Mengetahui Perbedaan Khutbah Tabligh dan Dakwah dengan Mudah

Perbedaan Khutbah Tabligh dan Dakwah

Manusia berada di dunia hanya untuk beristirahat sejenak karena itu penting mencari bekal untuk dunia akhirat. Al Qur’an bahkan memerintahkan manusia agar berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara khutbah, tabligh dan dakwah. Adapun perbedaan khutbah tabligh dan dakwah akan dijelaskan berikut ini:

Pengertian Khutbah, Tabligh Dan Dakwah

Khutbah dalam bahasa Arab Khotbah yang bisa diartikan sebagai pidato atau ceramah. Pengertian khutbah adalah kegiatan berdakwah dengan menyampaikan ucapan berupa nasihat agama. Tujuannya agar dapat meningkatkan kualitas iman. Masyarakat juga bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis khutbah dua yaitu khutbah jumat dan khutbah saat dua hari raya. Khutbah jumat dilaksanakan waktu sholat Jumat sedangkan khutbah dua hari raya dilakukan saat Idul Adha dan Idul Fitri. Sedangkan, tabligh adalah menyampaikan pesan agama tentang benar dan salah. Menyampaikan mengenai perintah dan larangan Allah SWT.

Penyampaiannya menggunakan bahasa  halus, sopan agar bisa dipahami dan diamalkan. Kemudian, dakwah adalah kegiatan mengajak orang mengikuti kebenaran. Menyerukan apa yang benar yang dilandasi oleh Al Qur’an dan hadis. Bisa dilakukan lewat lisan, tulisan atau memberikan contoh mengenai teladan yang baik.

Syarat, Rukun dan Tata Cara

Syarat yaitu sesuatu yang diharuskan sebelum melakukan sesuatu. Sedangkan, sesuatu harus dikerjakan sebelum memulai suatu hal disebut rukun. Tata cara adalah langkah-langkah  harus dilakukan untuk mencapai tujuan.  Faktor yang menjadi perbedaan khutbah tabligh dan dakwah terletak pada rukun, syarat, etika, sunnah serta tata cara melakukannyanya. Berikut penjelasannya, antara lain:

1. Syarat Khutbah

Orang  akan melaksanakan khutbah harus memenuhi beberapa persyaratan. Persyaratannya seperti muslim, laki-laki,  telah balig,  taat beribadah, sehat akal pikirannya. Kemudian  suci dari hadas dan najis, baik badan ataupun pakaiannya.

2. Rukun dan Sunnah Khutbah

Adapun beberapa perbedaan khutbah tabligh dan dakwah terletak pada rukun dan sunnahnya. Memasuki jam waktu sholat, khutbah jumat dikumandangkan. Akan ada orang yang melakukan beberapa hal sebelum khutbah, disebut rukun khutbah. Mulai dari membaca hamdalah di kedua khutbah, membaca syahadat, membaca al Quran, mengajak jamaah meningkatkan iman dan berdo’a setelah khutbah.

Daftar Isi

error: Content is protected !!