Apa yang Dimaksud dengan Media Elektronik? Berikut Penjelasan serta Jenisnya

Apa yang Dimaksud dengan Media Elektronik

Saat ini dunia digital semakin canggih dan lebih diminati oleh banyak orang. Bahkan beberapa media elektronik sudah ada sejak zaman dahulu hanya saya saat ini semakin berkembang pesat. Meski media elektronik sudah berkembang pesat, masih ada beberapa orang yang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan media elektronik.

Padahal media elektronik berfungsi sebagai penyebaran atau penyampaian informasi secara luas kepada masyarakat. Melalui media elektronik inilah masyarakat dapat menerima informasi dengan penyajian yang telah dikemas dengan baik sehingga mudah dicerna. Berikut ada pengertian dari media elektronik beserta jenis-jenis dari media elektronik.

Pengertian Media Elektronik

Kata media sebenarnya diambil dari Bahasa Latin yakni “medius” yang mana memiliki arti tengah. Berbeda dengan makna dalam Bahasa Indonesia, media diambil dari kata “medium” yakni artinya sedang atau juga antara. Awal mulanya media disebutkan sebagai alat peraga sampai akhirnya disebut dengan nama audio visual aids yang mana artinya alat bantu untuk mendengar/memandang.

Elektronik sendiri artinya perangkat yang didasari oleh prinsip elektronika dengan mempergunakan perangkat listrik. Jadi dapat disimpulkan bahwasanya media elektronik adalah penyampaian sebuah informasi melalui perangkat listrik/elektronik yang bisa diakses dengan mudahnya oleh pengguna.

Dengan begitu para pengguna dapat menerima dan mendengar informasi dengan perangkat elektronik yang dimilikinya. Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan media elektronik maka pengguna akan jauh lebih mudah mengakses banyak macam sumber informasi. Namun, tidak semua perangkat elektronik berfungsi untuk memberi ataupun menyampaikan informasi. Hanya beberapa jenis perangkat elektronik yang mampu memberi sebuah informasi.

Jenis-Jenis Media Elektronik

Untuk bisa mengakses informasi yang tentunya valid, pengguna harus mempunyai media penunjangnya. Ada beberapa jenis media elektronik yang bisa dijadikan sebagai perangkat pemberi sumber informasi. Berikut beberapa jenis-jenis media elektronik yang mudah ditemui di kalangan masyarakat.

1. Televisi

Hampir semua warga Indonesia mempunyai perangkat elektronik berbentuk tabung yang satu ini. Televisi ialah satu di antara perangkat elektronik yang dijadikan sebagai alat penyampaian informasi pada masyarakat.

Melalui iklan media elektronik yang muncul dalam televisi maka pengguna atau masyarakat dapat menerima berbagai informasi yang disampaikan. Waralaba dapat membuat dan juga membayar untuk menyebarkan informasi melalui iklan yang disajikan di televisi.

2. Radio

Sama halnya dengan televisi, radio termasuk ke dalam jenis-jenis media elektronik yang sering dijumpai. Radio mampu menyampaikan banyak sekali informasi bermanfaat bagi para pendengarnya. Hanya saja radio agak sedikit berbeda dari televisi dalam menyampaikan informasi. Kalau di televisi informasi yang diberikan berupa audio dan juga visual, radio hanya berupa audio yang bisa didengar oleh masyarakat.

Biasanya informasi penting lebih banyak didapat melalui radio karena radio fokus pada audi untuk didengarkan. Dengan begitu masyarakat yang mendengar akan lebih intens dalam menyerap informasi yang disajikan. Jenis media elektronik yang satu ini juga lebih banyak menyajikan informasi yang diiringi dengan berbagai jenis musik. Jadi lebih menarik bagi pengguna yang menyukai informasi berupa audio tanpa visual.

3. Internet

Zaman semakin canggih, teknologi tentu semakin pesat berkembang dan semakin banyak digunakan oleh masyarakat. Para penyedia iklan tentu dapat dengan mudah menggunakan running text untuk menyebarkan banyak informasi bermanfaat. Bukan hanya kalangan muda, orang tua pun sudah banyak yang berselancar di dunia internet untuk mendapatkan banyak informasi menarik yang dibutuhkan.

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan media elektronik tentunya pengguna akan mudah paham untuk menggunakan media elektronik. Apalagi jenis-jenis media elektroniknya mudah ditemui sehingga lebih mudah lagi dalam mengakses berbagai informasi. Dengan begitu, pengetahuan mengenai informasi yang ada di seluruh penjuru dunia akan semakin mudah diakses.

error: Content is protected !!