Kegiatan Masjid Al Jihad Medan saat Bulan Ramadhan di Era Pandemi Corona

Masjid Al Jihad Medan

Masjid Al Jihad Medan merupakan salah satu masjid yang terkenal di Kota Medan, Sumatera Utara. Lokasinya berada di Jalan Abdullah Lubis Babura Kecamatan Medan Baru Kota Medan itu, memiliki berbagai aktivitas kegiatan selama bulan Ramadhan. Namun, tahun ini tidak dapat terlaksana karena adanya COVID-19 di Indonesia. Apakah kegiatan  itu? Mari disimak bersama:

1. Menyediakan Menu Berbuka Puasa Bagi Warga

Kegiatan yang pertama yaitu pengurus Masjid Al Jihad Medan menyediakan 1300 paket untuk orang-orang yang datang ke masjid. Menurut salah satu pengurus Masjid Al Jihad mengatakan  pihak masjid akan menambah jumlah takjil menjadi 1500 takjil apabila ramai jamaah yang hadir.

Seperti saat hari libur Sabtu-Minggu ataupun saat 10 hari terakhir Ramadhan, terutama di malam ganjil yaitu 21,23, 25, 27, serta malam ke 29. Menu tersebut akan dibagikan sebelum jam waktu Sholat Maghrib tiba. Hanya saja, pada tahun ini kegiatan bagi-bagi menu berbuka tahun ini dibatasi hanya menyediakan 500-600 porsi. Hal ini merupakan imbas dari pandemi COVID-19 yang masih ada saat ini.

2 Kajian Ramadan

Sama seperti masjid pada umumnya, Masjid Al Jihad Medan juga menyelenggarakan kegiatan kajian Ramadhan sehabis jam waktu Sholat Dzuhur seperti biasanya. Akan tetapi, pihak masjid tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah. Di antaranya yaitu menyediakan tempat cuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak ketika hendak menunaikan salat. Selain itu, ruangan masjid disemprot disinfektan agar masjid tetap  steril dari ancaman virus COVID-19.

3. Gotong Royong Membersihkan Masjid

Selain kegiatan keagamaan,  pengurus masjid juga bekerjasama membersihkan masjid bersama dengan warga dan pihak swasta. Misalnya saja seperti dengan Kalbe Farma sebagai produsen obat maag terkemuka yaitu, Promag. Tak hanya Masjid Al Jihad Medan saja, Kalbe Farma juga melakukan program bersih-bersih di beberapa masjid lain di Kota Medan. Tujuannya untuk memastikan masjid bersih dan sehat, sekaligus mendukung program pemerintah dalam upaya pemerintah untuk mencegah penularan COVID-19.

Selain Promag,  perusahaan aplikasi transportasi daring Gojek juga pernah menyelenggarakan acara serupa, pada tahun lalu. Gojek menerjunkan mitranya yang terdiri dari, pengemudi Go Ride, Go Car, dan Go Clean yang berjumlah 93 orang, untuk membersihkan masjid sebelum salat. Selain itu juga mengajak para mitra Gojek beserta keluarga untuk berdoa bersama untuk keselamatan diri dan warga Kota Medan.

4. Penyelenggaraan Dakwah Fest Sumut

Selanjutnya kegiatan yang diselenggarakan di Masjid Al Jihad Medan adalah kegiatan Dakwah Fest Sumut. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara pengurus Masjid Al Jihad, Satgas COVID Kota Medan serta, Lembaga Ad Dakwah. Ini diselenggarakan dalam rangka hari lahir Lembaga Ad Dakwah yang ke-30 tahun.

Acara Dakwah sumut Fest diisi dengan berbagai macam kegiatan positif. Di antaranya seperti ceramah agama, peluncuran buku, bazar rakyat, santunan anak yatim, serta acara inti yaitu pengukuhan wisuda pendakwah yang lulus setelah belajar di lembaga Ad Dakwah. Selain itu, untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 panitia acara telah melaksanakan protokol kesehatan sesuai arahan Satgas COVID Kota Medan.

Baca juga: Megahnya Masjid Raya Sumatera Barat

5. Kegiatan Penyemprotan Disinfektan Polda Sumatera Utara

Yang terakhir adalah kegiatan penyemprotan desinfektan. Kegiatan yang dilakukan oleh Kapolda Sumut ini dalam rangka menjaga agar masjid tetap terlindungi dari ancaman virus korona. Kegiatan tersebut, diselenggarakan pada tahun lalu.

Seperti yang disampaikan salah satu jajaran Kapolda Sumatera Utara yakni, Kombes Abu Bakar Tertusi yang diwakilkan oleh Iptu Syafril Sinaga. Selain itu, kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman dalam melakukan kegiatan beribadah di bulan Ramadhan hingga nanti menjelang Idul Fitri mendatang.

Demikianlah paparan 5 kegiatan Ramadhan yang ada di Masjid Al Jihad Medan saat pandemi corona.  Semoga informasi yang disajikan dapat menggugah kesadaran kita untuk memakmurkan Masjid meskipun,  di masa pandemi COVID-19 yang masih ada saat ini

error: Content is protected !!