Mengenal Masjid Abu Darda Pekanbaru dan Berbagai Kegiatannya di BulanRamadhan

Masjid Abu Darda Pekanbaru

Masjid Abu Darda Pekanbaru memiliki bentuk bangunan kotak dengan tampilan sederhana namun megah. Luasnya antara 50 X 50 m persegi dibangun tanpa kubah serta tidak dibubuhi kaligrafi semacam masjid pada umumnya. Terdiri dari 2 lantai, yang pertama untuk pihak laki-laki sedang di lantai kedua jamaah perempuan. Jangan lupakan tangga berjalan sebagai penghubungnya.

Masjid Abu Darda Pekanbaru yang mampu menampung sebanyak 3.500 jamaah ini terletak di jalan Merak Sakti, Panam, Simpang Baru, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Kabupaten Riau.

Masjid ini memiliki aktivitas ibadah yang beragam sehingga membuatnya begitu ramai jamaah. Tak terkecuali bulan Ramadhan ini, walau masih pandemi masjid Abu Darda tetap melaksanakan kegiatan ibadahnya. Berikut ini beberapa ketentuan Masjid Abu Darda pada Ramadhan 2021 ini :

Masjid Abu Darda Pekanbaru

1. Jadwal waktu sholat

Jadwal waktu sholat wajib pun sama seperti waktu sholat yang berlaku di wilayah Pekanbaru dan sekitarnya. Subuh pada jam 4 lebih 51 menit waktu setempat dengan waktu terbitnya sekitar pukul 6 lebih 10 menit. Sedangkan untuk Zuhur dijadwalkan pada jam 12 lebih 13 menit dengan waktu Ashar pukul setengah empat.

Jam jadwal sholat Magrib sendiri pada jam 6 sore lebih 17 menit yang disusul jadwal waktu sholat Isya’ di pukul setengah delapan kurang. Selesai Isya’ dilanjutkan dengan sholat tarawih 1 juz. Keringanan diberikan untuk yang tidak kuat berdiri menunggu bacaan selesai bisa duduk sejenak lalu kembali seperti posisi awal untuk ruku’.

2. Pelaksanaan Sholat Tarawih

Sholat Tarawih tetap dilakukan di Masjid Abu Darda selama pandemi berlangsung. Pembatasan atas jumlah jamaah diberlakukan oleh pengurus masjid sejak masjid dibuka untuk umum. Tarawih 1 Juz seperti pada Ramadhan di tahun sebelumnya kini dilakukan dengan ketentuan pelaksanaan 7 menit setelah melaksanakan sholat Isya’. Sedangkan untuk jam waktu sholat Isya dilakukan sekitaran sepuluh menitan dari adzan.

3. Aktivitas Ibadah lainnya

Jika di tahun sebelumnya saat kondisi normal beragam aktivitas agama di bulan Ramadhan banyak digelar, namun untuk kali ini ada beberapa kegiatan yang tidak diadakan oleh pengurusnya. Seperti Tahfidz dan ikhtikaf harus terpaksa tidak dilaksanakan mengingat pandemi masih berlangsung.

Tak luput juga ada kajian agama yang dipimpin oleh ustad yang bekerja di Masjid Abu Darda Pekanbaru. Kajian  tidak dilakukan secara tatap muka langsung tapi dilakukan lewat aplikasi Zoom. Untuk linknya sendiri bisa diakses bebas lewat akun resmi milik masjid Abu Darda yang sudah disediakan pihak pengurusnya.

Lihat juga: megahnya Masjid Raya Sumatera Barat

4. Peraturan Selama Pandemi

Selain jumlah jamaah yang dibatasi, pihak masjid Abu Darda juga mengeluarkan beberapa aturan baru mengikuti prokes Covid 19. Diwajibkan memakai masker dan mencuci tangan ketika memasuki area masjid. Membawa sajadah besar sendiri dari rumah dan menjaga jarak saat melakukan ibadah sholat.

Bagi yang mempunyai anak berusia masih dibawah umur tidak dianjurkan untuk ikut beribadah di masjid ini. Walaupun begitu warga sekitar masjid masih tetap antusias beribadah sesuai aturan saat ini. Baik kegiatan agama dan aturan pemerintah untuk pandemi tetap lancar berjalan di Ramadhan tahun ini.

5. Ketentuan Waktu Tutup

Awal dibuka untuk umum pada hari senin, 19 April 2021 atau 8 Ramadhan 1442 H. Mulai sejak dini hari waktu sahur setempat hingga waktu sholat Tarawih usai. Pihak dari masjid  menekankan walaupun sholat Tarawih 1 Juz dilaksanakan sebisa mungkin masjid Abu Darda ini akan tutup pada pukul 22.00 WIB.

Masjid tanpa kotak amal, sebutan ini juga sering dipakai untuk menyebut masjid terkenal di Pekanbaru ini. Alasannya karena memang tidak ditemukan satupun kotak amal disana. Untuk penyediaan takjil dan paket buka puasa pun masih tetap berjalan dengan jumlah yang memang dibatasi sesuai prokes pandemi. Sedikit info ini Semoga membantu dan Ramadhan di tahun ini akan lancar hingga hari kemenangan tiba ya.

error: Content is protected !!