5 Referensi Model Kusen Pintu dan Jendela Masjid Terpopuler

Model Kusen Pintu dan Jendela Masjid

Masjid adalah bangunan suci yang menjadi kebanggaan umat muslim. Oleh sebab itu, tidak heran jika bangunan tersebut dibuat dengan desain megah dan arsitektur unik. Demi menghadirkan kesan unik tersebut, biasanya para arsitektur bermain dengan pemilihan model kusen pintu dan jendela masjid. Model-model kusen yang banyak digunakan untuk masjid diantaranya seperti:

1. Gebyok

Model Kusen Pintu dan Jendela Masjid

Model gebyok menjadi salah satu model kusen maupun jendela masjid yang dulu sangat populer.  Seiring perkembangan zaman kini model gebyok kembali naik daun dan banyak diminati. Umumnya model kusen dan jendela gebyok ini dipasang pada masjid-masjid besar untuk menghadirkan nuansa klasik.

Kusen model gebyok ini memiliki nilai seni yang cukup tinggi. Banyaknya ornamen berupa ukiran menjadi ciri khas yang melekat pada model kusenan gebyok tersebut. Proses pembembuatannya juga memerlukan waktu relatif lebih lama dibandingkan model lainnya. Biasanya model kusenan tersebut menggunakan material berupa kayu jati untuk menjaga kekuatan dan serat warnanya.

2. Joglo Limasan

Model Kusen Pintu dan Jendela Masjid

Sejak dulu Joglo Limasan menjadi model kusen yang cukup favorit. Tidak hanya dipasang untuk rumah saja, Joglo Limasan juga banyak dipilih untuk model kusen pintu dan jendela masjid. Salah satu alasan model Joglo Limasan banyak disukai karena terkesan klasik dan mewah. Pasalnya, kusen model Joglo Limasan menghadirkan banyak ornamen. Baik berupa ukiran maupun kaca bermotif.

Sama seperti model gebyok, kusen Joglo Limasan juga memiliki ciri khas yaitu bentuknya menggunakan kombinasi model persegi dan setengah lingkaran di bagian atasnya. Umumnya model Joglo Limasan menggunakan kombinasi bahan kayu jati dan kaca bermotif. Motifnya sendiri sangat beragam, bisa berupa kaligrafi maupun motif bunga.

3. Kaca Patri

Model Kusen Pintu dan Jendela Masjid

Bosan dengan model kusenan klasik? Tidak ada salahnya jika beralih ke model kusen kaca patri. Model kusenan kaca patri banyak dipilih oleh para arsitektur untuk masjid, baik yang berukuran sangat luas maupun sedang. Beberapa waktu terakhir model kusen kaca patri berbentuk lingkaran banyak diburu dan menjadi desain favorit.

Jika dilihat dari desain model kusen kaca patri ini sebenarnya cukup sederhana dan tidak terlalu rumit seperti model-model sebelumnya. Sudah jelas dari namanya, kusenan model ini lebih menonjolkan pada penggunaan kaca yang dipasang dengan teknik patri. Jenis kaca yang digunakan juga tidak sembarangan yaitu kaca hias dengan banyak aksen motif.

4. Minimalis Modern

Model Kusen Pintu dan Jendela Masjid

Kehadiran teralis pada pintu atau jendela menjadi salah satu ciri khusus pada model kusen minimalis modern. Desain kusen model minimalis modern ini terbilang sangat sederhana dibanding model-model sebelumnya. Meskipun demikian banyak juga arsitek dan orang-orang yang memilih model kusen ini untuk sebuah masjid.

Biasanya, model kusenan seperti ini banyak dipilih dan dipasang pada masjid-masjid yang memiliki ukuran tidak terlalu besar. Hal itu dilakukan agar model jendela dan pintu bisa sesuai dengan konsep masjid yang mengusung konsep minimalis. Uniknya, kehadiran teralis pada bagian kaca pintu dan jendela ini sifatnya multifungsi tidak hanya sebagai ornamen saja melainkan juga untuk keamanan.

5. Full Kaca Sliding

Model Kusen Pintu dan Jendela Masjid

Jika ingin model kusenan dengan konsep lebih modern bisa memilih desain full kaca sliding. Akhir-akhir ini model kusenan pintu dan jendela full kaca sedang naik daun. Banyak orang memilih model kusenan jendela dan pintu kaca seperti ini untuk masjid yang memiliki ukuran tidak terlalu besar atau berkonsep minimalis.

Salah satu alasan model kusenan pintu dan jendela seperti ini cocok untuk masjid berkonsep minimalis karena ornamen kaca dapat membuat kesan ruangan jadi lebih luas. Bukan hanya itu saja, model sliding juga tidak membutuhkan area yang cukup luas untuk membuka pintu maupun jendela. Sejauh ini model kusenan pintu dan jendela full kaca sliding ini banyak digunakan pada masjid-masjid yang berada di perkotaan.

Demikian ulasan singkat seputar jenis-jenis model kusenan masjid yang sedang tren dan banyak disukai. Semoga sekilas informasi mengenai model kusen pintu dan jendela masjid seperti di atas dapat menambah pengetahuan dan menjadi sumber inspirasi. Terutama bagi para arsitektur yang sedang membutuhkan referensi model kusen yang cocok untuk tempat ibadah umat Islam.


Ulasan ini ditulis oleh Tim Penulis Jam Digital Masjid Running Text Sintesa Digitronic yang di ambil dari berbagai sumber. Semoga memberi manfaat.

error: Content is protected !!