5 Perbedaan Iklan Media Cetak dan Elektronik yang Wajib Diketahui

Perbedaan Iklan Media Cetak dan Elektronik

Iklan menjadi salah satu sarana untuk mempromosikan produk supaya dikenal oleh masyarakat luas. Ada dua jenis media iklan yakni cetak dan elektronik yang berperan mensukseskan  penjualan produk di pasaran. Adapun perbedaan iklan media cetak dan elektronik, terlebih kini media cetak dirasa sudah kurang menarik lagi.

Media elektronik kini lebih banyak digandrungi karena dinilai efektif dan mudah diakses salah satunya melalui running text. Desain Pasalnya, iklan yang ditampilkan berupa tulisan yang bergerak dengan berbagai animasi dapat menarik perhatian orang. Tentu muncul pertanyaan apa perbedaan dari penggunaan media cetak dan elektronik? Simak ulasan berikut ini:

1. Biaya Pengeluaran Lebih Kecil

Seperti yang diketahui periklanan menggunakan media cetak memang merogoh kocek yang cukup besar terutama untuk percetakan. Apalagi dilihat sifat orang kini yang lebih menyukai hal praktis seringkali malas menyimpan selebaran promosi. Kebanyakan diantaranya mungkin bakal langsung membuangnya, tentu hal ini akan menambah daftar pengeluaran penggunaan media cetak.

Berbeda halnya dengan media elektronik yang dapat menghemat pengeluaran karena hanya perlu satu kali pembelian. Mungkin tambahan pengeluaran berasal dari biaya perawatan yang tidak akan sebanyak percetakan. Jika dibandingkan dari segi pengeluaran tentu media elektronik lebih hemat daripada menggunakan media cetak.

2. Meminimalisir Tenaga Kerja

Media cetak tentu lebih dipilih bagi usaha-usaha yang baru dirintis atau bisa dibilang kecil. Sebab mungkin untuk membayar tenaga kerja tambahan masih menyulitkan usahanya tersebut. Sehingga penggunaan iklan yang mengandalkan media elektronik ini menjadi solusinya.

Bandingkan saja, jika menggunakan media cetak seperti brosur atau selebaran yang pastinya membutuhkan tenaga untuk membagikannya. Sementara penggunaan media elektronik lebih mudah karena akan terpasang dan bisa dilihat masyarakat 24 jam nonstop.  Pastinya, tidak media ini tidak memerlukan tenaga tambahan.

3. Tidak Membosankan

Media cetak tak semuanya membosankan namun media elektronik yang bisa menyajikan gambar sekaligus animasi tentu lebih menarik. Perpaduan tersebut akan sangat menarik dan mencuri perhatian siapapun yang melihatnya. Berbeda dengan media cetak, apalagi masyarakat yang kurang suka membaca, mungkin berbeda cerita tergantung desain yang disajikan.

Misalnya saja iklan pada media cetak koran, biasanya hanya berisikan tulisan yang cenderung singkat. Desainnya pun terbatas bahkan sekedar tulisan hitam putih di atas kertas buram khas Koran. Hal ini pasti membuat orang lebih tertarik dengan media iklan yang berbasis perangkat elektronik.

4. Tidak Bisa Disimpan Pribadi

Lalu ada perbedaan iklan media cetak dan elektronik mencolok selanjutnya yakni iklan media cetak yang dapat disimpan. Memang diakui, apabila menggunakan iklan media cetak fleksibel dapat dibawa kemana-mana misalnya brosur. Berbeda dengan media elektronik yang hanya bisa dinikmati secara visual di tempat iklan ditayangkan.

Baca juga: jenis jenis media promosi

5. Pola Penyajian yang Berbeda

Bentuk-bentuk media iklan memiliki karakteristik masing-masing dalam pola penyajiannya. Dalam penyampaian pesan iklan dengan media cetak, pola penyajian utamanya menggunakan bahasa tertulis. Namun juga disertai penggunaan desain grafis seperti warna, bentuk font huruf, susunan tata letak atau sisipan gambar.

Berbeda dengan iklan media elektronik dimana pola penyajiannya menggunakan perangkat elektronik seperti running text, radio, televisi atau internet. Misalnya, radio yang menyajikan berupa efek suara, tuturan penyiar radio yang dikombinasikan dengan musik lain. Sementara iklan Internet biasanya dalam bentuk teks dengan gambar diam maupun teks dengan gambar bergerak.

Itulah perbedaan iklan media cetak dan elektronik yang dapat dijadikan pertimbangan untuk memilih media iklan. Sebab dapat meningkatkan penjualan dan menarik perhatian maka sehingga berkesempatan dikunjungi konsumen. Semakin banyak pelanggan maka omset penjualan akan semakin meningkat.

error: Content is protected !!