6 Gambar Ornamen Dinding Masjid yang Sering Dijumpai di Indonesia

Gambar Ornamen Dinding Masjid

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Gambar ornamen dinding masjid adalah salah satu komponen yang tak boleh dilewatkan pada bangunan masjid.

Ornamen dinding masjid merupakan bentuk hiasan yang akan menunjang keindahan dan menambah nilai seni. Masjid-masjid di Indonesia memiliki ornamen dinding yang unik dan khas.

Namun, ada beberapa jenis ornamen pada dinding masjid yang sering dijumpai di masjid-masjid Indonesia. Apa saja? Yuk simak penjelasan lengkapnya, 5 gambar ornamen dinding masjid yang sering dijumpai di Indonesia:

1. Ornamen Kaligrafi Al-Qur’an

Gambar Ornamen Dinding Masjid

Hampir semua masjid memiliki ornamen kaligrafi Al-qur’an yang memperlihatkan keindahan ukiran potongan ayat al-qur’an. Kaligrafi sendiri merupakan seni tulisan tangan huruf arab yang telah dilestarikan secara turun temurun dan menjadi salah satu warisan budaya Islam.

Khot atau gaya tulisan arab memiliki berbagai macam jenis mulai dari khat Naskh, Diwani, Riq’ah, kufi Murabba, Rihani, dan lain sebagainya. Hadirnya, ornamen kaligrafi ini tentu menjadi ciri khas bagi yang akan memperindah desain interior dan eksterior bangunan masjid.

2. Jam Digital

Banyak orang tak menyadari pentingnya jam masjid digital running text sebagai gambar ornamen dinding masjid. Tak hanya berfungsi sebagai hiasan saja. Namun, menggunakan jam digital di masjid memiliki keuntungan lain yang jauh lebih penting.

Jam digital pastinya digunakan sebagai penunjuk waktu sholat, dapat mengatur waktu sholat atau adzan yang akan dikumandangkan, mengetahui waktu adzan dan iqamah.

Selain itu, keunggulan yang tak boleh dilewatkan adalah jam digital dapat memunculkan pesan lewat seperti waktu, kalender, hingga himbauan yang diperuntukkan bagi jamaah seperti merapatkan shaf, larangan berbicara saat khutbah, dan lain sebagainya.

3. Ornamen Arabesk

Gambar Ornamen Dinding Masjid

Ornamen dinding masjid yang satu ini seringkali hadir dalam bentuk sulur, daun, hingga pohon. Untuk mempercantik tampilan ornamen arabesk, biasanya arsitek akan mengkombinasikannya dengan ornamen lain seperti sentuhan nuansa kaligrafi islam serta geometris islami.

Hadirnya ornamen arabesk ini menyuguhkan tampilan bangunan masjid bernuansa modern kontemporer. Selain itu, tampilan seni dekorasi islam ini juga akan menarik mata yang menghiasi ruang dan bangunan masjid.

4. Ornamen Geometris Islam

Gambar Ornamen Dinding Masjid

Masjid-masjid di Indonesia menyajikan gambar ornamen dinding masjid yang unik, salah satunya berupa ornamen geometris islam. Hadir dengan berbagai macam bentuk persegi, segi enam, hingga lingkaran membuat pola dan bentuknya menjadi kekhasan tersendiri di setiap masjid.

Ornamen ini bukan hanya dapat diterapkan di dinding masjid saja, namun dapat diterapkan di media lain seperti kayu, langit-langit, lantai hingga vas bunga. Kebanyakan pola yang dihasilkan mengambil dari negara Maroko.

5. Ornamen Tradisional Indonesia

Masjid dengan kearifan lokal khas Indonesia tentu sering dijumpai. Pastinya, masjid-masjid tersebut juga menyuguhkan ornamen tradisional Indonesia. Sentuhan nuansa khas lokal akan terasa dengan hadirnya pola dan desain di masjid Indonesia.

Motif yang dihadirkan dalam ornamen tradisional Indonesia juga bermacam-macam mulai dari motif sulur, geometris, tanaman, dan lain sebagainya.

Baca juga: perbedaan masjid dan mushola

6. Ornamen Motif Swastika

Gambar Ornamen Dinding Masjid

Gambar ornamen dinding masjid ini sering dijumpai di masjid-masjid bernuansa Cina. Ciri khas dari motif ini adalah bentuk modifikasi angka delapan yang biasanya hadir di dinding pagoda.

Motif swastika memang lekat dengan budaya warisan atau pengaruh dari Cina. Ornamen ini sering kali ditemui di masjid-masjid Cheng Ho di seluruh Indonesia.

Itulah 6 ornamen dinding masjid yang sering dijumpai di Indonesia. Masing-masing masjid pastinya memiliki ornamen khas, sehingga menjadikan hiasan desain interior dan eksteriornya lebih menarik dan memiliki fungsi penting bagi masjid.

error: Content is protected !!