Sejarah Masjid Atta’awun Puncak Bogor Sekaligus Tempat Wisata Religius Terindah Di Bogor

Masjid Atta’awun Puncak – Ketika anda berkunjung ke puncak Bogor Jawa Barat maka anda akan disuguhkan dengan berbagai tempat wisata alam, vila yang memadai, jalan yang apik dan masih banyak infrastruktur lainnya. Di kawasan tersebut terdapat dua landmark yaitu puncak pass, Kawasan puncak tertinggi dan perbukitan kebun teh yang sulap sebagai masjid puncak yang mononjol.

Masjid Atta'awun Puncak Bogor

Masjid yang sangat megah ini bernama masjid atta’awun. Masjid ini merupakan masjid yang special dimana terletak di perbukitan dengan pemandangan yang indah, kolam dan taman disekitar masjid, dan juga bangunan dengan kombinasi sederhana. Sebelum lebih dalam lagi mari kita membahas sejarah singkat dari masjid atta’awun puncak ini.

Sejarah Singkat Masjid Atta’awun Puncak

Awal mula berdirinya masjid ini adalah bernama Masjid Al-Muttaqien dimanan berdiri atas nama PT. Gunung Mas. Ketika itu masjid ini digunakan sebagai tempat ibadah para karyawan PT. Gunung Mas. Semakin lama masjid ini tidak muat saat pelaksanaan sholat jumat, dimana jamaah masjid bertambah menjadi masyarakat sekitar dan pengendara yang mampir untuk beristirahat pada tahun 1990-an.

Seluas kurang lebih 10.000 meter persegi masjid ini mulai dibangun pada tahun 1987. Tanah tersebut merupakan hasil Kerjasama PT. Gunung Mas yang mewakafkan Sebagian tanahnya. Melalui dana umat pemerintah Jawa Barat membiayai pembangunan masjid Atta’awun ini. Dana yang dihabiskan untuk membangun masjid ini sebesar Rp. 36 Milliar yang berdasarkan informasi berbagai sumber.

Peran 5000-an kepala keluarga yang ada di Jawa Barat juga ikut menyumbangkan uangnya guna pemabngunan masjid ini. Masjid ini diresmikan langsung oleh Bapak H.R Nuriana yang mana gubernur Jawa Barat pada tahun 1999. Nama dari masjid ini memiliki sebuah makna yaitu Atta’awun bermakna kebaikan dan ketakwaan dalam gotong-royong, setia kawan dan tolong menolong. Masjid ini merupakan masjid yang menerima dana bantuan untuk pembangunan umat terbesar di Indonesia.

Masjid Atta'awun Puncak Bogor

Baca juga: masjid tertua di Indonesia

 Arsitektur Masjid Atta’awun

Beragam arsitektur masjid ini melekat di bangunan masjid ini yang tidak hanya menggunakan gaya arsitektur khas timut tengah. Sentuhan tradisional dengan perpaduan gaya modern sehingga masjid ini terlihat mengagumkan. Keunikan masjid ini ada pada kubah yang seperti jamur dengan perpaduan ornament khas sunda, dengan dua lantai dan bangunan yang tampak kokoh.

Unsur artistic yang menonjol dan suasana gelap di dalam ruangan sholat yang berbentuk mihrab berwarna coklat. Mihrab ini merupakan tempat imam sholat yang dimana sebagai penanda masjid kea rah kiblat. Lantai diruangan masjid menggunakan bahan kayu yang tidak terlalu dingin berwarna Coklat.

Bagian jendela masjid dihiasi dengan kaca parti. Tampilannya begitu cantik dengan warannya yang berkombinasi dan bercorak-corak. Tidak hanya itu bangunan ini lebih telihat nilai estetikanya denga nadanya gantungan lampu, langit-langit yang bernuansa putih dan ornament-ornament islami yang digunakan.

Selain itu juga masjid ini dilengkapi dengan perpustakaan dan kantor sekertariat sebagai ruang fungsional. Dan juga terdapat tempat penitipan barang, toilet dan Gudang. Taman-taman yang ada disekitar masjid menambah keindahan bagian luar masjid atta’awun. Di bagian belakang masjid yang mana terdapat sebuah tempat berfoto yakni sungai kecil dengan airterjun buatan.

Di bagian latar depan masjid terdapat kolam buatan dan taman yang dibuat melingkar. Ditanamnya pepohonan di tanah yang cukup luas tersebut sehingga tercipta suasana yang teduh. Keindahan perkebunan teh dapat kita nikmati dengan duduk santai dan dapat diabadikan dengan lensa kamera anda.

Demikian artikel tentang Sejarah Masjid Atta’awun Puncak Bogor Sekaligus Tempat Wisata Religius Terindah Di Bogor. Jangan lupa untuk mampir dan menikmati keindahan alam di sekitar masjid. Seikian dan terima kasih.

error: Content is protected !!