Bisa Dikunjungi, Berikut Nama Nama Masjid di Arab Saudi

Nama-Nama Masjid di Arab Saudi

Arab Saudi merupakan salah satu negara di Timur Tengah yang memiliki keterkaitan yang erat dengan agama Islam. Selain menjadi pusat penyebaran Islam, Arab Saudi juga dilengkapi dengan berbagai masjid yang dapat dikunjungi sampai saat ini. Namun sayangnya, masih banyak yang tidak mengetahui tentang nama-nama masjid di Arab Saudi tersebut.

Masyarakat tentu saja sudah tidak asing dengan Masjidil Haram di Arab Saudi yang dikunjungi ketika melaksanakan ibadah haji atau umrah. Sementara di sisi lain, masih banyak nama nama masjid di Arab Saudi yang bahkan tidak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Sebelum mengunjungi masjid-masjid tersebut, sebaiknya simak uraian lebih detail berikut ini:

1. Masjid Quba

Nama-Nama Masjid di Arab Saudi

Nama-nama masjid di Arab Saudi akan dimulai dari salah satu masjid bersejarah dalam proses penyebaran Islam, yaitu Masjid Quba. Secara historis, masjid di Kota Madinah ini merupakan masjid pertama yang didirikan oleh Rasulullah saw. dan para pengikutnya. Selain itu, Masjid Quba menjadi bukti dari hijrahnya umat Islam ke Madinah.

Masjid yang masih aktif digunakan sebagai tempat ibadah umat Islam ini menawarkan desain bangunan yang cukup menarik. Selain terdiri dari tiga pintu utama yang digunakan sesuai kondisi, Masjid Quba juga menyediakan kebun kurma khusus yang bisa dikunjungi.

2. Masjid Bilal bin Rabbah

Nama-Nama Masjid di Arab Saudi

Masjid kedua ini mungkin benar-benar asing di telinga masyarakat terutama jika belum pernah berkunjung secara langsung ke Arab Saudi. Terletak di Makkah, Masjid Bilal bin Rabbah ini dapat dimasukkan ke dalam daftar tempat yang dikunjungi ketika melaksanakan haji. Sedangkan nama masjid ini diambil dari nama salah satu sahabat Rasulullah saw.

3. Masjidil Haram

Nama-Nama Masjid di Arab Saudi

Terletak di Kota Makkah dan menjadi masjid yang paling banyak dikunjungi, Masjidil Haram merupakan tempat suci pertama dalam agama Islam. Bahkan bukti kepopuleran Masjidil Haram dapat ditemukan melalui berbagai gambar dan miniatur Masjidil Haram yang terdapat dalam rumah-rumah masyarakat. Ditambah lagi, masjid ini berperan besar dalam penentuan arah kiblat salat.

4. Masjid Al Qiblatain

Nama-Nama Masjid di Arab Saudi

Terkenal akan dua jenis kiblat yang digunakan, masjid yang juga terletak di dekat Masjid Quba ini dikenal dengan nama Masjid Al Qiblatain. Masjid yang juga disebut dengan nama Masjid Bani Salamah ini juga memiliki cerita yang bersejarah. Dibangun sekitar 623 Masehi, masjid ini merupakan bukti dari berubahnya kiblat umat Islam.

5. Masjid Nabawi

Nama-Nama Masjid di Arab Saudi

Menjadi masjid yang sering dikunjungi oleh para jamaah haji dan umrah selain Masjidil Haram, Masjid Nabawi ini terletak di Madinah. Pada umumnya, selain untuk beribadah, masjid ini dikunjungi dengan tujuan melihat secara langsung tempat dimakamnya baginda Rasulullah saw. Masjid Nabawi juga dapat menampung jumlah jamaah hingga sebanyak 1,7-1,8 juta orang.

6. Masjid Jawatha

Nama-Nama Masjid di Arab Saudi

Walaupun tidak memiliki ketenaran seperti Masjid Nabawi, nama-nama masjid di Arab Saudi yang keenam ini jangan sampai dilewatkan. Masjid yang terletak di Provinsi Jawatha ini, dahulu merupakan tempat penyimpaann Hajar Aswad sebelum dipindahkan ke Masjidil Haram. Memiliki bangunan yang cukup tua dan bersejarah, masjid ini tentu saja harus dikunjungi.

Baca juga: kisah masjid damaskus

7. Masjid Al Ijabah

Nama-Nama Masjid di Arab Saudi

Terakhir, masjid yang terletak di Arab Saudi tepatnya di Kota Madinah ini dinamakan dengan Masjid Al Ijabah. Memiliki lokasi yang tidak jauh dari Masjid Nabawi, Masjid Al Ijabah ini masih ramai dikunjungi oleh masyarakat sampai saat ini. Ditambah lagi, masjid ini merupakan bukti dari dikabulkannya beberapa doa dari Rasulullah saw.

Nama-nama masjid di Arab Saudi yang telah diuraikan di atas hanya merupakan sebagian dari keseluruhan masjid yang juga dapat diketahui. Walaupun begitu, ketujuh masjid tersebut merupakan masjid yang sering dikunjungi terutama ketika melaksanakan ibadah haji atau umroh. Ada yang terletak di Makkah dan ada pula yang terletak di Madinah.

error: Content is protected !!