Mengapa Kita Harus Menjauhkan Barang Elektronik dari Air? Berikut Penjelasan Singkatnya

Mengapa Kita Harus Menjauhkan Barang Elektronik dari Air

Memiliki barang elektronik tentu harus dijaga sebaik mungkin agar awet lebih lama. Banyak orang yang mengabaikan cara merawat barang elektronik sehingga mudah rusak. Sebaiknya barang elektronik dihindari dari hal-hal yang dapat merusaknya seperti air. Mengapa kita harus menjauhkan barang elektronik dari air?

Hal ini dikarenakan partikel yang ada di dalam air bisa menghantarkan arus listrik yang sifatnya konduktif. Tentu hal ini dapat membahayakan  keselamatan pemilik barang elektronik yang terkena air. Berikut ulasan singkat mengenai bahaya air jika terkena barang elektronik serta alasan kenapa harus menghindari barang elektronik agar tidak terkena air.

Mengapa Air Dapat Merusak Barang Elektronik?

Pada beberapa kasus air memang dapat merusak beberapa barang elektronik yang tentunya bisa menyebabkan kerugian. Baik mengalami rugi pada kesehatan maupun kerugian pada keuangan.

Lantas mengapa air bisa merusak barang elektronik? Air dikenal sebagai konduktor yang apabila mengenai barang elektronik partikel-partikel yang ada didalamnya akan terpecah menjadi ion yang negatif dan juga ion yang positif.

Ion inilah yang mengubah sifat air yang awalnya sebagai konduktor menjadi konduktif. Nah, jika air mengenai barang elektronik maka akan menghantarkan energi atau aliran yang baru pada rangkaian alat elektronik. Aliran yang dihantarkan inilah yang membuat kacau segala rangkaian elektronik yang ada di dalamnya.

Aliran arus listrik menjadi berantakan dan tidak teratur. Jika hal ini terjadi maka arus listrik alirannya akan berubah menjadi pendek dan dapat mengakibatkan korsleting listrik. Jika aliran listrik korsleting maka bisa saja terjadi kerusakan pada barang elektronik dan bahkan kebakaran apabila arusnya sangat kacau.

Alasan Kenapa Menjauhi Barang Elektronik Dengan Air

Setelah mengetahui kenapa air dapat merusak barang elektronik, tentu harus menghindari agar barang elektronik harus dijauhkan dengan air. Jika ingin barang elektronik lebih awet tahan lama, maka jangan dekati air dengan perangkat elektronik.

Berikut ada beberapa alasan tentang mengapa kita harus menjauhkan barang elektronik dari air:

1. Agar Barang Elektronik Tidak Rusak

Setiap orang tentunya tidak ingin barang-barang elektronik yang dimiliki mengalami kerusakan. Untuk itu sebaiknya jauhkan barang elektronik dengan air agar barang elektronik tidak basah dan akhirnya rusak.

Dengan menjauhkan barang elektronik dari air maka akan menghemat pengeluaran untuk melakukan service apabila ada kerusakan. Sebaiknya rawat perangkat elektronik dengan baik agar tahan lama.

2. Menghindari Kesetrum Listrik

Bahaya air yang mengenai barang elektronik ialah dapat menghantarkan aliran listrik yang tidak stabil. Jika arus listriknya tidak stabil maka besar kemungkinan orang yang menyentuh barang elektronik tersebut bisa jadi kesetrum.

Bila tegangan listrik yang dihantarkan cukup besar tentunya akan sangat berbahaya jika menyentuh barang elektronik yang terkena air.

3. Menghindari Kebakaran

Jika air mengenai barang elektronik tentu akan menghantarkan aliran listrik yang tidak stabil. Hal ini membuat tegangan listrik akan menjadi tinggi dan membahayakan apabila tersentuh oleh tubuh.

Bahkan jika barang elektronik yang terkena air mengalami korsleting yang cukup tinggi akan mengakibatkan kebakaran. Jadi sebaiknya jauhkan barang elektronik dari air agar tidak mengubah sifat air menjadi konduktor sehingga partikel di dalamnya menjadi tidak karuan.

Baca juga: mengapa alat eletronik butuh pelinding layar

4. Menjaga Keselamatan Keluarga

Dengan menghindari barang elektronik dari air tentunya keselamatan diri sendiri dan keluarga akan terjaga. Apalagi jika di rumah ada anak kecil yang dapat menjangkau barang elektronik yang terkena air, tentu akan membahayakan keselamatannya. Jadi sebaiknya jauhkan semua barang elektronik dari air yang ada di rumah agar keluarga di rumah aman.

Itulah alasan mengapa kita harus menjauhkan barang elektronik dari air, termasuk handphone, kalkulator, jam digital, running text dan barang elektronik lainnya. Dengan mengetahui hal-hal penting mengenai barang elektronik pastinya akan lebih paham mengenai bahaya air apabila terkena barang elektronik yang ada di rumah.

error: Content is protected !!