Doa Setelah Mendengar Adzan Sebagai Pengingat untuk Melaksanakan Sholat

Doa Setelah Mendengar Adzan

Kumandang adzan adalah alunan indah berisi ajakan bagi umat Muslim untuk menjalankan kewajibannya. Sholat 5 waktu sudah menjadi keutamaan ibadah pemeluk agama Islam maka alangkah bermanfaatnya jika mereka mempersiapkan diri sejenak untuk doa setelah mendengar adzan.

Doa Setelah Adzan Sesuai Tuntunan Syara’

Doa Setelah Mendengar Adzan Doa Setelah Mendengar Adzan

Bacaan doa setelah adzan tersebut merupakan ketentuan syara’ sebagaimana bersumber pada Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Nasa’i. Jamaah shalat fardhu dapat menerapkannya pada saat muadzin selesai mengumandangkan adzan.

Selain itu, makna yang dapat diketahui pada doa tersebut merupakan bentuk permohonan sang hamba kepada Allah SWT. Di sisi lain juga merupakan bentuk shalawat kepada Nabi Muhammad agar beliau diberikan derajat yang tinggi di surga serta diberikan keutamaan untuknya.

Kelak doa setelah adzan tersebut sebagai bekal bagi umat Islam untuk mendapatkan syafa’at di Yaumul Mahsyar. Sebab salah satu pertolongan yang dapat menyelamatkan kaum muslimin dari siksa neraka dan membantu menuju surga adalah adanya syafa’at dari Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam.

Beberapa Keutamaan Berdoa Setelah Mendengar Adzan

Dalam setiap kehidupan umat Muslim tidak lepas dari memohon atau meminta kelancaran, kemudahan, ampunan dan pertolongan Allah SWT. Termasuk dalam hal ini berdoa setelah mendengar adzan. Jika memahami keutamaannya pemeluk Agama Islam tentu tidak ingin melewatkan aktivitas terpuji ini.

  1. Mendapat Ampunan Dosa

Ajaran Islam menganjurkan umatnya agar berdoa setelah adzan selesai dikumandangkan. Seperti tertuang di dalam Hadits riwayat Muslim mengenai dosa umat muslim akan diampuni ketika bermunajat kepada Allah SWT. Waktu adzan dan iqomah dapat diketahui ketika sholat berjamaah di masjid.

error: Content is protected !!