10 Motif Pilihan Keramik Dinding Mushola

keramik dinding mushola

Kerap kali pemakaian keramik dinding mushola dengan warna dan motif yang beragam menjadi tak terhindarkan lagi. Alasannya karena memang saat ini banyak orang mengusung ide minimalis dalam bangunannya. Tak mengherankan banyak yang memilih memakai keramik untuk dinding dan lantainya.

Mushola sendiri memiliki bangun yang lebih sederhana dari masjid. Pembangunannya kebanyakan dibuat oleh perorangan pribadi. Misalnya mushola yang dibangun dalam lingkup sekolah atau rumah sakit dan lainnya. Desain keramik berikut bisa jadi pilihan baik untuk dipakai seperti :

1. Desain Terrazzo

keramik dinding mushola

Pola Terrazzo ini memiliki desain yang cocok untuk segala dinding. Keramik dengan desain ini terbilang memiliki kualitas yang kuat dan awet. Bahan bakunya terdiri dari campuran serpihan kaca, marmer dan granit.

2. Desain Kaligrafi

keramik dinding mushola

Untuk pemakaian keramik dengan desain kaligrafi biasanya dipadukan dengan motif dan warna keramik polos serta cerah. Hal ini bertujuan untuk menonjolkan motif kaligrafinya. Pilihan gambar seperti kaligrafi Arab yang paling sering dipakai. Pemakaian keramik tipe ini terbilang kerap dipakai karena unsur arab untuk menambah kesan keagamaannya.

3. Motif Batu Alam

keramik dinding mushola

Konsep minimalis mengambil tema alam akan sangat cocok nantinya jika memakai motif batu alam ini. Beragam motif seperti state limonstone dan andesit atau pakai marmer serta granit yang sudah sering dipakai. Kesan alam dengan desain yang menarik bukan.

4. Desain Etnik

keramik dinding mushola

Berbeda dari desain lainnya, untuk ini akan tersedia berbagai macam pilihan pola yang unik-unik. Ketersediaan warna pun dinamis dan cerah. Minimalis dan apik akan didapat jika memakai desain ini.

5. Motif Keramik 3 Dimensi

keramik dinding mushola

Motif 3 Dimensi juga ikut hadir untuk mempercantik dinding dan lantai. Pemakaian keramik dengan motif seperti ini akan lebih menghasilkan tampilan unik dan mewah. Hanya sajabuntuk pemasangannya sedikit rumit dan memakan waktu cukup lama.

6. Keramik Motif Kayu

keramik dinding mushola

Miliki warna dasar coklat mirip seperti warna kayu pada aslinya. Pemakaian keramik dengan motif seperti ini selain menghasilkan tampilan artistis juga terkesan elegan. Banyak jenis gambar dari motif ini yang bisa jadi pilihan seperti gambar susunan pintu, balok kayu susun, pola kayu seratĀ  dan banyak lagi lainnya.

7. Motif Batu Bata Putih

keramik dinding mushola

Bentuk keramik persegi dengan corak putih polos. Jenis ini bukan termasuk dari bahan granit tapi vocok jika pemasangan dibuat mozaik. Motif batu bata sendiri akan sangat apik dipasang baik untuk kesan interior modern , klasik , atau minimalis.

8. Motif Keramik Hexagon

keramik dinding mushola

Mirip dengan bentuk dari sarang para lebah dengan pola keramik segi enam. Untuk tipe keramik dinding gunakan tipe glossy atau poles lalu kreasikan warnanya. Bisa pilih warna-warna klasik dan corak grafis agar terlihat lebih unik. Pemilihan tipe ini ditujukan agar kelembapan tetap terjaga dan lebih tahan lama.

9. Desain Keramik Motif Mozaik

keramik dinding mushola

Cocok untuk pengambilan bangunan dengan konsep klasik yang menonjol. Sangat butuh ketelitian dalam pemasangannya karena bentukĀ  keramik yang pada dasarnya hanya kotak kecil-kecil. Perpaduan warna yang kontras dengan pola tertentu dibutuhkan untuk mencetak gambar yang bagus.

Lihat juga: desain gapura masjid minimalis

10. Pola Keramik Greyscale

keramik dinding mushola

Mengambil konsep yang minimalis dengan perpaduan warna abu-abu yang mencolok. Pola yang ini akan lebih menyerupai tampilan semen atau beton. Kualitas keramik yang ditawarkan pun terbilang bagus dan cocok juga untuk konsep dinding kekinian.

Keramik sebagai bahan lapisan dinding sebaiknya pilihlah jenis dengan warna polos dan gampang dibersihkan. Hindari pula pemakaian desain motif keramik dinding yang beraneka ragam untuk mempermudah segi pemasangan.

Dari penjelasan diatas bisa membantu jadi lebih rinci lagi dalam memilih keramik dinding mushola rumah anda. Pastikanlah ukuran, warna, pola dan gambar serta finishing yang diperlukan. Desain minimalis yang simple semoga membuat ibadah semakin khusyuk dan lancar.


Artikel ini ditulis oleh Tim Penulis Jam Digital Masjid Running Text Sintesa Digitronic yang di ambil dari berbagai sumber. Semoga memberi inspirasi.

error: Content is protected !!