Karakteristik yang Harus Dimiliki Sebuah Iklan dan Jenisnya

Karakteristik yang Harus Dimiliki Sebuah Iklan

Iklan merupakan penjelasan terkait dengan informasi bersifat bujukan untuk masyarakat. Tujuannya agar masyarakat tersebut memiliki daya tarik untuk menggunakan apa yang tawarkan di dalam iklan. Oleh karena itu, karakteristik yang harus dimiliki sebuah iklan adalah menyampaikan isi iklan harus jelas.

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isi, Media, dan Tujuan

Iklan dalam hal ini juga memiliki beragam jenis untuk membedakan antara satu sama lain. Jenis iklan yang melihat berdasarkan isinya yang terdiri dari 4 jenis seperti iklan penawaran, Adapun contoh jenis iklan penawaran dapat dilihat dari iklan makanan seperti Pizza, Burger, maupun promo untuk jilbab.

Begitu pula jenis iklan berdasarkan dengan media yang terdapat 2 jenis yaitu iklan media cetak dan juga iklan elektronik. Mengenai contoh dari iklan media cetak dapat dilihat pada majalah dan koran yang ada di rumah. Sedangkan contoh dari iklan elektronik dapat dilihat pada iklan smartphone atau promo yang ditampilkan di televisi.

Jenis iklan berdasarkan dengan tujuannya terdiri dari dua jenis. Pertama, iklan komersial yang merupakan iklan tentang bisnis yang akan dijalankan. Kedua, iklan non komersial yang merupakan iklan yang menampilkan masalah atau kasus serta solusi untuk mengubah perilaku buruk masyarakat.

Karakteristik yang Harus Ada Dalam Sebuah Iklan

Bukan hanya memiliki jenis dari iklan tersebut, namun terdapat karakteristik yang dimiliki agar bisa mengenali iklan yang dipasang. Terkait dengan karakteristik iklan, bisa dilihat dariĀ  informasi yang disajikan. Adapun karakteristik yang harus dimiliki sebuah iklan adalah sebagai berikut ini:

1. Memiliki Isi yang Jelas

Isi yang disajikan dalam iklan tentunya harus jelas. Dengan kata lain bahwa isi dari iklan tersebut tidak melebar namun singkat saja. Selain itu, kejujuran terkait isi iklan harus diterapkan dalam pembuatan iklan nantinya. Dalam iklan pula disarankan agar tidak menyinggung produk yang lain.

2. Bersifat Informatif

Iklan yang akan ditayangkan harus bersifat informatif sehingga bisa mendapatkan informasi yang jelas dan spesifik. Dengan begitu, isi iklan tidak bertele-tele sehingga sulit dipahami oleh pembaca. Apabila iklan bersifat informatif, penjelasan terkait sebuah produk tentu jelas dan dapat dipahami dengan mudah.

3. Bahasa Mudah Dimengerti

Apabila bahasa yang digunakan sulit dimengerti masyarakat dalam sebuah iklan tentu promosi yang produk bisa saja gagal. Oleh karena itu, saat pembuatan iklan maka gunakan bahasa yang baku sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, bahasa yang sulit dipahami juga dapat mengubah tujuan yang dimiliki iklan. Baca juga: ciri-ciri bahasa iklan elektronik.

4. Bersifat Menarik Minat Pembaca

Pembaca tentu tidak tertarik membeli produk apabila iklan produk yang dibuat tidak bersifat menarik. Agar masyarakat tertarik untuk mencoba produk dalam iklan sebaiknya cantumkan hadiah setiap pembelian. Dengan begitu, pembaca akan tertarik untuk mencoba produk yang terdapat dalam iklan yang ditayangkan tersebut.

5. Memiliki Sifat Mengajak

Selain bersifat untuk menarik minat pembaca, karakteristik yang harus dimiliki sebuah iklan adalah bersifat mengajak. Memang tujuan dari iklan pada umumnya untuk mengajak orang lain baik itu mengajak menggunakan produk dan mengajak untuk mengubah perilaku buruk. Dimana pembaca nantinya akan memiliki simpatik dan ingin mencoba produk dalam iklan tersebut.

Itulah penjelasan singkat terkait dengan jenis dari iklan dan karakteristiknya yang dapat diketahui. Dalam proses pembuatan iklan, seseorang dapat mencoba menggunakan media internet, brosur, running text sehingga memberikan hasil yang memuaskan. Selain itu, dengan menggunakan running text akan memperindah tulisan pada iklan yang akan dipromosikan.

error: Content is protected !!