5 Hal Menarik Tentang Masjid Al Azhom Tangerang, Cek Disini..!

Masjid Al Azhom Tangerang

Masjid Al Azhom Tangerang – Di setiap kota ataupun daerah di Indonesia memiliki masjid yang menjadikan nya sebuah Landmark di daerah tersebut. Seperti yang ada di Kota Jakarta yaitu memiliki masjid Istiqlal, Kota Depok memiliki masjid Dian Al- Mahri yang berkubah Emas, dan di kota Tangerang memiliki masjid berkubah Raksasa. Masjid apa ituu…? Ya Masjid Al Azhom.

Masjid Al Azhom adalah masjid yang memiliki  5 kubah terbesar di Indonesia dilengkapi dengan ukiran kaligrafi  dan bernuansa timur tengah. Maka tidak heran banyak orang luar daerah yang bedatang untuk berwisata religi ke masjid Al Azham di Kota Tangerang ini. Berikut ini Fakta – fakta menarik dari masjid Al Azham yang perlu anda ketahui saat ini berkunjung :

1.   Menjadi Masjid Dengan Kubah Terbesar di Dunia

Masjid Al Azham merupakan ikonik kota tengerang yang di Klaim menjadi masjid dengan kubah masjid terbesar di Dunia. Keunikan dari masjid ini adalah tidak ada tiang penyangga untuk Kubah tersebut. Dibagian bawah induk Kubah ada 4 kubah kecil yang berbentuk setengah lingkaran yang berguna untuk menyangga induk kubah sehingga cukup kuat.

Bukan tanpa alasan Masjid Al Azham diklaim dengan kubah terbesar di Dunia, karena konstruksi dari kubah tersebut memiliki diameter 63 Meter. Sudah tidak terbayang seberapa besarnya kubah masjid ini.

2.   Bangunan Yang Begitu Luas

Masjid Al Azham mampu menampung 15.000 jama’ah memiliki luas yaitu 5.775 meter persegi. Maka tidak salah lagi jika masjid ini disebut dengan masjid terbesar di Kota Tangerang.

3.   Luas Lahan dan Tempat Parkir tidak terhingga

Apakah kamu tahu berapa luas untuk membangun masjid yang merupakan salah satu Landmark dari kota Tangerang ini. Ya masjid ini memiliki lahan seluas 2,25/Ha. Sehingga dapat memberikan fasilitas parkir kendaraan dengan luas 14.000 meter persegi.

Masjid Al Azhom Tangerang

Lihat juga: masjid thionghoa di Surabaya

4.   Memiliki 5 Kubah dan 4 Buah Tower

Selain dari ukuran Induk Kubah  yang sangatlah fantastis, masjid ini juga memilki 4 kubah yang menjadikan kemewahan masjid Al Azham. Ke-empat kubah ini memiliki fungsi yaitu menyangga atau menopang induk Kubah yang ada di Tengah. Seperti yang dijelaskan oleh seorang pengurus masjid Raya Al-Azham yaitu Asrofi  H Yusuf, 5 Kubah melambangkan 5 Rukun islam dan Sholat 5 Waktu.

Kemudian ada yang menambah keindahan dari kubah masjid Al Azhom Tangerang ini adalah adanya 4 buah Tower  yang masing – masing memiliki tinggi 55 meter. Menurut Asrofi H Yusuf selaku pengurus masjid, adanya ke 4 buah tower tersebut bukan tanpa alasan. Empat buah tower memiliki sebuah makna 4 ajaran islam yaitu Aqidah, Akhlak, Syariah dan Ibadah.

Masjid Al Azhom Tangerang

Lihat juga: masjid indramayu rasa arabia yang megah

5.   Terdapat Galeri Islam

Masjid Al Azham tidak hanya memberikan fasilitas yang biasa saja. Tetapi memberikan tempat untuk bewisata religi untuk para pengunjung yaitu sebuah Galeri Islam. Tempat ini terletak di dalam masjid yaitu di lantai dua pada sisi kiri dan kanan masjid. Nah jika kamu berkunjung ke masjid Al Azhom Tangerang tidak usah kawatir karena disni GRATIS. Untuk yang lagi di Tangerang rasanya saat jam waktu sholat tiba menunaikan ibadah di masjid ini bisa Anda coba.

Galeri Islam ini sudah ada sejak akhir bulan di tahun 2006 yang memiliki 2 konsep menarik. Pertama yaitu memiliki konsep yang Tauhid tentang keagungan Allah SWT, dan yang kedua berkonsep diambil dari kisah para Nabi Rosulullah SAW.

Di Galeri Islam ini terdapat puluhan koleksi buku yang tersusun rapih di dalam lemari. Selain itu juga terdapat berbagaia bingkai dengan tulisan yang menceritakan tentang sejarah islam.