20 Menit Berapa Jam? Cara Menghitung Satuan Jam

20 Menit Berapa Jam

Jam adalah teknologi yang terdapat  sejak zaman sebelum Masehi. Perkembangan jam juga mengalami perubahan dari masa ke masa mengikuti kondisi pada zaman tersebut, berubah-ubah bentuk dan cara menggunakannya.Dari muncul jam analog sampai jam digital.

Seiring berjalannya waktu satuan waktu berkembang secara pesat sampai dinilai lebih efisien dari yang sebelumnya  sehingga menghitung 120 menit berapa jam sudah sangat mudah. Efektifitas dan keefisienan jam menjelma menjadi jam yang sekarang digunakan seperti jam dinding dan jam tangan.

Sejarah Perhitungan Jam

Pada sekitar tahun 1500 SM orang Mesir membuat jam yang didasarkan bilangan basis 12 menggunakan siklus bulan. Dahulu orang menghitung menggunakan jari mengabaikan jempol.

Hari dibagi menjadi dua yaitu 12 jam sehingga 24 jam sudah ada pada zaman tersebut tetapi panjangnya berbeda tergantung musim yang berlangsung. Dari hal tersebut maka sistem waktu tergantung musimnya.

Sekitar tahun 2000 SM kembali dilakukan penelitian dimana jam didasarkan sistem berbasis 60. Muncullah konsep 60 menit satu jam yang ditemukan oleh Hipparchus dan astronom Yunani.

Konsep tersebut dikenal dengan sistem sexagisemal  yang dikembangkan luaskan oleh masyarakat Babilonia. Dari sistem inilah garis lintang dibuat walaupun begitu menit baru digunakan pada abad ke 16 berdasarkan hal tersebut maka terciptalah konsep 60 detik.

Satuan Waktu Yang Berhubungan Dengan Jam

Satuan waktu uang berhubungan dengan jam terdiri dari detik, menit dan jam. Hubungan detik, menit dan jam terlihat saat penanggalan waktu dan menyatakan durasi. Saling berkesinambungan satu sama lain sehingga memudahkan  saat mengonversi.

Macam-Macam Satuan Waktu

Macam-macam satuan waktu terdiri atas satuan waktu dalam detik, jam dan menit. Berikut ini penjelasan dari macam-macam satuan waktu secara singkat yaitu:

1. Satuan Waktu Dalam Detik

Detik merupakan satuan waktu berlaku secara internasional atau yang sering disebut (SI). Ketentuan tersebut dibuat karena atom cesium-133 agar bisa mengalami getaran sebanyak 9 192 631 770 kali memerlukan waktu  selama satu detik.  Seringkali detik dipakai saat penanggalan.

24 jam bila diubah ke detik menjadi 86000 detik. 1 Minggu bila diubah ke satuan waktu jam menjadi 168 jam. 168 jam bila diubah ke detik  menjadi 604800 detik.

2. Satuan Waktu Dalam Menit

Menit adalah satuan waktu yang merupakan 60 detik. 120 menit berapa jam? Cara mengukur waktu seperti itu diperlukan satuan waktu. Tujuannya agar mengetahui seberapa lama durasi waktu yang sudah berlangsung. 60 detik itu sama dengan 1 menit karena 1 menit bila diubah  dalam detik menjadi 60 detik.

3. Satuan Waktu Dalam Jam

Jam adalah satuan waktu yang merupakan 60 menit. Satu jam bila diubah ke menit menjadi 60 menit. 1 hari bila diubah ke jam menjadi 24 jam. 7 hari itu sama dengan 1 minggu karena 1 minggu bila diubah ke hari jadi 7 hari kemudian bila diubah menjadi jam 168 jam.

Cara Mudah Mengubah Satuan Waktu

Cara mengubah satuan waktu sangatlah mudah karena sudah terdapat rumus dasarnya tetap tidak berubah-ubah. Mengubahnya berpatok pada rumus dasar yang telah ada.

Misal 1200 menit berapa jam? Sebelum itu hitung terlebih dahulu dalam 1 jam ada berapa menit. 1 jam bila diubah ke menit 60 menit, bila yang ditanyakan 1200 menit tinggal 1200 dibagi 60.

Itulah sekilas cara menghitung satuan waktu, sehingga 120 menit berapa jam mudah dihitung dengan cepat. Penghitungan waktu dapat digunakan untuk membaca jam dalam kehidupan sehari-hari.

Jam sangat penting karena digunakan untuk mengefisienkan pekerjaan. Kegunaan jam lainnya juga bisa untuk memaksimalkan waktu untuk bekerja sehingga target produksi tercapai.

error: Content is protected !!