Pahami! Berikut Macam Iklan Berdasarkan Ruangnya

Berikut Macam Iklan Berdasarkan Ruangnya

Klasifikasi iklan  dikategorikan dalam beberapa jenis, seperti tujuan dan ruangnya. Berikut macam iklan berdasarkan ruangnya dapat dibagi ke dalam dua hal yakni iklan baris dan iklan kolom. Keduanya juga memiliki arti yang berbeda.

Pada dasarnya, iklan berdasarkan ruangnya merujuk pada penempatan iklan tersebut pada koran. Iklan sendiri mempunyai fungsi penawaran atau mempromosikan product maupun event. Adapun penjelasan lebih lanjut mengenai iklan berdasarkan ruangnya.

Iklan Baris

Diketahui bahwa iklan baris memiliki bentuk berbaris-baris. Model iklan ini dipasang pada surat kabar cetak atau koran, majalah maupun tabloid. Wajar, saat membaca koran akan ditemukan berbagai penawaran yang berbentuk tulisan berbaris. Adapun ciri-ciri dari iklan baris, berikut ulasannya:

1. Terdiri dari Beberapa Baris

Iklan baris biasanya terdiri dari beberapa baris kalimat yang menjelaskan tentang suatu produk atau event tertentu. Kata-kata yang digunakan pun tidak bertele-tele, sekitar 3 hingga 4 baris saja.. Hal ini dimaksudkan agar, ruang yang dibutuhkan untuk iklan tersebut tidak terlalu banyak.

2. Menggunakan Kata-kata Singkatan

Iklan baris terbatas oleh ruang yang disediakan. Untuk mengakali hal tersebut, kata-kata yang digunakan pun biasanya berupa singkatan.  Singkatan dari kata-kata ini membantu informasi yang ingin disampaikan bisa diterima secara keseluruhan oleh pembacanya.

3. Tidak Dilengkapi Gambar

Seperti penjelasan sebelumnya, berikut macam iklan berdasarkan ruangnya yakni iklan baris dan iklan kolom. Untuk iklan baris memiliki ciri salah satunya yakni tidak dilengkapi gambar baik itu berupa foto maupun ilustrasi.

4. Dilengkapi Nomor Telepon Pengiklan

Iklan baris biasanya dilengkapi dengan nomor telepon pengiklan. Dengan adanya nomor telepon pengiklan, segala informasi lengkap terkait iklan yang dipasang dapat ditanyakan secara langsung. Hal ini juga memberikan kemudahan bagi para pembacanya.

Iklan Kolom

Berkebalikan dengan iklan baris yang dipenuhi dengan kata-kata tanpa gambar, iklan kolom justru sebaliknya. Iklan kolom lebih atraktif dengan menampilkan ilustrasi ataupun gambar yang penuh warna untuk menarik perhatian pembaca. Adapun ciri-ciri iklan kolom, berikut ulasannya:

1. Ukurannya Lebih Besar

Iklan kolom menggunakan ukuran yang lebih besar pada koran, majalah, maupun tabloid. Gambar tersebut bahkan dapat memenuhi suatu halaman tertentu. Sebagai contoh, iklan jasa layanan pembuatan running text atau lampu LED berjalan butuh page size yang lebih besar. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan gambaran atau foto terkait produk yang ditawarkan.

2. Terdiri dari Gambar atau Ilustrasi

Seperti penjelasan sebelumnya, iklan kolom banyak menggunakan gambar atau ilustrasi terkait produk yang ditawarkan. Gambar tersebut dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca. Wajar, jika pemuatannya juga membutuhkan ruang yang lebih besar. Mengingat, iklan yang dibuat dipenuhi dengan gambar ataupun ilustrasi.

3. Berisi Berbagai Informasi

Tidak hanya menawarkan suatu produk atau jasa tertentu, iklan kolom juga dibuat untuk menyampaikan informasi yang dirasa perlu. Seperti halnya dengan informasi terkait berita duka, pernikahan ataupun ucapan terimakasih pada suatu pihak. Isinya juga memuat foto ataupun orang tertentu yang hendak diberikan ucapan serta kabar tersebut.

Baca juga: unsur iklan elektronik

4. Memuat Bagan atau Teks

Meski isinya dapat berupa gambar dan foto, iklan kolom juga dapat diisi dengan teks ataupun bagan tertentu. Tidak hanya berisi gambar atau foto saja, teks terkait penjelasan foto atau gambar tersebut juga diperlukan untuk memberikan keterangan terkait maksud dan tujuan iklan tersebut. Jadi, pembaca dapat lebih memahami tentang iklan yang ditawarkan.

Nah, berikut macam iklan berdasarkan ruangnya telah dijelaskan di atas. Dengan adanya penjelasan tersebut, semoga dapat membantu pemilihan iklan yang dikehendaki. Penjelasan tersebut juga memberikan pengetahuan terkait cirinya sehingga dapat  dipilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki.

error: Content is protected !!