Baru Parahyangan Menarik Perhatian Masyarakat

Masjid Kota Baru Parahyangan

Masjid yang ada di Indonesia sangat banyak yang digunakan untuk melakukan ibadah umat Islam. Bangunan masjid yang membuat takjub dengan arsitekturnya adalah masjid Kota Baru Parahyangan yang berada di Bandung. Memiliki keunikan dari segi bangunan yang berbeda dari masjid lainnya membuat daya tarik masyarakat.

Diketahui bahwa masjid ini diresmikan sejak tahun 2010 tepatnya bulan Agustus dengan ukuran yang cukup besar yaitu 1 hektar. Bangunannya dengan bolongan yang membentuk salah satu ayat Al-Qur’an yang berbunyi lailahaillallah. Banyak pengunjung yang datang untuk melihat secara langsung keindahan bangunan yang megah dan elegan dari masjid di provinsi Bandung ini

Masjid Kota Baru Parahyangan

Keunikan Arsitektur yang Membuat Dunia Takjub

Pembangunan sebuah masjid yang berada di Kota Baru Parahyangan Bandung dilakukan sejak tahun 2009. Desain yang memiliki kaligrafi dengan bentuknya seperti kubus karena terinspirasi dari ka’bah mampu menarik perhatian masyarakat.

Nilai estetika dari bangunan masjid Kota Baru Parahyangan bisa terlihat dari kejauhan, karena bangunannya yang megah. Seni kaligrafi yang dibuat pada bangunan tersebut mengindahkan salah satu lafal yang mengagungkan Allah. Desain ruangan dalamnya yang sangat nyaman dan megah membuat nyaman ketika seseorang melakukan ibadah..

Masjid Kota Baru Parahyangan 5

Fakta Masjid Kota Baru Parahyangan

Tidak lama dari tanggal peresmian masjid sudah banyak orang yang takjub dengan keindahan dari bangunan masjid tersebut. Ketika hari kerja maupun libur, masjid ini terus memiliki banyak pengunjung dari masyarakat sekitar maupun orang diluar daerah tersebut. Berikut ini fakta dari masjid Kota Baru Parahyangan Bandung, antara lain:

1. Terletak di Sekolah Islam Internasional

Bangunan masjid yang elegan ini berada di wilayah yang sama dengan Sekolah Islam Internasional di Kota Baru Parahyangan. Sedari dulu masjid ini digunakan untuk beribadah oleh pelajar maupun orang umum. Sekolah Islam tersebut tidak bisa dipisahkan dari masjid yang megah ini, karena berada di satu wilayah.

2. Menjadi Top 5 Kategori Bangunan Religi di Dunia

Satu tahun setelah peresmian masjid Kota Baru Parahyangan Bandung sudah menjadi kategori bangunan religi 5 teratas pada ranking dunia. Penghargaan tersebut didapatkan pada tahun 2011 karena bentuknya yang unik dan juga megah. Mendengar penghargaan ini banyak masyarakat yang mengunjungi hingga saat ini untuk merasakan kenyamanan beribadah di dalamnya.

Suatu hal yang membanggakan negara Indonesia saat mendapatkan penghargaan tersebut pada tahun 2011. Saat ini, masjid tersebut masih memiliki banyak pengunjung dari daerah yang berbeda-beda.

Baca juga: Masjid Al Aqsa Klaten

3. Bentuknya Terinspirasi dari Ka’bah

Fakta selanjutnya yang membuat banyak negara takjub adalah desain yang terinspirasi dari ka’bah di Madinah. Bangunan berbentuk kubus dengan luasnya 1 hektar tersebut menarik perhatian banyak orang. Selain itu bangunan ini memiliki lafal yang mengagungkan Allah yaitu lailahaillah dan terlihat rapi.

Megahnya bangunan ini dapat dimasuki 1500 jamaah untuk beribadah bersama dalam satu waktu. Pada tahun 2011, bangunan ini masih menakjubkan di mata dunia karena sangat jarang ditemui bentuk yang terinspirasi dari ka’bah. Keindahan di dalam masjid ini membuat jamaah nyaman ketika melaksanakan ibadah.

Itulah informasi keunikan masjid Kota Baru Parahyangan yang terletak di Bandung dengan beberapa fakta menariknya. Selain banyak warga berkunjung untuk beribadah, ada juga yang membuat kenangan dengan berfoto sebagai tanda kagum. Pada bangunan tersebut  juga terdapat benda berupa jam masjid yang di tempel pada dinding dan cukup besar.

error: Content is protected !!