7 Keistimewaan Cat Masjid Warna Hijau dalam Islam

 cat masjid warna hijau

Banyak hal di dunia yang dikaitkan dengan warna tertentu, seperti merah untuk keberanian dan hitam untuk belasungkawa. Islam juga memiliki warna yang sangat eratĀ  dengan ajarannya yaitu Hijau. Warna hijau juga menjadi representasi bagi Islam dan sering digunakan sebagai warna cat masjid. Berikut 7 keistimewaan cat masjid warna hijau dalam Islam, yaitu:

 cat masjid warna hijau

1. Gambaran Warna yang Baik

Hijau telah disebutkan beberapa kali dalam Islam, melalui Quran dan Hadits. Salah satu dari beberapa warna yang muncul dalam Al-Qur’an. Makna tentang hijau adalah baik dan positif, hingga diibaratkan warna sungai di Surga, warna pakaian, dan masih banyak lagi.

Apalagi dikaitkan dengan agama Islam yang sederhana dan harmonis sesuai perkembangan zaman. Hijau juga mereseprentasikan keseimbagan antara dunia dan akhirat. Hal ini yang membuat hijau menjadi warna cat masjid yang bagus.

 cat masjid warna hijau

2. Tema Warna Al-Qur’an

Warna hijau muncul cukup sering dalam Al-Qur’an yang dikatakan sebagai latar warnanya. Banyak barang di Surga termasuk bantal, pakaian penghuninya, hingga taman berwarna hijau. Adapun ungkapan setelah Bumi mati dan akan dipulihkan kembali, itu disebut sebagai “hijau”. Nabi Muhammad SAW juga mengenakan banyak warna hijau sebagai pakaiannya.

 cat masjid warna hijau

3. Hijau Simbol Islam

Bahkan di zaman modern, hijau diidentifikasikan sebagai warna Islam. Sudah menjadi tradisi di mana umat Islam menampilkan diri dengan warna hijau. Warna hijau digunakan sebagai warna utama kaligrafi Islam yang menunjukkan kompleksitas ide seorang muslim. Warna hijau juga digunakan sebagai warna latar bendera jihad dan kini diadaptasi menjadi warna cat untuk masjid.

 cat masjid warna hijau

4. Warna Penenang

Beberapa ilmuwan dan peneliti percaya bahwa warna panjang gelombang yang sesuai dengan warna hijau mampuĀ  menyejukkan mata. Adanya warna sebagai penenang pada mata ini cukup menjelaskan alasan cat masjid warna hijau sering digunakan. Hal ini karena berfungsi untuk menenangkan jiwa para jamaah yang sedang beribadah.

 cat masjid warna hijau

5. Kehidupan yang Ibaratnya Hijau

Hijau memiliki makna positif literal sebagai simbol kehidupan. Ketika rumput, ladang, dan gunung tidak hijau, maka hampir tidak ada makhluk hidup di sana. Tumbuhan juga bisa tumbuh hanya jika ada air yang mengubahnya menjadi hijau, sehingga bisa memberi kehidupan pada hewan.

Alasan Allah SWT memberikan hujan ke bumi adalah mengubah segala sesuatu menjadi hijau. Kejadian yang membantu umat Islam mensyukuri nikmat Allah ketika sedang beribadah di masjid.

6. Warna Kesukaan Muhammad SAW

Meski sumbernya belum jelas, hijau diklaim sebagai warna favorit Rasulullah. Hal Itu karena pakaian yang dikenakan paling banyak berwarna hijau. Seperti jubah hijau, serban hijau, dan banyak tulisannya yang mengacu pada warna hijau.

Ada juga bagian dalam Al-Quran tentang orang yang memasuki surga akan mengenakan pakaian hijau dari sutra halus. Cat masjid warna hijau juga membantu meningkatkan rasa cinta kepada Rasulullah.

7. Hijau Memiliki Tempat Istimewa dalam Sejarah Islam

Pada sejarah Islam, hijau sebagai pengikat Al-Qur’an, hiasan utama masjid, dan sebagai penutup makam para sufi. Banyak negara Muslim di dunia juga menggunakan warna hijau sebagai tema utama benderanya. Hal ini sangat dipengaruhi oleh penyebutan warna hijau dalam Al-Quran, bahwa warna hijau yang dipakai orang di surga serta memberi kehidupan bagi semua makhluk.

Itulah 7 keistimewaan cat masjid warna hijau dalam Islam. Meski begitu, sebaiknya tidak menganggap hijau sebagai warna terbaik dan mendiskriminasi warna lain. Menyukai warna selain hijau bukanlah dosa.

Sebenarnya warna hijau sangat terkait dengan alam, jadi orang sering menggambarkannya sebagai warna yang alami, segar, dan tenang. Serasikan berbagai ornamen seperti jam masjid digital running text maupun hiasan lainnya dengan warna yang serasi dengan warna hijau.

error: Content is protected !!