Penemu Jam Mekanik adalah Seseorang Berkebangsaan Jerman

Penemu Jam Mekanik

 

Jam mekanik merupakan suatu penemuan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia hingga saat ini. Sebenarnya penemu jam merupakan sosok penting yang mampu mengubah dunia. Perlu diketahui bahwa  penemu jam mekanik adalah orang berkebangsaan Jerman dan merupakan seorang ahli kunci.

Penemuan jam ini tentunya membawa keuntungan untuk berbagai pihak. Terutama ketika mendeteksi waktu yang sampai saat ini masih terus berkembang sampai munculnya jam digital. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai seorang penemu jam mekanik yang mengagumkan, yaitu:

Penemu Jam Mekanik

Awalnya tak ada yang menyangka bahwa penemu jam mekanik adalah orang berkebangsaan Jerman. Pria bernama Peter Henlein, membuat jam dengan peralatan seadanya namun bisa menghasilkan sesuatu yang menakjubkan. Tujuan awal pembuatan jam adalah untuk membantu para tokoh agama di gereja dalam menunjukkan waktu berdoa yang tepat.

Meskipun dibuat bukan dengan peralatan mahal, jam ini sangat bergengsi dan hanya digunakan oleh orang tertentu saja. Para bangsawan adalah pengguna jam ini serta digunakan sebagai suatu aksesoris penting untuk menunjukkan identitas kebangsawanannya. Ukurannya yang kecil juga menjadi poin tambahan, sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Sebagai salah satu penemu yang sangat dihormati kala itu, jam buatannya menjadi asal mula jam yang akhirnya banyak dikembangkan. Peter Henlein hidup hingga tahun 1542, dan meninggalkan penemuan yang sangat hebat. Jasanya memang patut untuk dikenang dan selalu diingat.

Beberapa Fakta Mengenai Peter Henlein

Ada beberapa fakta yang terkait dengan Peter Henlein. Fakta-fakta tersebut masih memiliki kaitan juga dengan jam mekanik yang ditemukan. Beberapa diantaranya memang bisa membuat takjub karena sangat mengesankan. Berikut fakta mengenai Peter Henlein, yaitu:

1. Peter Henlein adalah Seorang Tukang Kunci

Banyak yang mengira jika Peter Henlein adalah orang yang berkecimpung di dunia jam hingga bisa menciptakan jam mekanik. Tapi ternyata tidak, Peter Henlein adalah tukang kunci. Rasa penasaranlah yang menuntun Peter Henlein akhirnya bisa membuat jam mekanik. Sejarah menyebutkan jika sejak muda Peter memang tertarik dengan sesuatu yang unik.

2. Tanpa Pengetahuan Mengenai Jam

Satu lagi fakta yang mencengangkan, Peter Henlein bukanlah orang yang memiliki pengetahuan tentang jam. Hal ini bukan saja sesuatu yang mengejutkan, bahkan dahulu juga banyak tokoh yang kagum akan penemuannya. Menariknya, tanpa pengetahuan dasar yang dimiliki oleh Peter henlein ini mampu mendahului para pakar untuk menciptakan jam mekanik.

3. Fungsinya Bukan Hanya untuk Menunjukkan Waktu

Setelah bisa menciptakan jam mekanik, Peter Henlein tidak hanya mengembangkan kemampuannya untuk menunjukkan waktu. Tapi juga difungsikan sebagai aksesoris untuk kaum terpandang. Hal ini  yang membuat jam mekanik sangat mahal kala itu. Bukan sekedar alat penunjuk waktu yang bisa digunakan oleh sembarang orang.

4. Mendalami Ilmu Jam Hingga Membuat Buku Panduan

Konon, Peter henlein pernah didakwa sebagai pelaku pembunuhan setelah adanya kasus pengeroyokan. Selama masa penahanannya, Peter terus mendalami ilmunya tentang jam dan mengumpulkannya dalam satu buku. Sampai saat ini, buku tersebut masih digunakan sebagai panduan dalam pembuatan jam.

Baca juga: beda jam analog dan digital

5. Dinobatkan Sebagai Guru Besar Jam

Pada sebuah sekolah kejuruan, Peter Henlein diberikan mandat sebagai guru besar jam yang sangat dihormati. Sekolah itu sekaligus menjadi tempat utama Peter Henlein untuk  belajar lebih banyak mengenai pengembangan jam. Salah satu jam yang sempat dihasilkan di tempat itu adalah jam hias yang memiliki tampilan cantik.

Itulah ulasan lengkap mengenai Peter Henlein, seorang penemu jam. Tidak bisa dipungkiri jika penemu jam mekanik adalah seseorang yang hebat dan terus berusaha mengembangkan penemuannya. Terbukti hingga kini hasil pengembangan dari jam mekanik menjadi salah satu aksesoris yang digunakan banyak orang.

error: Content is protected !!