Mengenal Masjid Agung Sheikh Zayed dari Dubai

Masjid Agung Syaikh Zayed

Masjid terbesar di dunia yang menangkap interaksi unik antara Islam dan budaya dunia lainnya adalah Masjid Agung Sheikh Zayed dan cukup terkenal. Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, Pendiri UEA, memiliki visi yang spesifik untuk masjid ini yaitu menggabungkan gaya arsitektur dari berbagai peradaban. Berikut penjelasan mengenai masjid ini, antara lain:

1. Sejarah

Sebenarnya Masjid Agung Sheikh Zayed dibangun untuk menghormati penguasa pertama Uni Emirat Arab, Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahayan. Butuh waktu 11 tahun untuk menyelesaikannya. Sheikh Zayed mengambil arahan arsitektur proyek dengan keinginan tempat itu dibuat sebagaimana tempat peristirahatan terakhirnya. Setelah kematiannya pada tahun 2004, jenazahnya dimakamkan di halaman masjid.

Masjid Agung Syaikh Zayed

Pada tahun 2007, Uang sejumlah $545 juta dihabiskan untuk konstruksi dan desain, masjid dibuka untuk umum untuk ibadah. Masjid ini tidak hanya merupakan contoh indah dari arsitektur Islam modern. Tetapi juga menampilkan desain yang rumit dan merupakan proyek impian arsitek Suriah Yousef Abdelky.

2. Arsitektur

Masjid terbesar di dunia yang berada di Uni Emirat Arab, dengan ukuran 420 m x 290 m. Arsitektur Arab, Mughal, dan Moor menyatu dengan 82 kubah marmer putih dan 80 panel Iznik di antara 4 menara setinggi 115 m. Tujuannya untuk memberitahukan bahwa jam waktu sholat telah masuk.

Daftar Isi

error: Content is protected !!