Cara Mengkonversi 720 Detik Berapa Menit

720 Detik Berapa Menit

Beberapa orang merasa kesulitan dalam menjawab pertanyaan seputar konversi antara satuan waktu yang berbeda, sebagaimana pertanyaan 720 detik berapa menit ini. Tidak seperti satuan pengukuran lainnya, satuan waktu bukanlah satuan dengan kelipatan 10 atau 100. Ada 60 detik yang kemudian masuk menjadi 1 menit, 60 menit masuk menjadi 1 jam, dan seterusnya.

Penghitungan yang menggunakan satuan waktu, diperlukan kehati-hatian terutama saat berpindah dari satu satuan waktu ke satuan waktu lainnya. Mampu mengkonversi antara satuan waktu yang berbeda dapat menjadi keterampilan yang penting dalam hal perencanaan. Berikut adalah penjelasan cara konversi antara satuan waktu yang berbeda, antara lain:

1. Paham Konsep Dasar Konversi Waktu

Saat melakukan konversi dari satu satuan waktu ke satuan waktu yang lain, perlu dipahami terlebih dahulu dasar konversinya. Saat berada di tempat mana pun akan selalu ditemukan bahwa 1 menit sama dengan 60 detik dan 1 jam sama dengan 60 menit atau 3.600 detik. Konsep tersebut harus diingat betul agar dapat melakukan konversi antara satuan waktu yang berbeda.

Melalui konsep dasar di atas, didapatkan bahwa jika 60 detik sudah berlalu, maka 1 menit penuh sudah berlalu. 60 detik berikutnya jika ditotal dengan sebelumnya, maka sudah 120 detik berlalu. Hal ini berarti 2 menit sudah berlalu. Lalu saat 720 detik yang berlalu, artinya 12 menit sudah berlalu, dan seterusnya. Contoh tersebut juga berlaku untuk menit ke jam.

2. Melakukan Konversi Detik ke Menit, Bagi Bilangan Detik dengan 60

Setiap 1 menit setara dengan 60 detik. Jadi, untuk mengetahui bilangan pada satuan detik menjadi bilangan menit, perlu dilakukan pembagian pada bilangan detik tersebut. Pembagian yang dimaksud adalah dibagi dengan 60.

Misalnya ada pertanyaan, “720 detik berapa menit?” Untuk menjawabnya, perlu diketahui berapa banyaknya kelipatan 60 detik yang ada pada 720 detik. Caranya, 720 dibagi dengan 60. Kemudian diperoleh hasil sama dengan 12. Itu artinya 720 detik setara dengan 12 menit.

3. Lakukan Konversi Menit ke Jam, Bagi Bilangan Menit dengan 60

Setiap 1 jam setara dengan 60 menit, maka cara mengkonversi menit ke jam sama saja dengan cara mengkonversi detik ke menit. Sebagaimana pertanyaan “300 menit berapa jam?” Caranya adalah membagi bilangan menit, yaitu 300, dengan 60. Lalu akan didapatkan hasil sama dengan 5. Jadi, 300 menit sama saja dengan 5 jam.

4. Melakukan Konversi Detik ke Jam, Bagi Bilangan Detik dengan 3.600

Cara untuk mengkonversi dari detik ke jam agak berbeda dengan mengkonversi dari detik ke menit dan menit ke jam. Perbedaannya terletak pada bilangan pembaginya. Jika pada konversi detik ke menit serta menit ke jam pembaginya adalah 60, pada konversi detik ke jam pembaginya 3.600.

Misal: “14.400 detik setara dengan berapa jam?”. Cara menjawab pertanyaan tersebut adalah membagi 14.400 dengan 3.600. Nantinya akan didapatkan hasil sama dengan 4. Jadi, 14.400 detik setara dengan 4 jam.

5. Buat Kembali dalam Satuan Awal

Kadang-kadang bilangan pada satuan semula tidak dapat dikonversi sepenuhnya ke dalam satuan waktu yang lain. Nilai yang terdapat pada hasil pembagian menunjukkan jumlah satuan awal. Adapun cara mempermudah pembacaannya, jika perlu diubah kembali menjadi satuan awal.

Misal: 720 detik saat dibagi 60 hasilnya setara dengan 12 menit. Hal ini menunjukkan terdapat 12 menit pada 720 detik. Cara mengembalikannya ke dalam satuan awalnya, yaitu detik, kalikan 12 dengan 60. Kemudian didapatkan hasil 12 menit  pada 720 detik.

Itulah cara konversi antara satuan waktu yang berbeda. Setelah membaca penjelasan di atas, tentunya akan lebih mudah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti “720 detik berapa menit?” Konversi waktu seperti ini akan membantu mengetahui berapa lama suatu acara berlangsung.

error: Content is protected !!