Mengenal Struktur Remaja Masjid dan tugasnya dalam Mengelola Kegiatan Masjid

struktur Remaja Masjid

Remaja Masjid merupakan perkumpulan individu dengan rentang usia 13 – 30 tahun yang punya aktivitas ibadah dan sosial di lingkungan masjid. Pengertian tersebut berdasarkan SK Dirjen Pendis No. 948 Tahun 2018 yang juga memuat tentang berbagai informasi lain yang masih berhubungan.Sebagaimana informasi struktur Remaja Masjid dan tugasnya berikut ini:

1. Struktur Utama

Struktur organisasi kepemudaan masjid ini mempunyai dua unsur di dalamnya, yakni pembina dan pengurus. Biasanya, pembina berasal dari Takmir Masjid yang juga merupakan tokoh agama masyarakat setempat. Seorang pembina akan mengarahkan semua orang di Remaja Masjid mengenai apa yang harus dan tidak boleh dilakukan.

Tingkatan di bawah pembina terdapat pengurus, mulai dari yang paling atas hingga paling bawah. Minimal pengurus Remaja Masjid terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara. Tugas seorang ketua adalah mengatur seluruh pengurus agar berfungsi sebagaimana mestinya. Sekertaris akan mengelola administrasi dan surat menyurat, sementara bendahara mengatur keuangan organisasi.

2. Bidang Ritual dan Spiritual

Jika memang mempunyai banyak SDM, maka kepengurusan Remaja Masjid bisa ditambahkan beberapa bidang. Contohnya bidang ritual dan spiritual yang mengurus serta mengatur kegiatan yang berhubungan dengan ibadah. Pengurus bidang ini bertugas untuk memastikan kegiatan peribadatan di masjid berjalan lancar dan rutin.

Daftar Isi

error: Content is protected !!