Memahami Bahasa Arab Jam Dinding Beserta Contoh Penggunaannya

Bahasa Arab Jam Dinding

Jam dinding pasti ada disetiap rumah untuk mengetahui waktu saat ini dan dapat melakukan aktivitas yang diinginkan. Dalam bahasa Arab jam dinding memiliki penulisan seperti ini سَاعَة yang dibaca saa’ah dalam melafalkannya. Pada umumnya jam menggunakan angka biasa namun di jazirah Arab bisa menggunakan angka yang ada pada Al Qur’an.

Adanya jam masjid digital akan memudahkan jemaah yang beribadah untuk melihat waktu. Di tempat umum lain biasanya disediakan juga jam dinding untuk diketahui orang yang tidak menggunakan jam tangan. Sangat banyak brand jam yang menyediakan jam dinding sesuai dengan tema yang ingin dimiliki.

Cara Mempelajari Jam Dinding Dalam Bahasa Arab

Dalam bahasa Arab jam dinding dibaca dengan saa’ah yang digunakan untuk mengetahui waktu saat ini. Mempelajari Bahasa Arab dimulai dengan mengetahui cara penyebutan dari barang disekitar akan mudah dipahami dengan cepat. Langsung saja untuk mengetahui kosakata dalam mempelajari jam dengan Bahasa Arab, berikut ini:

1. Pahami Kosakata Angka Yang Ada Di Jam Dinding

Pertama-tama harus mengetahui apa saja kosakata dari angka yang ada di jam dinding agar memudahkan dalam mengingat bahasa tersebut. Dimulai dengan tulisannya yaitu السَّاعَةُ dibaca assaa’atu yang berarti jam. Dan kemudian ditambahkan angka dalam Bahasa Arab yang dimulai dari angka satu hingga angka dua belas.

Mempelajari pengucapan angka dalam Bahasa Arab diutamakan agar mudah mengerti dan cepat bisa berbahasa Arab. Jam memiliki angka untuk disebutkan dengan berbagai bahasa salah satunya dengan Bahasa Arab.

2. Pahami Kosakata Satuan Jam

Selanjutnya cara mempelajari Bahasa Arab terkait jam dinding dengan mudah adalah mengingat kosakata satuan jam. Satuan tersebut disebut dengan berapa jam lagi yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan terjadwal. Seperti dua jam (saa’atan) lagi atau tiga jam (tsalatsu saa’atin) lagi. Dapat dilihat bahwa mengingat Bahasa Arab angka sangat penting dalam mempelajari keseluruhan tentang jam.

Penggunaan kosakata satuan jam sangat penting karena jika ada lawan bertanya terkait berapa lamanya kegiatan tertentu dapat dijawab dengan satuan. Peletakkan satuan jam tersebut berada di belakang ketika angka lebih dari satu.

3. Mengenal Kosakata Waktu

Waktu yang disebutkan ketika membaca jam merupakan kondisi pada saat itu seperti pagi, siang, sore, atau malam. Dengan mengenal waktu maka mudah dalam memahami bahasa Arab jam dinding sesuai dengan penyebutannya. Biasanya mengetahui kosakata waktu dapat menambah wawasan dalam berbahasa Arab meskipun tidak digunakan pada penyebutan jam.

Bagian ini sangat banyak kosakatanya yang harus dipelajari karen waktu ada saat ini, masa lalu, dan juga masa depan. Waktu juga disebutkan ketika adanya acara penting seperti hari raya idul adha, idul fitri, dll.

Contoh Penggunaan Jam Dinding Dalam Bahasa Arab

Penggunaan bahasa Arab jam dinding akan dicontohkan sesuai dengan penulisannya seperti apa. Dengan melihat contoh maka akan mudah memahami penggunaan Bahasa Arab ketika menyebutkan waktu di jam dinding. Penyebutannya harus lengkap jam berapa lebih atau kurang dari berapa menit dan juga penulisannya seperti apa.

Ketika ingin menyebutkan jam 6 lebih 30 menit maka penulisan bahasa Arabnya السَّاعَةُ السَّادِسَةُ وَالنِّصْفُ dengan ini maka lebih mudah dalam memahami nya. Ketika menggunakan bahasa Arab maka pelajari tulisannya juga. Selanjutnya ada contoh ketika jam 1 kurang 5 menit yang penulisannya seperti ini السَّاعَةُ الوَاحِدَةُ إِلَّا خَمْسُ دَقَائِقَ .

Itulah cara mempelajari bahasa Arab jam dinding beserta contoh penggunaannya agar lebih mudah dipahami. Dalam mempelajari suatu bahasa harus memasukinya dengan proses dari yang paling mudah. Bahasa Arab menjadi salah satu bahasa yang sulit dipelajari di dunia karena salah pengucapan dan tandanya maka salah pula artinya.

error: Content is protected !!