Berikut Nama Alat Elektronik dan Fungsinya

nama alat elektronik dan fungsinya

Masyarakat modern yang ada saat ini memang tergantung dengan alat elektronik guna membantu setiap aktivitas harian. Terdapat banyak sekali alat-alat elektronik yang digunakan di dalam lingkungan keluarga. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan disebutkan beberapa nama alat elektronik dan fungsinya yang sering digunakan di dalam rumah:

1. Lampu

Alat satu ini berfungsi sebagai sarana penerangan saat menjelang waktu malam hari. Lampu sendiri telah menjalani masa uji coba ribuan kali oleh seorang ahli dan pada akhirnya bisa tercipta bohlam lampu.

Namun semakin berkembangnya waktu kini sudah tercipta Running Text atau lampu LED yang bisa berjalan dan membentuk tulisan.

2. Televisi

Perlu diketahui bahwa nama alat elektronik dan fungsinya yang selanjutnya dibahas adalah televisi. Alat elektronik satu ini mempunyai fungsi yakni sebagai sarana mendapatkan informasi secara audio visual.

Televisi sendiri mempunyai berbagai ukuran dan model mulai dari tipe cembung sampai layar datar yang masing-masing memiliki resolusi gambar tertentu.

3. Setrika

Alat elektronik bernama setrika memang sering digunakan oleh ibu rumah tangga sebagai alat merapikan pakaian kusut menjadi rapi. Setrika sendiri membutuhkan arus listrik yang stabil agar dapat menghasilkan panas maksimal.

Namun ada beberapa setrika yang menggunakan model uap sehingga lebih aman dan dapat mencegah pakaian terkena panas berlebih.

4. Kipas Angin

Alat elektronik kipas angin ini memang selalu digunakan di dalam rumah baik karena mempunyai fungsi dalam menyejukkan ruangan. Biasanya kipas akan dinyalakan apabila suasana di dalam sebuah ruangan sudah mulai panas maupun gerah.

Model kipas angin sendiri ada yang ditaruh di lantai dan apa pula yang terpasang di dinding.

5. Radio

Pada masa sekarang ini penggunaan radio memang sangat jarang dibandingkan dengan zaman dahulu. Namun radio sendiri mempunyai fungsi yakni memberikan informasi maupun hiburan hanya dengan menampilkan suara saja. Kebanyakan daya yang digunakan di dalam radio ini adalah menggunakan baterai.

6. AC

Keberadaan alat elektronik bernama AC ini memang sangat bermanfaat sebagai sarana mendinginkan ruangan. Penggunaan alat AC ini sangat cocok bagi kondisi ruangan yang tertutup tanpa adanya jendela yang dibuka.

Namun kekuatan listrik dari AC ini lumayan besar sehingga akan mengakibatkan kenaikan dalam melakukan pembayaran tagihan listrik.

7. Kulkas

Alat canggih masa modern bernama kulkas ini memang sangat bermanfaat ketika di simpan di dalam rumah. Kegunaan dari kulkas sendiri adalah sebagai alat untuk mendinginkan makanan maupun minuman supaya bisa tahan lama.

Terkait dengan ukurannya sendiri juga beragam ada yang mempunyai satu pintu maupun dua pintu.

8. Blender

Alat bernama blender memang mempunyai banyak keuntungan saat mempunyainya di dalam rumah. Kegunaan dari blender sendiri adalah sebagai sama menghaluskan bahan-bahan makanan.

Blender bisa juga membuat minuman dingin menggunakan blender yang dilakukan dengan menghancurkan es batu. Selain itu juga banyak fungsi-fungsi lainnya sebagai alat membantu memperlancar kegiatan di dapur.

Baca juga: alat untuk mengetahui kesalahan rangkaian rangkaian elektronik

9. Vacuum Cleaner

Penggunaan alat satu ini memang mempunyai banyak sekali manfaat bagi keluarga. Sebab vacum cleaner sendiri mempunyai fungsi yakni membersihkan debu-debu yang telah masuk kedalam rumah.

Dengan menggunakan alat ini, maka ruangan yang tadinya banyak sekali kotoran, maka akan dengan cepat bersih dan kotoran akan menghilang.

10. Telepon

Kecanggihan teknologi masa kini telah menghadirkan telepon dengan berbagai model. Telepon saat ini sudah banyak sekali varian yakni mulai dari telepon genggam maupun rumah.

Semua varian tersebut mempunyai fungsi canggih sendiri-sendiri. Kegunaan dari telepon sendiri adalah untuk mencari informasi dari teman maupun kerabat.

Demikian tadi adalah ulasan singkat alat elektronik dan fungsinya yang berada di dalam rumah. Setelah membaca ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam penyediaan peralatan elektronik di dalam rumah. Pastikan siapkan peralatan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan budget.

error: Content is protected !!