Hubungan Arus Pendek Dalam Rangkaian Listrik Adalah Korsleting, Berikut Penyebabnya

Hubungan Arus Pendek Dalam Rangkaian Listrik Adalah Berbahaya

Berbicara tentang arus listrik tentu erat kaitannya dengan korsleting atau hubungan pendek. Hubungan arus pendek dalam rangkaian listrik adalah suatu keadaan atau hubungan yang memiliki tahanan listrik rendah, sehingga berakibat pada membesarkan arus listrik yang bisa menyebabkan kebakaran.

Meski tergolong dalam suatu kejadian yang mengerikan dan berbahaya, namun banyak orang yang tidak mengetahui hal ini. Misalnya, terkait apa itu hubungan arus pendek maupun penyebabnya. Di bawah ini akan diberikan pemaparannya.

Pengertian Hubungan Arus Pendek

Hubungan arus pendek atau dikenal juga dengan korsleting adalah istilah dari bahasa Belanda kortsluiting. Secara umum, hubungan langsung antara konduktor negatif dengan positif bisa mengakibatkan korsleting terjadi.

Bahan korsleting pada suatu rangkaian listrik dapat menyebabkan suatu kebakaran besar yang menimpa suatu rumah ataupun lokasi tertentu. Kejadian ini juga dikarenakan berbagai hal. Seperti, adanya sambungan kabel tanpa memperhatikan kutub-kutubnya atau terdapat konduktor tanpa penutup yang sesuai.

Bertemunya kutub listrik yang tak seharusnya tersebut bisa menghasilkan panas yang teramat secepat mungkin. Biasanya diiringi pula dengan panas yang berlebihan, bahkan ledakan sekalipun. Dengan adanya ledakan, otomatis barang-barang yang ada disekitarnya berpotensi terbakar juga. Alhasil, apinya yang terpercik dapat merambat ke seluruh rumah atau lokasi dan berakibat fatal.

Penyebab Hubungan Arus Pendek

Ada beberapa kasus kebakaran yang terjadi di Indonesia, karena korsleting atau hubungan arus pendek. Hal ini lantaran, kurangnya pengetahuan kelistrikan warga di Indonesia. Banyak yang hanya sekedar menggunakan atau memasang tanpa mengetahui caranya. Untuk itu, penting untuk diketahui penyebab korsleting. Berikut ulasannya:

1. Kabel Rusak Yang Terabaikan

Sebagian orang akan mengabaikan kerusakan kecil pada kabel di rumahnya. Orang-orang menganggap itu hal sepele dan tidak akan memberikan efek besar. Padahal, anggapan tersebut sangat salah besar. Kabel yang rusak meskipun kecil akan mengakibatkan korsleting.

Daftar Isi

error: Content is protected !!