Contoh SK Pengurus Masjid, Keluaran Dari Berbagai Instansi

Contoh SK pengurus masjid

Surat keputusan pengurus masjid dapat diterbitkan oleh beberapa pihak yang sudah ditentukan. Contoh SK pengurus masjid inilah yang akan dibahas nantinya. Jika dikategorikan, surat keputusan ini akan masuk ke dalam lingkup surat resmi.

Alasannya mudah bisa dilihat saja dari segi susunan penulisan, lampiran serta tembusan yang pastinya disisipkan. Surat keputusan ini wajib dimiliki di setiap lembaga yang mengusung sistem organisasi. Tujuannya untuk memperinci dan mempermudah jalannya kegiatan di dalam sebuah yayasan agama dan masjid. Adapun contoh SK pengurus masjid dari beberapa pihak yang memiliki wewenang, seperti :

1. Surat Toga Dari Kepala Desa

Contoh SK Pengurus Masjid

Kepala desa berhak atas penetapan kepengurusan masjid di lingkup desanya. Surat keputusan atau bisa juga dikatakan sebagai surat toga atau tokoh agama. Contoh SK pengurus masjid bisa dilihat pada contoh di atas. Umumnya, kepala desa akan menetapkan 3 anggota pokok nya saja.

Anggota pokok itupun secara tidak langsung berhak mendapat  honor atau insentif yang diambil dari APBD. Adapun 3 anggota itu adalah ketua yang biasanya diistilahkan sebagai imam desa. Lalu, ada juga sekretaris atau imam kampung dan terakhir anggota atau dibilang khotib.

2. KUA Dapat Mengeluarkan SK

Bukan hanya mengurus masalah pernikahan saja nantinya. Lembaga Agama ini juga termasuk ke dalam jajaran yang dapat mengeluarkan surat keputusan. Itupun dengan syarat sudah mendapat pengajuan permohonan  terlebih dahulu.

Karena masuk ke golongan surat resmi, contoh SK pengurus masjid yang disisipkan  disini boleh digunakan untuk referensi. Pastikan untuk menyertakan tembusan yang ditujukan untuk kepala desa serta pihak bersangkutan yang lain. Selain bagian kop surat di bagian isi surat pastikan mengandung dasar aturan pendukungnya juga.

3. Surat Keputusan Dari kecamatan

Kecamatan juga memiliki andil dalam menerbitkan surat keputusan atas pengurus masjid. Contoh SK pengurus masjid harus diperhatikan baik-baik nantinya. Alasannya terletak pada jumlah tembusan yang harus di sisipkan tepat.

Susunan penulisan sama dengan penulisan SK keluaran KUA. Cuma letak logo resmi dengan kode pos yang berbeda saja. Untuk tembusannya tadi siapkan saja pihak Bupati, kepala kantor KUA bertempat di kabupaten atau kecamatan, untuk kepala desa dan terakhis pengurus masjid atau ketua yayasan.

4. SK Yayasan Masjid

Biasanya dituliskan oleh kepala yayasan untuk kepala pengurus masjid dan anggota lainnya. Disertai dengan lampiran yang isinya adalah daftar susunan organisasi yang sistematis. Jika diibaratkan contoh SK pengurus Masjid dari yayasan mirip surat kuasa atau perintah bagi ketua pengurusnya.

Walau mencangkup lingkup yayasan saja surat keputusan ini  masih tetap harus menyertakan logo resminya. Isinya bahkan masih tersisipi aturan resmi yang terdiri dari pasal per pasal yang paling mendukung. Jangan lupa bubuhi alamat, nama terang, tanda tangan serta cap jika memiliki.

5. SK Pengurus Masjid Dari Ketua Ke Remaja Masjid

Surat keputusan pengurus masjid terakhir ini tergolong semi resmi saja. Memiliki kop surat namun tidak dibubuhi logo resmi. Isi tetap merujuk ke contoh SK pengurus masjid mirip dengan yang lainnya.

Lampirannya sendiri hanya mencangkup susunan keanggotaan terorganisir. Dari ketua hingga seksi-seksi yang diharuskan bekerja sesuai ketetapan jabatan yang  dipegangnya. Nama-nama yang ikut tergabung dalam remaja masjid pun sudah tertera di dalam lampiran.

Baca juga: agenda kegiatan takmir masjid

Contoh SK pengurus masjid diatas bisa dijadikan referensi untuk yang ingin membuatnya. Perhatikan setiap detail susunannya untuk mengurangi kesalahan yang mungkin bisa terjadi. Mengingat surat keputusan ini termasuk surat resmi jadi perhatian di setiap detailnya.


Ulasan ini ditulis oleh Tim Penulis Jam Digital Masjid Sintesa Digitronic yang di ambil dari berbagai sumber. Semoga memberi inspirasi.

error: Content is protected !!