Sejarah Masjid Al Barkah Bekasi dan Perkembangannya

Masjid Al Barkah Bekasi

Masjid Al Barkah Bekasi atau Masjid Agung Al-Barkah Bekasi terletak di Jalan Veteran, Kecamatan Bekasi Selatan, Provinsi Jawa Barat. Masjid Agung ini adalah satu dari sekian tempat beribadah umat Islam terluas dan terkenal di wilayah Bekasi.

Tidak hanya itu, Masjid Agung ini bisa menampung 10.000 jemaah. Ingin tahu sejarahnya lebih dalam? Berikut ulasan mengenai Masjid Agung Al-Barkah Bekasi:

Sejarah Berdiri dan Berkembangnya Masjid Agung

Tanah yang digunakan untuk mendirikan Masjid Agung Al-Barkah Bekasi merupakan tanah pemberian Haji Bachroem. Masjid ini didirikan pada tahun 1890 di Bekasi Selatan. Awal dibangun, masjid ini belum menyerupai bangunan masjid seperti pada umumnya. Namun, seiring berjalannya waktu masjid ini direnovasi dan mengalami perkembangan.

Masjid Al Barkah Bekasi

Bupati Bekasi, Bapak Subandi, mulai melakukan renovasi mulai tahun 1967. Subandi mengajak seluruh warga Bekasi untuk membantu melakukan renovasi masjid dengan cara menyumbangkan uang mereka sebesar Rp 5.

Warga Bekasi pun mendukung ide dari Bupati Bekasi tersebut. Selanjutnya renovasi dilakukan oleh Bapak Haji Abdul Fatah selaku Bupati Bekasi pada tahun 1985. Abdul Fatah lebih banyak melakukan pembangunan masjid di bagian depan. Setelah itu Masjid AL Barkah Bekasi ditetapkan menjadi Masjid Agung. Pemerintahan daerah akhirnya ikut membantu mengembangkan masjid ini.

Masjid Al Barkah Bekasi

Pada tahun 1985 pemerintahan daerah mengeluarkan uang sekitar 225 juta rupiah untuk membantu dalam pengembangan masjid. Tahun 1997 pemerintahan Bekasi membantu lagi dengan mengeluarkan uang 100 juta.

Pada tahun 2000-an keatas, Masjid Agung tersebut direnovasi secara besar-besaran. Renovasi ini dijalankan mulai tahun 2004 dan berakhir pada tahun 2008. Setelah dilakukan renovasi selama 4 tahun, masjid agung tersebut mengalami perubahan yang signifikan.

Perpaduan antara unsur tropis dengan gaya Masjid Timur Tengah membuatnya semakin unik. Salah satu perpaduan yang mencolok yaitu masjid tersebut diberi teras sedangkan budaya Timur Tengah tidak menggunakan teras.

Masjid tersebut terdapat kubah yang mempunyai jari-jari 9 meter dan terdapat tulisan Asmaul Husna di bawahnya. Masjid Agung tersebut memiliki 4 menara yang mempunyai ketinggian kurang lebih 35 meter. Setiap ornamen-ornamen pada masjid ini memiliki arti tersendiri. Itulah mengapa masjid ini sangat indah sehingga banyak pengunjung yang datang.

Masjid Al Barkah Bekasi

Fasilitas-Fasilitas Masjid Al Barkah Bekasi

Berbeda dengan masjid pada umumnya, masjid Al Barkah Bekasi memiliki berbagai fasilitas bagus yang bisa dinikmati oleh para jamaah yang berkunjung ke sana. Tidak heran jika kebanyakan orang senang berlama-lama berdiam diri di masjid ini selepas menunaikan ibadah Shalat.

Lantas, apa saja fasilitas-fasilitas yang ada di masjid Al Barkah Bekasi? Lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini:

1. Taman Masjid

Pada taman ini dihiasi oleh bunga-bunga dan tanaman indah lainnya. Rumput hijau yang melapisi tanah membuat masjid menjadi semakin asri. Hal yang unik dari taman ini adalah memiliki pohon kurma yang sering berbuah. Pohon kurma menjadi ciri khas masjid ini karena di masjid lain jarang ditemui bahkan tidak ada pohon kurma.

2. Sound System dan Multimedia

Masjid Agung memiliki luas kurang lebih 900 meter persegi dan bisa menampung 10.000 jemaah sehingga perlu sound system yang memadai. Selain itu, untuk kegiatan lain seperti pemberdayaan masyarakat (kajian, kegiatan Pendidikan, dll) juga memerlukan multimedia yang baik. Adanya fasilitas ini sangat memudahkan jamaah apabila tengah ada acara keagamaan di sekitar masjid.

3. Kamar Mandi

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan masjid pada umumnya, Masjid Agung Al Barkah Bekasi juga memiliki kamar mandi. Adapun kamar mandi antara laki-laki dan perempuannya terpisah. Pada masjid ini, terdapat kamar mandi/WC yang cukup banyak.

Pengelolaan kamar mandi/WC juga sangat baik terbukti tempat ini sangat bersih. Namun, hal ini juga karena kesadaran pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan kamar mandi/WC.

4. Perpustakaan

Seperti masjid pada umumnya, Masjid Agung Al-Barkah Bekasi juga memiliki perpustakaan yang bisa dimanfaatkan pengunjung. Perpustakaan ini menyediakan berbagai macam buku sehingga pengunjung bisa bebas memilih sesuai apa yang dikehendaki. Ruangan cukup luas dan didesain menarik, oleh karena itu pengunjung tidak akan bosan jika berlama-lama membaca buku di sini.

Baca juga: sejarah masjid Kubah Emas Depok

5. Area Parkir

Depan masjid tersebut terdapat area parkir yang sangat luas sehingga bisa menampung puluhan kendaraan. Walaupun tidak ada atap untuk pelindung kendaraan, tetapi area parkir ini cukup sejuk. Pinggiran tempat parkir ditumbuhi pohon-pohon yang cukup besar sehingga udara tetap segar. Tempat parkir ini juga bisa untuk tempat sholat jika jamaah masjid membludak terrutama saat jam jadwal sholat jumat.

Demikian ulasan singkat mengenai sejarah dan beberapa fasilitas masjid Al Barkah Bekasi. Sebenarnya, dari kelima fasilitas yang ada di atas, masih banyak fasilitas lain seperti beragam sarana ibadah hingga kantor sekretariatan. Bagi yang ingin mengetahui keindahan dan kemegahan masjid ini, silahkan datang langsung ke alamatnya, ya? Semoga ulasan di atas bermanfaat.

error: Content is protected !!